Mengapa Genset Tidak Bisa Distarter?



Sudah sewa genset 100 kVa namun mendadak tidak bisa di-starter? Hal ini pasti membuat bingung dan kesal. Apalagi jika genset adalah satu-satunya sumber listrik yang saat itu kita punya. Memang apa penyebabnya?

Ada beberapa penyebab genset tidak mau men-starter. Kami akan berikan beberapa penyebabnya sekaligus solusi yang dapat Anda coba. Simak berikut ini.

Aki genset tekor

Jika genset tidak mau menyala, coba cek kondisi akinya. Jika aki genset tekor, sudah pasti ia tidak mau menyala. Agar aki tidak tekor, cek selalu permukaan air elektrolit aki. Jika mendekati level low, tambahlah air elektrolitnya. Jaga pula kebersihan terminal aki, jika ada kerak, bersihkan dengan air panas. Kalau ditemukan baut penghubung antara terminal dan skun kabel kendor, maka segera kencangkan. Mengapa? Karena baut yang kendor adalah salah satu pemicu timbulnya kerak. Jika aki sudah tidak layak pakai, segera ganti dengan yang baru agar tidak merusak komponen lain. Umumnya, usia aki mencapai satu tahun. Namun jika dirawat dengan baik, maka usianya bisa mencapai 2-3 tahun.

Solar tercampur air

Jadi kasus ini terjadi karena air pada solar terbawa sistem injection pump. Jadi mengakibatkan jumlah solar yang masuk ke ruang bakar berkurang, dan ledakan hasil pembakaran pun tidak mampu menggerakan mesin secara sempurna. Atasi dengan memastikan tangki dan seal dalam keadaan baik. Kuras tangki, keringkan, lalu pasang kembali dan isi dengan solar baru. Tambahkan juga water separator pada saluran bahan bakarnya.

Genset jarang dipanaskan


Seperti motor, jika jarang digunakan atau dipanaskan, motor akan susah menyala ketika pertama kali dicoba. Genset pun demikian. Jadi ketika genset sudah terlalu lama tidak digunakan, oli pelumas yang biasa melumasi mesin akan turun kembali ke tangki oli karena gaya gravitasi. Nah, karena onderdil mesin tidak terlindungi pelumas dengan baik, maka komponen-komponen mesin bisa saja berkarat dan tersangkut satu dengan yang lain. Maka cara mengatasinya adalah dengan memanaskan genset paling tidak seminggu sekali supaya sirkulasi oli tetap berjalan dengan baik.

Sobat Prima bagi kamu yang stay di Kalimantan bisa sewa genset kalimantan atau kamu juga bisa lihat-lihat informasu di website sewatama.

Comments