Haruskah Kawatir Ketika Bayi Panas Saat Tumbuh Gigi?




Tak ada yang membuat seorang ibu panik selain anak yang tiba-tiba demam. Suhu tubuhnya naik dan si kecil rewel. Bagi saya yang sudah 6 tahun menjadi Ibu mungkin sudah agak tenang jika anak mendadak panas. Tetapi ketika Nathan dulu demam saat giginya mulai tumbuh menjadi hal yang membuat saya kawatir dan ketakutan. 

Memang tidak semua anak saat giginya mulai ada yang tumbuh disertai dengan meningkatnya suhu tubuh. Tetapi bagi Nathan, pasti tubuhnya demam jika giginya mulai nongol. Pernah yang gigi ke berapa itu Nathan panas sampai beberapa hari. Sampai saya bawa ke dokter tapi juga tak kunjung turun demamnya. Baru setelah hari ketiga tak sengaja saya melihat mulutnya dan terlihat  ada calon gigi yang mulai terlihat.

Saya langsung lega. Saya tak begitu kawatir lagi, jangan-jangan Nathan terinfeksi virus atau bakteri. Ternyata cuma gigi tumbuh dan tidak membahayakan. 

Mommy, saat anak tumbuh gigi dan panas, jangan kawatir berlebihan ya. Tumbuh gigi adalah saat gigi bayi tumbuh dan mulai menembus gusinya. Biasanya tumbuh gigi ini diiringi rasa tidak nyaman pada bayi.  

Seperti halnya Nathan yang lebih merepotkan dari biasanya ketika dia tumbuh gigi. Hal ini terjadi karena rasa nyeri dan pembengkakan pada gusi gigi sebelum datang melalui. Gejala ini biasanya mulai sekitar 3 sampai 5 hari sebelum gigi terlihat. Rasa nyeri akan menghilang segera setelah gigi merobek atau melukai kulit gusi. 

Tapi ada juga bayi yang tidak terpengaruh oleh tumbuh gigi. Anak saya yang kedua tidak mengalami demam saat tumbuh gigi. Bayi dapat menggigit jari mereka atau mainan untuk membantu meringankan tekanan pada gusi mereka. Mereka juga dapat menolak untuk makan dan minum karena terasa sakit pada mulut khususnya gusi.

Sobat Prima, tumbuhnya gigi pertama merupakan salah satu tanda-tanda  perkembangan bayi usia 7 bulan Biasanya bayi tumbuh gigi saat umur 6/7 bulan. Di usisa tersebut seorang anak juga sudah mulai mengenam makanan pendamping ASI. Tak heran jika bayi tumbuh gigi, karena bisa membantu dia mengunyah makanan.

Ohya, saat bayi demam lantas apa yang saya lakukan? 

Jika bayi masih aktiv, masih mau makan/minum,  dan di cek suhu tidak lebih dari 38 saya rasa cukup diberi ASI yang banyak. Kompres dengan air hangat juga bisa menurunkan suhu badan. Tetapi jika suhu makin tinggi dan rewel, bisa diberikan obat penurun panas sesuai dosis. Nah apabila lebih dari 3 hari demam belum turun juga, ada baiknya bawa ke dokter spesialis anak untuk cek lebih lanjut jika terjadi infeksi atau penyakit lain.

Comments

  1. rata-rata seorang ibu angka di 38 pasti udah panik ya mba, kayak waktu awal-awal aku punya anak. Sekarang sih lebih tenang kalo anak panas, apalagi karena tumbuh gigi :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)