Mengulas 5 Jenis Makanan Pantangan untuk Penderita TBC





Paru-paru merupakan organ respirasi tubuh yang memiliki peran penting di dalam mengolah udara yang masuk, membedakan antara zat yang dibutuhkan seperti halnya oksigen dan juga menyaring yang tak dibutuhkan. Ada beberapa kondisi yang membuat kinerja dari paru-paru ini mengalami penurunan, salah satu diantaranya adalah infeksi bakteri, yang paling sering menjangkiti masyarakat sendiri adalah TBC, sebuah penyakit yang menyerang paru-paru ini bisa terjadi karena berbagai macam faktor, lingkungan yang kurang sehat, tertular dari penderita TBC ataupun kondisi yang lainnya.

Jangan anggap remeh penyakit tersebut, karena sakit TBC  bisa bertambah parah jika tak segera diobati, angka kematian karena penyakit TBC sendiri agaknya juga tak bisa dikatakan kecil. Jumlahnya senantiasa meningkat dari tahun ke tahun meskipun sudah ada obat yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Namun karena memang pengobatan penyakit ini membutuhkan konsistensi atau disiplin, sehingga tak jarang diantaranya yang tidak sabar, jadi proses penyembuhannya juga begitu sulit.

Tak hanya itu, mereka penderita penyakit TBC sendiri juga memiliki beberapa jenis pantangan yang harus dihindari, diantaranya adalah makanan-makanan berikut ini, yaitu:

  1. Gorengan, makanan yang digoreng memang memiliki rasa lebih nikmat dibandingkan dengan proses memasak yang lainnya, namun patut untuk diketahui bahwa kenyataannya menu makanan semacam ini justru akan memperparah kondisi penyakit Anda, salah satu diantaranya adalah bisa menyebabkan terjadinya komplikasi dengan hipertensi, asam urat hingga penyakit jantung. Untuk itu penderita TBC sangat dianjurkan untuk menghindarinya.
  2. Makanan kaleng, menu makanan dalam kemasan umumnya dibuat dengan mencampurkan beberapa senyawa kimia berbahaya untuk proses pengawetannya, sehingga meskipun rasanya enak, namun memungkinkan tubuh justru terserang penyakit lainnya, karena tak jarang yang mengandung bakteri berbahaya pelemah sistem imun atau tubuh. Jadi penyakit Anda justru tak akan sembuh-sembuh meskipun sudah menjalani pengobatan. Lebih aman mengkonsumsi menu makanan yang Anda buat sendiri, karena kandungan nutrisinya dapat diatur.
  3. Alkohol, sebenarnya alkohol ini juga jadi salah satu faktor resiko terbesar dari penyakit hipertensi, mengapa? Karena senyawa racun yang ada di dalamnya memang beresiko tinggi dalam merusak organ-organ tubuh dalam. Bagi penderita TBC mengkonsumsi alkohol hanya akan memperburuk keadaan, bahan ini bisa meningkatkan tekanan darah tinggi hingga berujung pada kerusakan jantung. Alkohol ini nyatanya juga dapat mempercepat peningkatan nitrosamin yang ada di dalam paru-paru Anda.
  4. Daging kambing, meskipun memiliki rasa yang enak, namun daging hewan ternak ini paling cepat dalam meningkatkan tekanan darah Anda, karena kandungan lemak jenuhnya yang terbilang cukup tinggi. Selain itu daging kambing ini sendiri juga memiliki senyawa khusus yang dapat meningkatkan produksi nitrosamin dalam paru-paru Anda.
  5. Makanan dengan kandungan garam yang tinggi, sebagai bagian dari penyedap rasa dalam masakan memang ada kalanya garam ini kurang begitu baik bagi kesehatan, karena jika jumlah yang dikonsumsi terlalu tinggi, maka dapat memicu penumpukan kristal di pembuluh darah, akibatnya terjadi tekanan darah tinggi, tak hanya itu senyawa ini juga dapat meningkatkan produksi nitrosamin yang memicu penyakit TBC.

Jadi jika sudah mulai terdeteksi terjangkit penyakit yang satu ini, maka ada baiknya bagi Anda untuk mulai menjauhi beberapa jenis makanan di atas. Karena beresiko tinggi membuat TBC tak kunjung sembuh, meskipun sudah menjalani berbagai macam pengobatan, pastikan juga selalu menjaga kondisi lingkungan tetap bersih.

Comments

  1. Saya agak ngeri sih sama penyakit yang satu ini, makannya saya juga mulai memperhatikan pola makan keluarga saya agar terhindar dari penyakit semacam ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)