Inilah 4 Cara Alami Yang Efektif Dalam Menurunkan Kolesterol




Seperti yang kita ketahui, kadar kolesterol tinggi merupakan ancaman yang nyata bagi kesehatan tubuh manusia. Pasalnya, kadar kolesterol yang meninggi dapat mengundang kehadiran berbagai jenis penyakit seperti stroke, jantung, darah tinggi, obesitas, dan sebagainya. Kolesterol yang meninggi dikarenakan menumpuknya lemak jahat di dalam tubuh, sehingga pembuluh darah akan tersumbat. Berbicara soal kolesterol tinggi, sebagian besar dari kita akan mengonsumsi obat-obatan sebagai langkah dalam menurunkan kadar kolesterolnya. Perlu anda ketahui, konsumsi obat-obatan tersebut tak jarang menimbulkan efek samping yang justru akan memperparah kondisi kesehatan. Lantas, seperti apakah cara menurunkan kolesterol yang tanpa harus mengonsumsi obat-obatan? Nah, bagi kalian yang belum mengetahuinya, pada ulasan kali ini akan membeberkan tentang 4 cara alalmi yang efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi.

1. Cukupi Asupan Vitamin B3

Vitamin B3 atau yang bahasa medisnya adalah Niasin, merupakan salah satu kandungan nutrisi yang mampu menurunkan lemak jahat penyebab meningginya kadar kolesterol. Pasalnya, vitamin B3 ini yang meningkatkan HDL (Lemak baik) di dalam tubuh. Akan tetapi, kamu juga jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi vitamin B3, sebab hal tersebut dapat meningkatkan tingkat resiko asam urat. 

2. Rutin Berolahraga


Tidak ada satu pun jenis olahraga yang tidak bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk melakukan aktivitas olahraga secara rutin. Menurut pakar kesehatan terkemuka, aktivitas olahraga ini dapat meningkatkan produksi HDL (lemak baik). Mengenai jenis olahraganya kamu bisa memilih olahraga seperti bersepeda, jogging, jalan santai, berenang, dan sebagainya.

3. Mengonsumsi Daging Ikan

Cara alami yang berikutnya yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, yakni dengan mengonsumsi daging ikan. Dilansir dari berita seputar kesehatan, daging ikan kaya akan kandungan omega3 yang mampu meningkatkan produksi HDL alias lemak baik. Namun, kamu harus memakan daging ikan dengan cara di rebus atau di panggang. 

4. Konsumsi Kacang Walnut

Menurut pakar kesehatan, kacang walnut memiliki kandungan nutrisi yang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain kacang walnut, kamu juga bisa mengonsumsi kacang Arab untuk menurunkan kadar kolesterolnya.

Comments

  1. Nomor dua yang saya ga rutin. hiks. Cuma skiping skitar 30 menit tiap pagi doang. Itupun kalau inget, hehehe... Makanya perut ini menggelembung terisi lemak....

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)