Ingin Beri MPASI untuk Bayi? Ini Tipsnya



mpasi

Bayi usia 6-12 bulan sebaiknya diberikan nutrisi MPASI pertama untuk bayi yang sesuai dengan panduan tumbuh kembang bayi. Sebagian besar dokter anak merekomendasikan buku Get Up & Grow: Healthy Eating and Physical Activity for Early Childhood sebagai bahan acuan para orang tua membantu menstimulasi perkembangan anak, sekaligus membuat MPASI pertama anak mereka. Dengan buku ini ayah dan bunda akan belajar membuat menu sehari-hari dan cemilan yang lezat yang memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bayi anda, juga sesuai untuk tahap perkembangan mereka.

Makanan Terbaik untuk MPASI Pertama untuk Bayi
Mulai usia 6 bulan bayi membutuhkan makanan pendamping ASI atau pendamping susu formula. Ini dibutuhkan agar bayi anda mendapatkan nutrisi dan energi yang cukup. Makanan padat juga berfungsi untuk membantu anak-anak mengembangkan kemampuan mengunyah dan menelan makanan. Makanan untuk bayi harus bernutrisi tinggi dan memiliki tekstur yang sesuai dengan usianya serta tahap perkembangannya. 

menuMPASI pertama bayi usia 6 bulan biasanya dianjurkan berupa sayuran yang bisa dilumatkan atau ditumbuk, seperti kentang tumbuk dan labu tumbuk. Namun, sayuran tidak memiliki zat besi yang cukup tinggi untuk perkenalan MPASI. Maka, anda juga bisa memberikan tambahan sereal untuk bayi, ikan, daging giling, tahu, telur, dan kacang-kacangan. Untuk minuman dan cemilan, anda bisa memberikan yoghurt, keju atau custard. Namun, jangan memberikan susu sapi murni sebelum usia 12 bulan. 

Bayi anda tidak melulu membutuhkan makanan yang lunak. Anda perlu memberikan dan menambah variasi tekstur makanan. Ini penting untuk melatih perkembangan motorik oral mereka. Juga, membantu mereka mencecap tekstur makanan yang berbeda-beda. Tekstur makanan juga harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Bayi anda juga perlu dikenalkan pada berbagai jenis makanan, termasuk bermacam-macam rasa dan warna makanan. 

Bila awalnya mereka diberikan kentang tumbuk, maka selanjutya perlahan-lahan, berikan bayi anda kentang yang ditumbuk kasar, atau berikan kentang rebus secara utuh. Usia 8 bulan bayi harus sudah dilatih untuk makan sendiri, dengan cara menyajikan makanan yang bisa ia genggam sendiri, seperti ketang goreng, brokoli rebus, atau tahu goreng. Orang tua harus mengawasi saat anak makan. Ini penting untuk mencegah bayi tersedak saat makan. Juga, membantu mempererat ikatan antara anak dan orang tua.

Comments