Tips Sebelum Membeli Laptop Terbaru dan Berkualitas


tips memberi laptop

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini laptop menjadi benda primer bagi sebagian  orang. Hal tersebut karena laptop digunakan sebagai alat bantu kerja, yang  berpengaruh pada keberlangsungan hidup satu keluarga. Akan tetapi, meskipun sudah berkutat dengan laptop dalam keseharian, seringkali     orang-orang bingung ketika akan membeli ​laptop terbaru

Biasanya karena terkendala harga, atau ketidaktahuan mengenai spesifikasi  laptop masa kini yang beredar di pasaran. Oleh sebab itu, sebelum  benar-benar berburu ke toko laptop, coba perhatikan beberapa tips ini. 

Kiat-Kiat Sebelum Membeli Laptop Baru :

Generasi laptop masa kini sudah semakin canggih dan hampir menyamai    komputer dalam hal spesifikasi. Inilah mengapa laptop juga sering disebut  sebagai ​mini PC. Oleh  sebab itu, membeli laptop pun tak ubahnya mencari komputer, ada banyak   pertimbangan yang harus diperhatikan. Antara lain: 


1. OS Seperti Apa yang Ingin Diinstal pada Laptop Anda
Sampai saat ini, sistem operasi yang paling umum adalah Windows. Sebab, Windows bisa diinstal di berbagai macam merk laptop, dan gerai-gerai  elektronik pun biasanya hanya menyediakan Windows. Namun, bagi   pengguna Macbook, maka sudah jelas harus menggunakan Mac OS karena  memang sudah menjadi OS bawaan. Atau, jika kamu ingin mencari yang  berbeda, bisa instal Linux yang open source. Ada pula Chrome OS yang dikeluarkan oleh Google. 

Apabila kamu mencari yang terbaik, sebenarnya masing-masing OS punya   kelebihan sendiri-sendiri, tergantung bagaimana kamu menggunakan laptop tersebut dalam keseharian dan kenyamanan pada masing-masing OS. 

2. Perlukah Fungsi 2 in 1 
Hebatnya lagi dari ​laptop terbaru zaman sekarang adalah adanya fitur 2 in 1  pada beberapa merk. Laptop hybrid ini bisa difungsikan sebagai laptop biasa  maupun tablet. Biasanya layarnya sudah touch screen sehingga  penggunaannya lebih efektif. Sayangnya, daya tahan baterainya biasanya        kalah dari laptop pada umumnya. Sehingga meskipun cocok untuk kamu   yang fleksibel, tetapi kurang cocok digunakan untuk pekerjaan editing atau    bermain games berat. 

Pilihan laptop dengan beraneka ragam ukuran layar di Bukalapak.com

 
3. Berapa Ukuran Layar yang Diinginkan
Semakin besar layar laptop yang kamu inginkan, semakin berat juga beban  yang harus kamu bawa. Inilah mengapa laptop dengan layar 11-12 inchi   biasanya disukai para mahasiswa atau siswa sekolah, karena ringan ketika   dimasukkan tas. Namun, jika yang kamu pelajari adalah ilmu IT atau desain,  sebaiknya beli laptop dengan layar besar. Beberapa ukuran yang ada di    pasaran adalah 13-14 inchi, 15 inchi dan 17-18 inchi. 

4. Ketahui Spesifikasi Lengkap yang Dibutuhkan 
Hal paling penting ketika membeli ​laptop terbaru ​adalah mengetahui   spesifikasinya secara lengkap. Spesifikasi yang biasa dilihat adalah jenis  prosesor, besar RAM, hard drive, dan VGA. Lihat pula jenis baterai dan            ketahanannya, dilengkapi berapa port USB, apakah ada port untuk         sambungan ke perangkat lainnya dan lain-lain. 

5. Berapa Biaya yang Bisa Kamu Gelontorkan
Biaya yang kamu miliki saat ini juga menjadi pertimbangan penting untuk   membeli ​laptop terbaru​. Apabila biaya terbatas, usahakan membeli laptop  dengan spesifikasi standar tetapi cukup untuk kebutuhan kamu. Misalnya, laptop tersebut untuk sekadar menulis dan presentasi, kamu juga tidak  masalah dengan layar kecil, maka belilah laptop dengan layar tidak terlalu  besar dengan prosesor dan RAM yang cukup untuk pekerjaanmu. 

Solusi lainnya adalah dengan membeli laptop dan aksesorisnya di toko  online, terutama di Bukalapak. Berbagai merk laptop dijual oleh  pedagang-pedagang besar terpercaya. Hanya butuh klik-klik, bayar, laptop akan diantar ke rumahmu oleh kurir. Pembayarannya pun mudah, bisa lewat  e-banking, ATM, bahkan Indomart atau Alfamart. Bayar nyicil juga bukan hal   yang tidak mungkin di Bukalapak. Kapan lagi bisa beli laptop bayarnya nyicil :)

Comments