4 Alasan Pentingnya Jurnalis Harus Turun ke Desa-Desa Terpencil


Sumber gambar : tridharma.desa.id

Berita di media mayoritas hanya menyorot kaum urban saja. Padahal sekarang banyak hal-hal menarik yang bisa diberitakan ketika meliput daerah terpencil. Hal ini disadari betul oleh jurnalis terdepan di Radar Lampung dan portal berita Lampung lainnya. Apa saja alasan yang mendasari pentingnya jurnalis harus meliput berita di desa terpencil?

1. Agar Peran Desa Tidak Tersisihkan
Kota memang mudah tersorot. Akan tetapi, adanya kota tentu tidak terlepas dari peran desa. Di desalah yang kerap kali menyetok komoditas untuk diolah menjadi barang jadi di kota. Selain itu, kebanyakan produk orang kota juga kerap dipakai oleh orang desa, sampai yang terpencil. Liputlah kegiatan warga desa terpencil agar seluruh negeri bisa turut menyimak.

2. Agar Kesetaraan Menguat
Ada ungkapan yang perlu diperhatikan khusus bahwa orang kota lebih baik dari orang desa. Ungkapan ini agaknya terlalu kuat untuk dibantah setelah melihat sikap orang kota terhadap orang desa. Padahal baik orang desa maupun orang kota itu tidak ada bedanya. Semua seharusnya mampu saling menjalin relasi dengan baik satu sama lain.

Dengan pemberitaan rutin terhadap kehidupan desa terpencil, maka nantinya akan menimbulkan perhatian publik, khususnya dari kalangan orang kota. Mereka akan tahu kalau orang desa itu punya banyak hal untuk dibahas bersama. Misalnya tentang adat, sistem pemeritahan, kesejahteraan, dan lainnnya. Jadi tidak ada lagi yang merasa lebih baik.

3. Menginformasikan Pertumbuhan Desa Terpencil
Bagaimana media bisa dikatakan terbuka kalau pemberitaannya saja hanya terpusat pada kaum urban? Barangkali memang diperlukan waktu ekstra dan persiapan khusus untuk meliput desa terpencil, termasuk meliput potensi wisata seperti wisata Lampung di daerah pelosok . Namun itu hanya untuk awalnya saja. Untuk selanjutnya jauh lebih mudah karena persiapannya sudah tertata.

4. Menginformasikan Persoalan Desa Terpencil
Kadangkala informasi tentang persoalan desa terpencil jarang diangkat ke permukaan. Amat beterima kasih untuk media yang mem-blow-up persoalan yang terjadi di desa terpencil. Langkah ini nantinya akan mempermudah jalan pemerintah untuk mendiagnosis serta memberi pelayanan yang lebih baik ke desa-desa terpencil.

Desa terpencil layak diberi perhatian lebih. Jangan sampai ada desa yang merasa dianak-tirikan oleh media. Soalnya mereka juga berhak bersuara untuk perubahan bersama ke arah yang lebih baik. Seperti yang disampaikan beberapa dalam berita Radar Lampung dan media daerah lainnya agar bisa menjadi pembelajaran bersama.

Comments