Ciptakan Suasana Tentram Di Rumah Dengan Interior Ala Jepang




Sering menonton Dorama atau film jepang, bagaimana menurutmu rumah yang mereka tempati. Sebagian besar rumah ala jepang memiliki desain dengan konsep yang menenangkan hati. Kultur budaya Jepang tercermin dalam kecintaannya terhadap alam. Maka dari itu, cara terbaik dalam menata desain interior rumah minimalis ala Jepang yang alami adalah dengan membawa nuansa natural ke dalam rumah. Caranya dengan menambahkan dekorasi tanaman khas Jepang seperti pohon bonsai dan pohon bambu. Untuk menambah keunikannya, kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias.

Pada ulasan kali ini akan dibahas beberapa trik dan tis atau cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadirkan suasana tentram dan damai dengan desain interior ala jepang. Sudah siap ? yuk simak selengkapnya dibawah ini;

Kamar mandi
Kamar mandi yang minimalistik dan bersih tentu akan menentramkan hati dan pikiranmu. Sama seperti tanaman, elemen alam dan kebersihan mengisi peranan penting dalam desain interior rumah minimalis ala Jepang. Ofuro – nama lain kamar mandi dalam bahasa Jepang, adalah tradisi turun-temurun yang patut untuk dipertimbangkan pengaplikasiannya di kamar mandimu. Kamar mandi ala Jepang cenderung memakai bak mandi di bagian dalam kamar mandi dan terkesan seperti kamar mandi dengan fasilitas hotel bintang lima.

Elemen kayu dan bambu
Salah satu cara terbaik untuk mengharmoniasikan rumah dengan alam adalah dengan menambahkan elemen kayu natural kedalam rumahmu. Kebudayaan Jepang sudah terbiasa dalam menggunakan elemen kayu pada tiap dekorasi rumahnya, mulai dari dinding, pintu, layar pembatas, dan bingkai, semua terbuat dari elemen kayu. Bambu juga terkadang menjadi alternatif dalam desain interior rumah minimalis ala Jepang.

Desain ruangan depan
Ruang depan dengan desain interior rumah minimalis bertemakan jepang dinamakan genkan. Ini adalah area dimana pemilik rumah menyapa pengunjung rumah sekaligus tempat menaruh alas kaki dan biasanya ditukar dengan sandal dalam ruangan. Pada desain ini, identik juga dengan penggunaan getabako, yakni rak sepatu yang terbuat dari kayu. Desain ruang depan ini pun terbilang simpel dan diisi pencahayaan yang natural.

Furnitur ala jepang
Disaat banyak rumah asli Jepang tidak menggunakan banyak furnitur untuk ruangan-ruangan semacam ruang duduk atau ruang TV, kita masih bisa menerapkan kesederhanaan desain interior rumah minimalis ala Jepang pada rumah murah di Tangerang kota. Contohnya dengan menggunakan meja kecil seperti coffee table dipadu dengan kusen lantai yang memungkinkanmu meluruskan kaki.

 

Prinsip desain interior


Desain interior rumah minimalis bergaya Jepang terkenal dengan kebersihan dan gaya minimalisnya. Bagaimana cara mendapatkan desain aestetik namun tetap mendapatkan gaya rumah modern dengan berbagai macam furnitur? Jawabannya adalah dengan menjaga desain ruanganmu tetap simpel dan tanpa motif apapun, sehingga tidak sulit untuk memasukkan furnitur dengan warna yang cocok.

Ruang terbuka dan cahaya alami adalah kunci
Dengan cahaya alami, rumahmu akan terlihat lebih luas dan cerah. Bagaimana cara memasukkan cahaya alami kedalam desain interior rumah minimalis tersebut? Pakai banyak jendela dan instalasi jenis plafon minimalis yang pas, jangan lupa taruh tirai minimalis untuk melengkapi jendelamu.

Warna yang populer
Untuk menjaga keindahan natural ala Jepang, rumah-rumah tersebut diberikan warna yang simpel yang alami. Warna dominannya biasa diturunkan dari warna cokelat elemen kayu atau hijau dari tanaman. Untuk lantai, interior rumah minimalis ini menggunakan warna kayu atau lantai berwarna abu-abu gelap, sisi dinding juga dilapisi dengan layar pembatas yang dilapisi kertas berwarna pastel.

Menciptakan ruang meditasi
Merasa sudah maksimal dengan semua bagian rumahmu yang menggunakan interior rumah minimalis ala Jepang? Tambahkan desain interior rumah minimalis pada ruang tengah dengan ruang meditasi. Kamu bisa melakukan berbagai hal yang menenangkan disini, mulai dari bermeditasi, meminum teh, atau sekedar melakukan yoga. Caranya, cat seluruh dinding ruangan dengan warna yang menenangkan, seperti hijau atau cokelat dan tambahkan beberapa tumbuhan hijau.

Bagaimana? Apakah interior rumah minimalis ala Jepang di atas berhasil menginspirasi kamu? Khususnya jika kamu sedang dalam proses membangun rumah idamanmu. Menggunakan interior rumah minimalis ala Jepang akan menjadi keunikan tersendiri, karena tidak banyak rumah-rumah di Indonesia yang mengadopsi gaya interior rumah minimalis negeri sakura tersebut. Apakah kamu akan menciptakan rumah ala jepang ? pada intinya rumah yang memiliki desain ala jepang ini memiliki konsep yang natural atau “ back to nature” di Indonesia memang banyak sekali rumah yang memiliki desain alam atau asri seperti itu hanya saja sebagian besar dibuat lebih modern dan ala kebaratan. Sedangkan jepang lebih mengutamakan hal – hal yang sederhana namun tetap membuatnya lebih unik dan nyaman.

Itulah beberapa dekorasi atau desain rumah murah di Tangerang kota ala jepang yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga ulasan diatas dapat dijadikan sebagai informasi dan wawasan yang bermanfaat


Comments

  1. Emang kebanyakan rumah jepang itu interiornya dari kayu ya. Meskipun minimalis tapi tetap elagan :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)