Skip to main content

Buang Khawatir Bersama GOJEK

Era digital sungguh membahagiakan banyak orang. Terutama saya yang merasa sangat dimanjakan dengan kemajuan teknologi digital. Keberadaan teknologi digital membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Misalkan saja dalam urusan transportasi. Sebulan sekali saya ada tugas luar dari kantor. Dulu sebelum ada ojek online, suami saya harus kerepotan mengantar saya ke bandara atau stasiun. Jika waktunya siang hari mungkin tak masalah, namun seringnya saya harus berangkat malam atau sampai di Jogja malam. Itu sungguh merepotkan karena jika sudah lebih dari jam 8 anak-anak biasanya sudah tidur. 
Sungguh saya tak tega jika melihat anak-anak harus ikut mengantar dan tidur di mobil, kemudian pas pulang mereka sadar sudah nggak ada mamaknya, bakal bikin perang dunia III.  Hahahaha.
Sepertinya saya harus berterima kasih pada penemu dan pemilik GOJEK yang sudah mengembangkan aplikasi yang sangat berguna ini. Saya bisa memesan mobil ataupun motor dengan mudah, diantarkan sampai lokasi tujuan tanpa repot…

Serba Serbi Hunting Sekolah Bagi Si Kecil


biaya masuk SD di yogyakarta

Ada yang lagi puyeng karena tahun ajaran baru sekolah? Tenang mom, ada temennya kok. Makanya sekarang saya minum kopi biar ketegangan agak menurun. LoL

Ngomongin sekolah baru tentu banyak hal yang musti dipersiapkan seperti biaya masuk sekolah dari uang pangkal, SPP,  seragam, buku, hingga perlengkapan sekolah. Dan saya baru saja ingat kalau harus mengambil jahitan seragam yang tentu menambah budget lagi, lha wong seragamnya ada 5 biji yang dijahit. Belum lagi harus beli alat tulis gaes. :(

Tetapi, sebagai orangtua seharusnya kita sudah mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari. Termasuk pemilihan sekolah dengan segala konsekuensinya. Bagi yang anaknya bersekolah diswasta nggak usah kaget dengan biaya selangit sedangkan bagi yang bersekolah negeri bersiap senam jantung menantikan pengumuman diterima atau tidaknya di sekolah tersebut.

Kedua anak saya bersekolah di swasta, tentunya dengan berbagai pertimbangan yang kami sebagai orangtua cocok dengan sekolah tersebut dan si kecil juga tertarik dan tanpa terpaksa mau bersekolah disitu. 

Dari beberapa informasi yang saya alami sendiri dan dari teman berikut gambaran bagi orangtua yang tahun depan ingin menyekolahkan anaknya, besaran uang sekolah yang harus dibayarkan :
1. SD swasta yayasan Kristen/Katolik kota Yogyakarta  , uang gedung minimal 7 juta, seragam 2 juta, dengan SPP minimal Rp. 450.000

2. SD swasta yayasan Islam kota Yogyakarta, karena pilihannya banyak rate harganya pun berbeda ada yang dari 3-6 juta tetapi ada juga yang uang pangkalnya mulai 6-10 juta ada juga yang diatas 10 apalagi yang boarding school.

3. SD swasta yayasan Kristen Katolik di Sleman/Bantul dibawah yayasan Kanisius sekitar 2,5 juta untuk uang pangkal dengan SPP mulai Rp. 150.000

4. SD swasta yayasan Kristen/Katolik di daerah Klaten , uang gedung mulai 2,5 juta dengan SPP sebesar Rp. 200.000

5. TK swasta di Jogja beragam sih kalau di TK anak saya untuk SPP minimal sebesar Rp. 400.000 tapi bisa dinego hingga Rp. 275.000 dengan uang gedung 2,5 juta

6. SD swasta yayasan Islam di Bantul yang favorit uang gedung minimal 2,5 juta dengan SPP Rp. 250.000 ada juga yang SPP Rp. 400.000 tapi sudah sekalian snack dan makan siang. Kebanyakan SDIT biasanya fullday, sedangkan sekolah yayasan Kristen/Katolik paruh waktu dan tidak ada snack/makan siang.

7. TK Negeri di Sleman ada yang gratis tapi sepertinya tetap ada pungutan, di TK yang dulu ada uang operasional Rp. 350.000 dan uang seragam Rp. 400.000 dengan SPP sebesar Rp.50.000

8. Ada beberapa sekolah elite yang bea masuknya wow kalau bagi saya seperti Olifant dengan uang pangkal 25 juta untuk SD, kemudian beberapa sekolah yayasan Islam seperti Al-Azhar dengan minimal uang gedung/uang pengembangan sebesar 12 juta, kemudian SD Lukman Al Hakim Sleman dengan uang pangkal 20 juta kemudian SPP paling rendah 1,2 juta didalamnya sudah termasuk makan minum serta uang kegiatan.


