Jaga Kesehatan Keluarga dengan Mengkonsumsi Green Tea Setiap Hari






Teh merupakan hasil perkebunan yang banyak ditanam di Indonesia. Teh umumnya digunakan untuk membuat minuman dan sudah menjadi minuman favorit dalam keadaan hangat maupun dingin. Masyarakat Indonesia telah mengenal kebiasaan minum teh sejak jaman nenek moyang. Teh yang biasa digunakan adalah teh hitam hasil dari daun teh yang di fermentasi. Namun kini, ada varian teh lain yang ternyata lebih menyehatkan yaitu teh hijau atau green tea  yang terbuat dari daun teh kukus. Karena tidak mengalami proses fermentasi, daun teh ini masih membawa khasiat anti oksidan yang tinggi dibandingkan dengan teh hitam.

Teh hijau yang kaya akan flavanoid menjadi anti oksidan yang banyak digunakan untuk berbagai bahan minuman kesehatan. Hal ini dikarenakan anti oksidan dalam teh hijau bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan kesehatan diantaranya:

  • Untuk mengurangi berat badan berlebih.
Kandungan katekain dalam teh hijau ternyata lebih besar hingga sepuluh kali dari sayur dan buah. Karenanya mengkonsumsi teh hijau setiap hari bisa membantu tubuh untuk memperlancar metabolisme.

  • Mengurangi tekanan darah.
Luruhnya lemak dan kolesterol yang menempel di pembuluh darah akan mempengaruhi kerja jantung menjadi lebih ringan. Hal ini secara otomatis akan menurunkan tekanan darah karena darah lebih mudah dipompa melalui pembuluh darah.

  • Meluruhkan kolesterol.
Teh hijau mengandung zat aktif tanin dalam konsentrasi tinggi. Tanin dikenal bisa mengikat kolesterol dan meluruhkannya melalui urine dan feses. Selain itu tanin juga mencegah pengikatan kolesterol di usus sehingga tak menambah kadar kolesterol yang sudah ada.

  • Menambah asupan serat.
Memiliki kandungan serat alami yang cukup tinggi sehingga green tea sangat baik untuk menjaga pola BAB Anda sehari-hari. Dengan serat yang tinggi, bukan hanya sisa makanan namun juga lemak dan minyak bisa dikeluarkan dengan lebih mudah. karena khasiat ini, teh hijau banyak digunakan untuk bahan obat diet.

Selain memberikan manfaat dalam bidang kesehatan organ dalam, teh hijau juga bisa dikonsumsi untuk tujuan mempercantik diri. Hal ini berhubungan dengan kandungan teh hijau polifenol dimana polifenol dapat mencegah unsur penuaan dini muncul di kulit Anda. selain dengan mengkonsumsinya secara rutin, mempercantik wajah dengan teh hijau juga dapat dilakukan dengan menjadikan teh hijau bahan masker wajah maupun lulur kulit. Kecantikan rambut juga bisa diberikan oleh teh hijau dengan cara menggunakan ekstraknya untuk bilasan terakhir sesudah keramas. Teh hijau yang kaya akan vitamin E dan C juga menjadi bahan pembuat kosmetika rambut di pasaran.

Bagi wanita hamil, mengkonsumsi teh hijau setiap hari juga sangat dianjurkan. Kandungan anti oksidannya membantu menyaring zat asing yang masuk dalam tubuh sehingga tak ikut diserap oleh bayi. Meski begitu mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihpun tak disarankan karena meski kecil, namun teh hijau juga mengandung kafein yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dalam kadar menengah.

Karena berbagai kelebihan dari green tea di atas, baik anak-anak maupun dewasa bisa mengkonsumsi teh hijau ini. Untuk anak-anak sebaiknya perlu dibatasi agar tak menimbulkan efek dari kafein yang ada. Sedangkan untuk orang dewasa, pemakaiannya bisa disesuaikan dengan tujuan dari mengkonsumsi teh hijau tersebut. Meski sudah dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan, namun Anda akan kesulitan menemukan teh hijau di pasar tradisional. Jika ingin membelinya, Anda bisa memesan di toko online bahan makanan sehat atau di situs belanja online yang Anda percaya.



Comments

  1. Aku juga suka nih kalau disuruh minum teh hijau, bagus buat kesehatan.

    ReplyDelete
  2. Berul banget, teh hijau bisa buat detox alami kecantikan. Heheh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)