Belajar Memotret Makanan Bersama Bakpia Wong Jogja


Siapa sih yang nggak ngiler liat foto makanan yang cakep dan begitu menggugah selera? Pasti langsung glek glek glek kan. Udah ngaku aja. LoL



Pada hari Kamis pekan lalu saya bersama teman-teman Blogger Jogja berkesempatan belajar tentang Food Photography di gerai oleh-oleh Bakpia Wong Jogja. Toko oleh-oleh yang baru sebulan dibuka ini berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto no.149. Tempatnya luas dan pilihan oleh-olehnya lengkap.

Sesi yang paling ditunggu yaitu transfer ilmu dari abang Harisatu Zakaria. ((abaaaaaang :)). Chef yang juga menekuni dunia food stylist dan photography ini dengan lancarnya berbagi ilmu tentang photography.

Saya agak nggak konsen sama caemnya dedek Zakaria ini, tapi tenang sob sedikit-sedikit ilmunya masih terekam di otak saya kok. LoL. 

Berikut sedikit rangkuman tentang food photography, buat kamu yang pengen fotonya sekece Harisatu Zakaria jangan lupa dibaca sampai selesai ya :)

Syarat utama memotret makanan itu foto tersebut harus bikin orang yang melihatnya berselera makan. Tetapi, dibalik bagus dan menariknya sebuah foto makanan ternyata ada tim yang bekerja sama di belakangnya. Food stylish dan food photographer bekerjasama untuk menghasilkan gambar yang ciamik.

Nah, tinggal kita passionnya dibidang apa, mau jadi food tylist  yaitu orang yang menata dan menghias makanan agar terlihat lebih menarik dan menggoda atau jadi food photographer yang merupakan orang yang bertugas mengabadikan objek makanan, menata cahaya, menonjolkan hasil penataan food stylist agar terlihat menarik menggunakan kamera.

Jenis food photography :
1. Photo shot/clear shot
2. Editorial
3. Stock photo

Trend photo kekinian

 

Sekarang lagi ngetrend aneka photo termasuk di food photography.  yaitu gaya flatlay yang dipotret dari atas dan lifestyle.

Sekarang ngomongin alat, paling tidak ada 5 properti ini:
1. Kamera, bisa mirorles, slr, ho
2. TRipod
3. Lighting bisa menggunakan matahari, flash, LED
4. Reflektor
5. Diffuser
6. Lensa

Sebelum memotret makanan ternyata kita harus mengenal makanan tersebut, jenis makanannya apa, berasal dari mana, cara mengolah hingga bagaimana kita akan menyajikannya.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat memotret makanan, antara lain :
1. Konsep
2. Background
3. Format
4. Angle
5. Shape/pattern
6. Obyek utama
7. Warna
8. Leveling
9. Garnish
10. Condiment/penghias
11. Properti



Nah, yang paling susah yaitu sesi prakteknya, kemaren saya dan teman-teman diberi waktu untuk mempraktekkan memotret makanan. Obyeknya yaitu Bakpia Wong Jogja. Sesi ini seru banget lho, meski low  light teman-teman tetep semangat buat memoret.


Saya mah penggembira aja karena passion saya bukan di food stylist ataupun food photography, cukup tukang icip-icip saja sudah puas. LoL. Apalagi sesi terakhir dimana kami boleh mencicipi Bakpia Wong Jogja yang enak dan lembut. Ehm, cucok lah jadi oleh-oleh dari Jogja.

Comments

  1. Wew aku in frame to. Lengkap info fotografi nya Mak

    ReplyDelete
  2. Aku mlh gatot praktikknya, konsentrasiku pun buyar oleh gingsul si abang... Ehh si dedek...

    ReplyDelete
  3. Hasil fotonya sudah bagus gitu hehe. Saya juga harus banyak belajar nih.

    ReplyDelete
  4. Wah saya salfok jadi pingin bakpianya '-'.

    ReplyDelete
  5. Aduh, gemes sama endingnya.. ternyata paling mudah itu memang jadi tukang icip-icip.. Hati senang perut kenyang... wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Cucok nih, dapat ilmu fotografi plus ketemu dedek Zakaria yang caem. Xoxoxo

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)