Ada Kulkas Cantik Lho di JD.ID


Halloha semua, bagaimana kabar dibulan puasa ini? Masih lancar 'kan puasanya. Di bulan Ramadhan ini pasti keberadaan kulkas semakin penting. Karena pasti para mama belanjanya lebih melimpah dari hari biasa dan disimpan di kulkas biar awet.

Kulkas di rumah saya masih awet hingga sekarang, padahal usianya sudah lebih dari 6 tahun. Sebaya sama umur anak lanang. Dulu saya beli kulkas untuk menyimpan ASIP, semenjak menikah belum punya kulkas sehingga sebulan sebelum anak lanang lahir saya langsung beli kulkas baru. 

Kemaren saya iseng hunting kulkasi di situs belanja online JD.ID. Kebetulan adek saya abis lahiran dan butuh kulkas baru. Selain untuk menyimpan bahan makanan, pasti dia juga membutuhkan freezer untuk menyimpan ASIP. 


Sobat Prima, ternyata kulkas sekarang modelnya bagus-bagus lho. Saya malah jadi kepengen beli baru. Ada kulkas yang warnanya lengkap dari biru muda hingga pink. Selain itu motifnya juga ada yang berbunga-bunga. Pasti dapur makin cantik ya kalau punya kulkas dengan design floral. Harga kulkas juga nggak naik. Perasaan dari dulu harganya segitu saja.  Malah cenderung harga turun jika dibanding inflasi tahunan.


Bagi saya yang daya listrik dirumah tidak besar, pilih kulkas satu pintu saja. Toh muat banyak barang dan sudah ada freezer juga. Mumpung lagi ada promo harga kulkas murah di JD.ID dan pilihannya juga banyak.

Kalau sudah dapat kulkas idaman jangan lupa untuk merawat dengan baik agar awet hingga beberapa tahun kedepan.  Berikut beberapa cara merawat kulkas agar tidak mudah rusak dan awet.

  1. Jaga Kebersihan Kulkas
Usahakan selalu menjaga kebersihan kulkas dengan cara membersihkan minimal satu bulan sekali baik di dalam body atau di luar body kulkas, guna untuk mencegah kulkas berkarat. Dengan begitu, maka daya tahan kulkas terhadap waktu dan cuaca akan selalu terjaga.
  1. Jangan  Menusuk/mencongkel Body Dalam Kulkas dengan Benda Tajam
Apabila kamu menggunakan kulkas 1 pintu, jangan sekali-kali membersihkan bunga/gumpalan es yang ada di dalam freezer dengan benda tajam. Karena dapat mengakibatkan kebocoran pada bagian evaporator (bocor freon). Untuk hal ini kamu cukup mencabut power kulkas dan diamkan beberapa menit tunggu sampai bunga-bunga es tersebut mencair, kemudian silahkan kamu bersihkan sisa kotoran yang ada menggunakan lap bersih, setelah selesai kamu bisa mencolokkan power pada stop kontak listrik kembali.
  1. Gunakan Stavol (Stabilizer)
Usahakan menggunakan stapol / stabilizer, hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi tegangan tinggi atau tegangan rendah. Sehingga arus listrik yang masuk ke dalam mesin tetap dalam tegangan 220 Volt. Jika mesin kompresor mendapat aliran listrik yang tidak normal, tentu bisa mempercepat daya kekuatan dari kompresor tersebut melemah.
  1. Cabutlah Power Kulkas saat Terjadi Pemadaman Listrik
Biasanya apabila terjadi pemadaman listrik, dan pada saat listrik nyala kembali ini terjadi tegangan tinggi. Maka usahakan mencabut power kulkas guna menghindari terjadinya tegangan tinggi setelah listrik di nyalakan kembali tersebut.



Nah, gimana gaes sudah tahu kan dimana beli kulkas dengan harga murah termasuk cara perawatannya. Semoga bermanfaat ya.

Comments

  1. Alhamdulillah kulkas di rumah saya jg msh awet mbak, penuh dengan makanan kesukaan seluruh keluarga.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)