Pesan Tiket Kereta Api Atau Tiket Bus untuk Traveling?



Biasanya mereka yang hobi traveling sudah mempunyai alat transportasi favorit serta dipercaya bisa mengantar mereka dengan selamat hingga ke tujuan. Tetapi, untuk mereka yang masih awam serta baru memulai petualangan, pasti akan bingung untuk pilihan transportasi mana yang harus di pilih untuk traveling jarak jauh dan traveling jarak dekat. Sekarat ini alat transportasi darat yang sangat populer untuk berpergian jarak menengah dan jauh adalah kereta api serta bus. Jika tinggal pesan tiket kereta api atau bus sesuai dengan tanggal keberangkatan.

Memang, untuk sepeda motor bisa digunakan, tetapi alat transportasi ini kurang direkomendasikan karena Anda harus memiliki stamina yang cukup prima agar bisa traveling secara lancar menggunakan sepeda motor. Apalagi adanya resiko keamanan yang kemungkinan besar bisa menghadang, lebih-lebih jika Anda adalah “anak” baru untuk traveling ini. sedangkan, untuk angkutan umum tidak selalu ada di tiap daerah. Hal ini akan mengakibatkan kebingungan untuk para pemula.

Lantas, apa saja keuntungan serta kerugian pesan tiket kereta api dan bus untuk pemula? Pertama untuk bus. Jika Anda senang berpetualang di kota-kota yang dekat dengan tempat tinggal Anda, Anda bisa memilih bus. Tiket bus lebih murah dibandingkan dengan kereta api, selain itu hampir semua jurusan entah antar kota dalam propinsi atau antara kota dan antar propinsi bisa dijangkau bus. Anda juga dapat memilih jam keberangkatan, entah ingin berangkat pagi, sore, siang atau pun malam. Bahkan, beberapa jurusan disediakan selama 24 jam, kecuali bus malam, Anda harus memesan sehari atau beberapa hari sebelum berangkat. Tidak harus ke terminal dahulu untuk menggunakan bus karena Anda bisa naik bus di halte atau pun agen perjalanan yang telah bekerjasama dengan pengelola bus tertentu. Bus yang memiliki durasi perjalanan di atas 3 jam biasanya memberi fasilitas makan siang atau malam.

Beberapa bus yang beroperasi di rute tertentu biasanya telah dilengkapi dengan TV LCD full musik, ada juga colokan listrik jika Anda ingin recharge handphone Anda. bus ekonomi yang tidak dilengkapi dengan AC hanya beroperasi di jalur pendek dan sedikit tidak nyaman karena Anda harus berdesakan. Pengelola bus memang sedikit longgar untuk aturan yang berkaitan dengan pedagang asongan, sehingga Anda harus sabar jika bus berubah menjadi supermarket, bus juga biasanya terjebak macet.

Bagaimana dengan kereta api? Jika Anda merupakan traveler yang sering tersesat walaupun sudah membekali diri dengan banyak informasi, lebih baik Anda memilih moda transportasi kereta api, karena moda transportasi ini selalu berangkat serta pulang di jalur yang sama, pemberhentiannya pun juga sangat jelas. Di sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati pemandangan yang tidak dapat disaksikan ketika naik bus walaupun melewati jalur yang sama. Anda juga tidak perlu berhenti menunggu di lampu merah, karena kendaraan lain lah yang berhenti ketika kereta melintas.

Kereta api dijamin sangat nyaman karena Anda tidak akan tersiksa karena terjebak kemacetan selama berjam-jam, selain itu kereta api sekarang terus menerus dibenahi agar bisa memberi pelayanan paling baik untuk penumpang serta beberapa kebijakannya dijamin akan membuat Anda menjadi semakin betah. Pemasangan AC untuk beberapa jalur kereta ekonomi sudah dilakukan, pelarangan pedagang asongan juga sudah. Jadi, kenyamanan akan terjamin. Anda juga dapat pesan tiket kereta api secara online di banyak situs jual beli online. Jadi, pilih mana?

Comments

  1. Kalau suruh milih kereta api atau pesawat, saya pilih menggunakan moda trasnportasi kereta api mbak. Meski lama di perjalanan tapi punya kesan tersendiri.

    ReplyDelete
  2. Bus belum ada yg beli tiket online ya? Utk tujuan jakarta biasanya jam 6 sore sudah out semua dr jogja yg eksekutif.

    ReplyDelete
  3. bagus informasinya mbak prima hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)