Tips Memilih Kopi Arabica Terbaik dan Berkualitas





Kopi Arabica merupakan salah satu kopi yang pertama kali dibudidayakan oleh manusia, dan mampu bertahan hingga saat ini. Kopi yang pertama kali ditemukan berasal dari kawasan negara Brazil ini, dikenal 0,8-1,4% kafein didalamnya. Kopi yang sangat cocok dibudidayakan pada darah ketinggian serta memiliki suhu yang rendah ini, sebetulnya memiliki kerentanan terhadap serangan penyakit karat daun yang tinggi, sehingga sangatlah wajar jika untuk membudidayakan jenis tanaman kopi ini, dibutuhkan perawatan yang khusus dengan tingkat kesulitan tersendiri didalamnya. Kopi Arabica sendiri memiliki banderol yang cukup tinggi, karena selain aroma yang dihadirkan lebih khas, proses budidaya juga mempengaruhi tingginya harga kopi Arabica terbaik  ini.

Kopi dengan jenis Arabica yang terbaik dikelasnya, merupakan kopi yang diolah dari biji kopi Arabica berkualitas, dan telah melalui proses yang panjang. Tidak hanya proses penanaman, proses panen, penyortiran, proses sangrai, proses pengemasan hingga proses penyajian, memiliki pengaruh yang kuat pada citarasa kopi Arabica yang akan dinikmati. Bagi Anda para penggemar kopi, tentunya sudah tidak sulit lagi untuk mengetahui cara untuk mendapatkan jenis kopi terbaik untuk dinikmati. Hal ini akan berbanding terbalik bagi mereka yang memang awam dengan dunia perkopian. Untuk dapat memperoleh jenis kopi terbaik, berbagai hal tentulah harus mereka pelajari terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa hal yang memang harus Anda perhatikan dalam memilih jenis kopi Arabica terbaik, bagi Anda yang tergolong sebagai pemula dalam menikmati citarasa kopi. Adapun hal tersebut, antara lain adalah:

  • Untuk mendapatkan kualitas terbaik dari jenis kopi Arabica yang akan Anda nikmati, pastikan Anda memilih kopi yang memiliki kemasan terbuat dari bahan alumunium foil, dimana bahan kemasan inilah yang akan mampu menjaga citarasa dari kopi yang akan Anda nikmati. Pastikan pula kopi terbungkus dalam kemasan yang memiliki sistem penutupan yang rapat, sehingga aroma dari kopi dapat tetap terjaga.
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa yang dicantumkan pada kemasan kopi, dan pastikan kopi yang Anda pilih tidak memiliki masa kadaluarsa yang dekat.
  • Bagi anda yang tergolong sebagai seorang pemula dalam menikmati kopi, maka akan lebih disarankan bagi Anda memilih kopi yang dijual dalam bentuk bubuk. Selain akan memudahkan Anda dalam membuatnya, kualitas kopi bubuk dengan brand tertentu, secara umum akan lebih dikenal memiliki citarasa yang tinggi.

Selain hal tersebut diatas, hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan pemilihan dan pembelian kopi Arabica dengan kualitas terbaik adalah tempat Anda melakukan pembelian kopi tersebut. Pastikan bahwa kopi dibuat dan dipasarkan oleh toko penjual kopi yang memang dikenal memiliki citarasa yang tinggi, sehingga nantinya jaminan atas keaslian dan kenikmatan pun dapat Anda peroleh dengan mudah.

Kopi Arabica ini, juga telah banyak disajikan oleh berbagai toko online khusus yang menjual kopi ataupun situs belanja online, yang menyediakan berbagai jenis barang dalam display mereka. Jika Anda hendak melakukan pembelian kopi melalui sistem online yang disediakan oleh pengelola toko online, maka hal utama yang harus Anda perhatikan adalah kredibilitas dari toko tersebut, agar nantinya pembelian menjadi lebih terjamin keamanannya.

Memilih kopi Arabica terbaik yang disajikan oleh toko online memanglah tidak mudah membalikkan telapak tangan, ketelitian dalam pembelian haruslah tetap Anda perhatikan, agar nantinya Anda dapat memperoleh kopi dengan kualitas terbaik .

Comments