3 Tips Untuk Mengatasi Insomnia


insomnia



Hayo, siapa yang nggak suka tidur? Pasti tidur jadi satu aktivitas favorit 'kan gaes. Apalagi ketika badan sudah letih rasanya pengen segera merebahkan tubuh di atas empuknya kasur. Tidur merupakan satu-satunya aktivitas yang dapat mengistirahatkan tubuh secara total. Itu sebabnya, mengapa kita dianjurkan untuk mencukupi waktu tidur dengan durasi 6 – 8 jam per harinya. Kurangnya waktu tidur dapat membuat tubuh rentan terkena berbagai jenis penyakit. Yang lebih gawatnya lagi, kurangnya waktu tidur ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung lho. Namun, pada kenyataannya banyak sekali orang yang mengidap insomnia alias susah tidur malam. 
Ada beberapa faktor penyebab terjadinya insomnia seperti, kebiasaan tidur disiang hari, mengonsumi minuman berkafein, terlalu banyak pikiran, dan sebagainya. Yang jadi pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi insomnia? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari sama-sama kita simak ulasannya dibawah ini mengenai 3 tips untuk mengatasi insomnia :
1. Dekorasi Kamar Senyaman Mungkin

Tips pertama yang harus kamu coba untuk mengatasi insomnia, yakni dengan mendekorasi kamar senyaman mungkin. Menurut para psikolog, suasana kamar yang nyaman dan menyenangkan dapat membantu seseorang merasa nyaman dan ingin berlama-lama berada didalam kamar. Lambat laun, hal ini juga dapat membuat kamu jadi mengantuk. Selain itu, warna dinding kamar juga dapat mempengaruhi suasana hati lho.
2. Matikan Lampu Kamar


Tips kedua yang harus kamu coba untuk mengatasi insomnia, yakni dengan mematikan lampu kamar. Berdasarkan dari hasil survey yang dilakukan pada tahun lalu, sekitar 50 % masyarakat Indonesia sulit tidur malam karena efek dari cahaya lampu. Pasalnya, cahaya lampu tersebut dapat merangsang sel syaraf sehingga mata kita sulit untuk dipejamkan. Maka dari itu, matikanlah lampu kamar untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Jika kamu tidak suka terlalu gelap, maka kamu bisa menambahkannya dengan lampu senter kecil yang tidak terlalu terang.
3. Hindari Minuman Berkafein


Tips ketiga yang harus kamu coba untuk mengatasi insmonia, yakni dengan menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, cokelat panas, dan sebagainya. Sebab, zat kafein tersebut dapat membuat kita tetap bugar dimalam hari sehingga sulit untuk tidur. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk tidak meminum minuman berkafein sekitar 4 jam sebelum waktu tidur.
Itu dia gaes 3 tips yang harus kamu coba untuk mengatasi insomnia yang dilansir dari dokterbabe.com, semoga bermanfaat yaks.

Comments

  1. Saya kalau kebanyakan minum kopi suka susah tidur hehee,

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)