Komitmen RAPP Riau Untuk Merawat Lingkungan Saat Memproduksi PaperOneTM


           
                RAPP Riau adalah unit operasional bagian dari APRIL Group. Induk perusahaannya itu dikenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas terkemuka di dunia. Mereka mempunyai produk unggulan yang diberi label PaperOneTM.

            Perlu diketahui, PaperOneTM merupakan merek kertas premium hasil produksi Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP). Produk ini begitu terkenal di luar negeri. Maklum saja, pangsa pasar PaperOneTM hampir 75 persen berada di luar Indonesia. Untuk pasar dalam negeri, PT RAPP hanya mengalokasikan 25 persen.

            Tidak mengherankan, PaperOneTM dikenal banyak pihak. Sampai saat ini produk buatan RAPP ini sudah dijual dan didistribusikan di lebih dari 70 negara. Mereka tersebar dari mulai kawasan Tiongkok, India, Timur Tengah, hingga Benua Eropa, Afrika, serta area Amerika Utara.
            RAPP Riau mampu membuat PaperOneTM diterima di berbagai negara karena beragam alasan. Namun ada dua hal yang diniali menjadi penyebab utama. Selain karena kualitasnya yang tinggi, publik tertarik dengan PaperOneTM karena tahu RAPP memproduksinya dengan tetap merawat lingkungan.
            Saat ini, kepedulian publik terhadap masa depan bumi semakin besar. Mereka ingin kelestarian alam terus terjaga agar keseimbangan iklim tidak terganggu. Hal itu beralasan karena kerusakan lingkungan pasti akan berdampak buruk bagi semua umat manusia di mana pun.
            Oleh karena itu muncul tren tuntutan supaya produsen memproduksi produk-produknya secara bertanggung jawab. Ini dimaksudkan adalah proses pembuatan sebuah produk mesti memperhatikan kelestarian alam maupun kemaslahatan masyarakat di sekitarnya.

            Tuntutan ini berlaku untuk semua jenis produk di pasar internasional. Kertas tak berbeda jauh. Konsumen menginginkan produk kertas yang dihasilkan dari proses yang bertanggung jawab terhadap alam.

            Beruntung PaperOneTM sudah bisa menjawab tuntutan tersebut sejak lama. Dari dulu Riau Andalan Pulp & Paper sudah memperhatikan kelestarian lingkungan. Kepedulian terhadap alam bahkan sudah menjadi kebiasaan yang selalu dilakukan dalam operasional sehari-hari.

            Bahkan, keberlanjutan malah dinilai sebagai keunggulan tersendiri bagi induk perusahaan RAPP, APRIL. Selain kualitas tinggi, Presiden Direktur PT RAPP, Tony Wenas, menilai keseriusan pihaknya dalam menjaga alam sukar disaingi oleh pihak lain.

            “Kalau diminta menyebut keunggulan APRIL, kami adalah sustainable forest management sejak tahun 2004. Keberlanjutan itu satu perjalanan panjang, mulai dari awal berdiri dengan no burn policy, lalu konservasi, program sertifikasi, dan lain-lain. Ini makin lama makin maju. Terakhir, tahun lalu (tahun 2015, Red.) kami umumkan komitmen one for one. Ini semua satu perjalanan yang kami akan unggulkan lagi, dan produk kami juga high quality,” ucap Tony dalam wawancara bersama Swa.

            Pernyataan Tony bukan omong kosong. Kepedulian terhadap lingkungan memang dilaksanakan secara nyata di tubuh RAPP Riau. Akibatnya semua produknya termasuk PaperOneTM dihasilkan dari proses produksi yang bertanggung jawab terhadap alam dan masyarakat.

            Hal itu sudah dimulai dari penyediaan bahan baku. Dalam memproduksi pulp dan kertas, Riau Andalan Pulp & Paper memerlukan material dasar berupa kayu. Namun, demi menjaga kelestarian alam, mereka tidak mendapatkannya dari hutan alam. PT RAPP mau bersusah-susah dahulu membuat perkebunan yang ditanami pohon akasia dan eukaliptus.

            Hingga saat ini, RAPP tercatat mengelola perkebunan seluas 476 ribu hektare. Area ini mereka kelola bersama-sama dengan 40 mitra pemasok jangka panjang.

            Tentu saja RAPP Riau merawat perkebunannya dengan konsep terbarukan. Langkah ini sudah mampu memenuhi sekitar 79 persen kebutuhan fibernya. Kekurangan bahan baku didapat dari mitra pemasok jangka panjang yang ada di kawasan Sumatra, Kalimantan, serta Malaysia. Namun, PT RAPP mewajibkan para mitra pemasoknya mendapatkan bahan baku bukan dari hasil perusakan atau pembakaran hutan ilegal.

