Blogger Jogja Ngobrol Bareng MPR RI Tentang 4 Pilar Kebangsaan



Hujan mulai turun ketika saya memasuki lobby Hotel Satoria. Beberapa teman blogger ternyata sudah hadir. Mereka asyik berbincang ngalor ngidul, dari hujan yang tiap hari turun di Jogja hingga mengenang event Netizen Gathering MPR RI yang digelar dua tahun yang lalu di Hotel East Park. 



Saya dan teman-teman blogger Jogja merasa senang sekali bisa kembali mengikuti event ini, karena pengetahuan tentang 4 pilar kebangsaan akan bertambah dan kami sebagai blogger yang aktif menulis di blog ataupun sosial media bisa turut membagikan nilai-nilai dari 4 pilar kebangsaan ini bagi masyarakat luas.



Keseruan acara berlangsung sejak dimulainya acara Ngobrol Bareng MPR RI yang dipandu oleh Mbak Mira Sahid serta Mbak Nurliya. Kemudian Bapak Andre yang merupakan Kabag PDSI memberikan sambutan pembuka dan disusul dengan penyampaian materi tentang 4 Pilar Kebangsaan oleh bapak Ma'ruf Cahyono selaku Sesjen MPR RI.


Ohya, teman-teman pasti sudah tahu donk tentang 4 Pilar Kebangsaan? Dulu saat di bangku sekolah sebenarnya kita sudah mendapat pelajaran tentang nilai-nilai 4 pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Bapak Ma'ruf Cahyono menyampaikan jika sebagai warga negara Indonesia harus bisa mengaplikasikan 4 Pilar Kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Karena 4 pilar ini menjadi soko guru (penyangga) yang kokoh untuk terwujudnya tujuan bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

1. Pilar Pancasila

Bangsa tidak akan menjadi besar jika tidak berpegang pada moral, Indonesia sudah punya dasar yaitu Pancasila dan merupakan salah satu dari  4 pilar kebangsaan. Indonesia merupakan anugrah dengan kekayaan budaya, suku, agama, ras ataupun warna kulit, Pancasila yg bisa menyatukan semuanya. Lima sila dalam Pancasila menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

2. Pilar UUD 1945

Instrumen untuk membangun cita cita bangsa yaitu UUD 1945 yg didalamnya sudah lengkap, di pasal 1 disebutkan ttg negara kesatuan yg bersatu NKRI untuk kepentingan bangsa. Kedaulatan ada ditangan rakyat dan harus ada pemberi batas yaitu konstitusi karena kebebasan dalam demokrasi tetap harus dikontrol melalui hukum yg ada dalam pasal-pasal UUD 1945.

3. Pilar Bhinneka Tunggal Ika

Indonesia berbeda dengan negara lain, negeri ini memiliki puluhan ribu pulau dengan berbagai bahasa, suku, adat budaya, dan agama yang beragam. Banyak perbedaan tapi hal itu disatukan dalam  semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan ini pertamakali diungkapkan oleh Mpu Tantular, seorang pujangga dari kerjaan Majapahit pada pemerintahan Raja Hayamwuruk sekitar tahun 1350 – 1389. Dengan berpegang pada semboyan ini yang juga menjadi pilar kebangsaan seharusnya sudah tak ada lagi minoritas atau mayoritas, tak ada lagi perbedaan perlakuan dan hanya mencari kesamaan, karena sebagai warga negara Indonesia kita sederajad.

4. Pilar NKRI

Para founding father atau pendiri bangsa ini sudah menentukan jika kita memilih negara kesatuan sebagai bentuk negara Indonesia. Pulau-pulau yang terpisah akan bersatu dalam wadah NKRI dan pilar ini menjadi landasan kokoh agar masyarakat selalu bersatu dan tidak terpecah belah. Karena jika sampai bangsa ini terpecah belah, tentu bangsa ini akan kembali terjajah. 


Jadi mari kita memaknai Pancasila sebagai falsafah hidup warga negara, mari  kita menumbuhkan jiwa ke NKRI-an kita, memegang teguh Bhineka Tungga Ika itu kita maknai sebagai dasar dari toleransi, dan menjadikan Undang-undang Dasar sebagai pijakan untuk hidup dalam berbangsa dan bernegara.

Ngobrol Bareng MPR RI membuka mata saya, kita ini bangsa yang kuat, bangsa yang hebat. Apakah kita mau menjadi negara lemah dan terpecah belah? Tentu kita tidak ingin bangsa ini hancur, mari ikut berdiri, memperkokoh 4 pilar kebangsaan, agar Indonesia Raya terus hidup hingga selama-lamanya.
Blogger Jogja dalam kostum Netizen's MPR RI ( dok Aqied)


Komentar

  1. Mantul.... Dengan 4 pilar ini diharapkan Indonesia mampu menjadi negara yang kuat. Semangaaaaat!

    BalasHapus
  2. seru kan ya kak, kami pun di Medan sempat dihadiri dengan kawan kawan MPR RI dan pada akhirnya bisa eksplor gedung MPR RI

    pengalaman yang tak terlupakan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)