Nah, teman-teman semoga informasi yang saya bagikan bermanfaat untuk memberikan gambaran berapa budget yang harus disiapkan untuk masuk SD atau TK khususnya di area Jogja ya. Untuk di ibukota pasti harganya "nggilani" terlebih yang international school. Saya mah dadah-dadah aja karena nggak bakal sanggup buat bayar uang pangkalnya. LoL.

Bersekolah bukan tentang seberapa elite sekolah tersebut atau berapa mahalnya sekolah itu tetapi sebuah cara bagi anak untuk belajar tentang segalanya, akademik dan reality life. Tak perlu mengejar gengsi tapi carilah esensinya. Malulah sama semut kalau ngejar gengsi menyekolahkan anak di tempat mahal tetapi tidak sebanding dengan pendapatan yang diterima. Kalau menurut saya "ngongso".

Lalu apa tidak boleh bersekolah di tempat mahal? Boleh banget mams, asal sesuaikan dengan kondisi ekonomi, kemampuan anak, jarak tempuh dan resiko positif dan negatif yang diterima. Kalau menurut saya harga yang mahal untuk sebuah sekolah sebanding lurus dengan kualitas dan pelayanan yang diterima, tetapi ada juga yang sangat mengada-ada kalau menurut saya. Lihat ke diri kita saja lah, apa yang kita butuhkan dari sekolah itu bagi anak-anak itu apa, sesuai dengan yang kita inginkan atau tidak, itu saja sih.

Dan, tentang perjuangan menjadi orang tua bukan sekedar yawis cari yang murah saja, juga bukan seperti itu. Sebagai orangtua sudah seharusnya "berjuang" demi anak tetapi juga jangan memaksakan diri melebihi kemampuan. 

Ohya, bagi teman-teman boleh lho nambahin informasi tentang bea masuk sekolah di kolom komentar ya, siapa tahu bermanfaat dan menambah wawasan bagi orang tua bakal siswa baru. 

Salam.


Comments

  1. Biaya sekolah yang fantastis kalau dibarengi dengan fasilitas yang mumpuni menurut saya wajar

    ReplyDelete
  2. Wah, biayannya ngaak jauh beda sama biaya kuliah ya hehe

    ReplyDelete
  3. Dimkanapun sekolahnya yang terpenting anak merasa nyaman

    ReplyDelete
  4. Cari sekolah nggak gampang juga ya, banyak yang harus dipertimbangkan

    ReplyDelete
  5. jika memeng harga mencerminkan kualitas nggak masalah ya

    ReplyDelete
  6. banyak pertimbangan ya, kalau dulu sih aku cari yang dekat jd anak bisa pulang sendiri

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular posts from this blog

Pengen Baby Selalu Wangi? Ini Rahasianya Moms

Time flies so fast gaes, tak terasa anak mbarep saya sudah berusia lima tahun. Usia dimana "masa kritis" seorang anak telah terlampaui dan saya merasa sedikit lega. Kenapa dikatakan semasa balita merupakan masa kritis? Karena di usia bawah lima tahun seorang anak masih rentan terkena penyakit, masih membutuhkan penanganan ekstra dan perhatian khusus dari orang tua terutama Ibu.



Hari ini saya sangat bahagia, duo anak lanang sehat dan tumbuh dengan baik, walaupun yang mbarep agak langsingan sedang adiknya lebih gembul. Ya, namanya anak-anak berbeda dan unik. Keduanya amat saya sayangi dan cintai.


By the way busway ((siapa yg naik busway 'nyah)). Walaupun sekarang sudah tidak merasakan rempongnya punya bayi, tapi terkadang banyak hal yang berhubungan dengan bayi membuat saya kangen pengen megang bayi lagi (('sok bikin)). Jujur sih, saya pengen punya bayi lagi, tapi maunya cewek biar ada yang nurunin cantiknya saya ((hueex)), tapi sabar masa produktif saya masih beberapa…

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Kolam Renang Water Park Tirta Taman Sari Bantul

Kolam Renang Taman Tirtasari Bantul - Hayoo siapa suka berenang? Pasti banyak orang yang hobi berenang atau hanya sekedari ciblon main air, termasuk saya. Di kota besar banyak terdapat kolam renang di hotel atau water boom dengan fasilitas super lengkap. Bahkan, sebulan yang lalu ada water boom yang di klaim sebagai water boom terbesar se Jawa Tengah. Jogja Bay nama tempat itu.


Kali ini saya tidak akan membahas tentang Jogja Bay, tapi kolam renang di Bantul. Sebuah water park yang tidak terlalu besar, tapi lumayanlah untuk ukuran kota kecil seperti Bantul. Walaupun sederhana tapi sederhana, waterpark Tirta Tamansari ini selalu ramai pengunjung. Di hari libur banyak pengunjung bersama keluarga. Sedangkan saat hari biasa atau bukan hari libur, para siswa dari TK hingga SMA belajar berenang disini.

Bayangin aja, tiket masuk Waterpark Tirta Tamansari Bantul ini cuma 6000 IDR di hari biasa dan 8000 IDR di hari libur. Mulai anak berusia 2 tahun harus membeli tiket masuk dan  walaupupun pen…