Terkait kelestarian hutan, RAPP menjalankan kebijakan ketat. Sejak 1994, mereka sudah mencanangkan langkah antipembakaran lahan dan hutan. Mereka juga bekerja sama dengan pemerintah untuk melawan pembalakan liar. Selain itu, PT RAPP terus memastikan suplai bahan bakunya berasal dari jalur yang legal.

STANDAR TINGGI DALAM PRODUKSI

sumber gambar : APRIL

            Bahan baku sudah dijamin diperoleh dengan cara-cara yang bertanggung jawab. Material pulp dan kertas dipastikan berasal dari praktik yang legal dan bersahabat dengan alam. Hal itu menjadi modal berharga bagi Riau Andalan Pulp & Paper dalam menjalankan proses produksi.
            Untuk membuat PaperOneTM, RAPP Riau memiliki pabrik yang dilengkapi dengan teknologi tinggi di kawasan Pangkalan Kerinci, Riau. Di sana proses pembuatan dilakukan dengan standar tinggi sesuai tuntutan pasar internasional.
            Tidak percaya? Lihat saja beragam sertifikasi yang diraih Riau Andalan Pulp & Paper terkait manajemen produksinya. Sejak 2001, pabrik pulp dan kertasnya sudah meraih ISO 9001. Perlu diketahui, ISO 9001 adalah sebuah standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional. Ini merupakan tolak ukur global untuk sistem manajemen mutu di berbagai belahan dunia.
            Pada tahun yang sama, Divisi Kehutanan RAPP meraih ISO 14001 secara penuh. Ini berarti manajemen lingkungan di PT RAPP sudah diakui dilaksanakan sesuai standar internasional. Akibatnya mereka dinilai telah mampu mengidentifikasi, memprioritaskan, dan mengatur risiko-risiko lingkungan sebagai bagian dari praktik bisnis normal.
            Komitmen terhadap kelestarian lingkungn di tubuh RAPP Riau memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Pada 2006, mereka menjadi perusahaan pertama yang meraih Sustainable Plantation Forest Management di bawah Lembaga Ekolabel Indonesia. Ini berarti RAPP sudah dijamin menjalankan manajemen perkebunan secara berkelanjutan.
            Selain dalam proses produksi, Riau Andalan Pulp & Paper juga berusaha menjaga kelestarian hayati. Hal itu mereka buktikan dengan melakukan kajian terhadap High Conservation Value Forests (HCVF) di area konsesinya.
            Sesudah itu, RAPP Riau berhasil mengidentifikasi area yang patut dijadikan basis produksi karena sudah terdegradasi atau kawasan yang pantas diperuntukkan sebagai konservasi. Tak aneh, di lahan konsesi mereka keanekaragaman hayati tetap terjaga sesuai aslinya.
            Dalam area konsesinya, PT RAPP menggunakan pendekatan bentang alam sebagai solusi bagi keseimbangan antara produksi dan pelestarian alam. Praktik nyatanya adalah area perkebunan, konservasi, serta pemukiman masyarakat tetap bisa berdampingan.
Pendekatan bentang alam (landscape approach) yang dipilih mampu membuat RAPP bisa terus memenuhi kebutuhan fibernya untuk keperluan pembuatan pulp dan kertas. Sementara itu, pada saat yang sama, masyarakat tetap bisa memanfaatkan hasil alam sebagai sumber penghidupannya.
Hal itu bisa terjadi karena sejak 2005, RAPP Riau sudah menerapkan High Conservation Value di area konsesinya. Langkah ini dimaksudkan supaya lingkungan dan nilai-nilai budaya dan sosial di kawasan konsesi tetap terjaga.
Kebijakan itu juga membawa RAPP melakukan perlindungan dan restorasi lahan yang terdegradasi. Kawasan yang mereka lindungi atau perbaiki sudah mencapai 30 persen dari total area konsesinya.
Namun, Riau Andalan Pulp & Paper belum puas. Mereka masih berusaha meningkatkannya karena ingin merealisasikan target komitmen satu untuk satu (one for one commitment). Ini adalah komitmen untuk bisa melindungi satu hektare lahan ketika ada satu hektare lahan yang digunakan untuk produksi.
Sebagai jaminan konsistensi pelaksanaan, RAPP Riau membuka pintu berbagai pihak seperti pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, serta akademisi untuk melakukan riset independen terhadap kinerjanya. Kesempatan ini dibuka lebar untuk semua praktik mulai dari perkebunan, pabrik, proses produksi, hingga pengelolaan area konsesi.
Alhasil, melihat komitmen tinggi Riau Andalan Pulp & Paper dalam menjaga lingkungan, tak aneh kalau PaperOneTM diminati. Konsumen tahu persis bahwa merek kertas premium produksi RAPP Riau ini berasal dari praktik bertanggung jawab.



Image Source: APRIL
Image Source: APRIL

Comments