Rahasia Resep Masakan Sederhana Sayur Singkong Santan Enak





Selama ini kita mengenal daun singkong sebagai salah satu tumbuhan yang dapat dikonsumsi. Daun singkong dapat diolah menjadi berbagai macam sayur dan makanan. Bentuk olahan daun singkong yang paling umum adalah sayur daun singkong kuah santan. Daun singkong yang renyah akan memiliki rasa yang gurih dan lesat jika dipadukan dengan santan dan bumbu-bumbu yang pas. Bahan-bahan untuk membuat sayur daun singkong kuah santan tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Selain itu, cara memasaknya pun tidak terlalu sulit. 

Meskipun sayur jenis ini banyak kita jumpai di warung-warung atau rumah-rumah makan, namun alangkah lebih baik jika kita memasaknya sendiri. Dengan memasak sendiri, setidaknya kita telah berusaha menjaga kebersihan makanan, sehingga hasilnya menjadi lebih sedap dan lebih menyehatkan. 

Sajian sayur daun singkong kuah santan merupakan sajian yang cukup sederhana, tetapi rasanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagi anda yang tertarik dengan masakan berbahan dasar daun singkong ini, kami telah merangkum sebuah resep sederhana untuk memasak sayur daun singkong kuah santan yang bisa anda praktekkan sendiri di rumah



Bahan sayur daun singkong:
·         1 buah Sasa Santan Kelapa
·         1 ikat daun singkong
·         Air secukupnya

Bumbu halus untuk sayur daun singkong:
·         2 biji bawang putih
·         7 biji bawang merah
·         1 sdt merica
·         2 cm kunyit
·         garam secukupnya
·         penyedap rasa secukupnya
·         gula pasir secukupnya


Bumbu tambahan sayur daun singkong:
·         1 biji sereh yang sudah dihancurkan kasar (digeprek)
·         2 lembar daun salam
·         4 cm lengkuas yang sudah dihancurkan kasar (digeprek)

Cara membuat sayur daun singkong:
1.  Cuci daun singkong yang sudah dipetik dari tangkainya hingga bersih
2.  Rebus daun singkong dalam air mendidih yang ditambah garam secukupnya. Rebus hingga daun singkong layu, kemudian tiriskan
3.  Tumis bumbu halus dan bumbu tambahan hingga aromanya wangi
4.  Masukkan air secukupnya, kemudian masukkan juga daun singkong yang sudah direbus tadi
5.  Jika sayur sudah mendidih, tambahkan santan
6.  Cicipi rasa sayur daun singkong. Tambahkan bumbu yang diperlukan jika dirasa masih ada yang kurang
7.  Sayur daun singkong kuah santan siap disajikan.



Dalam memasak Sayur Singkong Santan di atas, saya memilih menggunakan Sasa Santan Kelapa. Saya tidak memilih menggunakan santan kelapa instan lainya atau menggunakan santan kelapa yang langsung saya peras dari kelapa. Hal ini tidak lepas dari beberapa fakta yang saya temukan. 

Pertama, Sasa Santan Kelapa itu sangat praktis, sudah matang dan siap pakai. Jadi tidak perlu repot lagi. Bayangkan jika harus memeras kelapa yang sebelumnya juga jarus diparut dulu. berapa waktu yang harus saya habiskan hanya untuk mendapatkan santan berkualitas. Padahal di luar sana ada Sasa Santan Kelapa yang punya kualitas sama. 

Kedua, Sasa Santan Kelapa memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas, sehingga ia sangat cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman. Selain untuk Sayur Singkong Santan di atas, saya juga sering menggunakan Sasa Santan Kelapa untuk berbagai makanan dan minuman yang saya buat menggunakan bahan tambahan santan. Misalnya saja untuk kolak dan opor ayam. 

Apalagi ada fakta bahwa Sasa Santan Kelapa itu tanpa pengawet. Ia hanya dikemas dengan teknologi modern sehingga ia tidak basi walau disimpan dalam waktu yang lama. Jadi mengapa harus repot-repot memarut kelapa hanya untuk mendapatkan santan berkualitas?

Comments

  1. Makan itu, ditambah nasi anget, ikan asin, dan sambal terasi. Yummy banget! :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)