Ini Cara Menjaga Hati ala Working Mom Sekaligus Traveler



Berturut-turut dua rekan kerja saya ambruk dan harus opname di rumah sakit. Virus Hepatitis A menginfeksi hati mereka. Hati dalam arti yang sebenarnya ya gaes, bukan sakit hati karena doi patah hati. 

Jujur, saya ikutan parno karena penyakit Hepatitis ini bisa menyerang siapa saja dan menular. Catet ya, bisa menular lewat kontak langsung, makanan yang terkontaminasi virus tersebut dan bisa lewat sprei, lap, alat makan yang juga sudah terkontaminasi. 

Nah, ngeri juga kan.




Hepatitis A bisa juga disebut traveler disease (penyakit perjalanan) karena sering terjadi pada orang bepergian. Infeksi Hepatitis A bisa terjadi dimanapun termasuk hotel yang modern, tapi memang resiko paling tinggi ada di daerah terpencil atau desa dengan sanitasi buruk.

Memang sih, kedua teman saya baru saja traveling dan makan di sembarang tempat. Menurut dokter, Hepatitis A bisa menular melalui alat makan yang sebelumnya digunakan orang yang terinfeksi Hepatitis A lalu tidak dicuci dengan benar-benar bersih. 

Ehm, bagi traveler macam saya yang sering keluar kota bersama anak-anak. Menginap di hotel yang pasti sudah dikunjungi banyak orang mendengar keterangan teman saya jadi bikin keder juga. Jadi was-was toilet kamar hotel benar-benar bersih nggak ya. Kitchen di hotel sanitasinya bagus nggak . Apalagi jika saya makan di pinggir jalan yang jelas mereka mencuci piring dengan sumber air yang tidak mengalir.

Sari Temulawak Memiliki Banyak Manfaat bagi Tubuh




AW....AW....AW

I am paranoid gaes. Takut piknik, takut staycation. Takut jajan.

Terus piye?



Yang nggak piye-piye, kata teman saya jika stamina bagus kita tidak mudah terserang virus Hepatitis A. Dan harus pintar-pintar memilih tempat jajan. Selama opname ke dua rekan kerja saya menjalani perawatan medis dari RS dan untuk membantu meningkatkan kesehatan hati mereka minum Sari Temulawak 

Sepulang dari RS mereka rutin minum sari temulawak dan tidak jajan sembarangan. Perlahan stamina tubuh meningkat dan berjangka rutin mengecek kadar SGPT dan SGOT hingga benar-benar aman.

Sudah pada  tahu 'kan kalau sari temulawak itu banyak manfaatnya terutama untuk organ hati. Ohya temulawak memang tidak langsung menyembuhkan penyakit hati tapi membantu memproteksi organ hati dengan membantu memperlambat atau bahkan menghentikan proses perkembangan penyakit hepatitis.



Rimpang temulawak bagi saya sih sudah tidak asing, sejak remaja saya sering mengkonsumsi temulawak bubuk, karena kalau bikin sendiri agak rempong. Hahaha. Kenapa kok minum temulawak? Karena dulu muka saya berjerawat sangat parah, berbagai salep, cream hingga ke dokter kulit saya tempuh. Tapi tetap jerawat demen banget nongol di muka saya. Kata dokter sih memang jenis kulit saya rentan jerawat karena hormon berlebih. Tapi memang sih, faktor keturunan juga. Dulu Ibu saya semasa gadis berjerawat begitupun dengan ketiga adik saya. 

Penyembuhan paling cepat dengan minum obat, penyembuhan dari dalam, Tapi saya tidak mau mengkonsumsi obat kimia secara terus menerus, akhirnya ada saudara menganjurkan untuk rutin minum sari temulawak. Bisa merebus sendiri atau beli yang bubuk.

Curcuma Zanthorizza adalah nama latin dari Temulawak, semenjak minum sari temulawak memang jerawat berkurang apalagi yang gede-gede karena memang temulawak mengandung zat anti inflamasi atau peradangan. 

Sobat Prima, belajar dari pengalaman teman saya yang terinfeksi Hepatitis A saya kembali berakrab ria dengan temulawak.  Tentunya untuk menjaga stamina serta mencegah kerusakan organ hati. Temulawak mengandung katagoga. Katagoga ini memproduksi empedu dalam hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Bahkan dalam uji klinis temulawak mengandung enzim yang berguna untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT dalam kadar 15-30 mg kurkumin.

Cara Menjaga Kesehatan Hati agar Tetap Prima

 


Nama sudah Prima, kalau body nggak Prima ya bikin saya little-little shy gaes. Lol. Terlebih saya seorang ibu yang multi fungsi ((panci kali)), yang dari subuh sudah nguplek-uplek kerjaan rumah dan dapur. Setelah jam setengah 8 beralih fungsi menjadi staf IT dan abdi masyarakat. Jam 4 pulang ke rumah dengan menempuh perjalanan satu jam. Jam 5 sore jadi baby sister dan momong duo anak lanang. Jam setengah sepuluh mereka tidur saya ngelonin laptop alias ngeblog. Lalu kapan istirahat?

Semua bisa diatur gaes. Apa gunanya ada pelajaran manajemen, kita harus pintar memanage segala hal termasuk pekerjaan dan membagi porsi waktu.

Selain pintar memanage waktu, kondisi tubuh yang selalu Prima lah kunci segalanya gaes. Pastinya makan sehat, banyak minum air putih, minum vitamin jika sedang sakit atau kurang fit dan mengkonsumsi minuman herbal yang memiliki manfaat bagi tubuh.

Keseharian saya lebih banyak di kantor, dari pukul setengah 8 hingga 4 sore. Aktivitas minum dan makan pun banyak di kantor. Tapi, soal konsumsi saya tidak perlu kawatir. Rekan-rekan saya sering membawa makanan dan terkadang di jam istirahat  masak di kantor.

Saya termasuk orang yang suka "praktis" jika ada yang cepat, aman, bermanfaat dan tidak ribet kenapa harus merepotkan diri. Di kantor saya dan beberapa teman menyediakan Herbadrink, dari yang sari jahe, kunyit asam, beras kencur dan temulawak. Maklum, di kantor saya termasuk junior jadi yang senior pasti sukanya minum yang sehat-sehat saja.


Kenapa Minum Herbadrink?


Cara Penyajian Herba Drink



Sobat Prima, sudah tahu 'kan alasan saya memilih Herbadrink Sari Temulawak menjadi minuman favorit. Disamping rasanya enak dan nggak berasa minum jamu yang penting bermanfaat bagi tubuh dan mudah penyajiannya. Bisa dicampur dengan air dingin ataupun hangat. Saat di kantor saya lebih suka membuat Herba Drink Sari Temulawak dengan air hangat, karena suhu di kantor begitu dingin karena pendingin udara. Saat jenuh atau istirahat saya rehat bentar dengan minum sari temulawak. 





Kesehatan itu segalanya gaes, saya sendiri selalu menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Sebagai ibu bekerja dan traveler saya harus cerdas dan memprepare segala hal dengan tepat. Herbadrink sebagai salah satu minuman herbal keluarga selalu tersedia di kantor dan tak lupa saya bawa saat traveling.




Sesudah minum sari temulawak rasanya traveling lebih tenang. Staycation di hotel nggak was-was dan pastinya menjaga hati agar tetap sehat. 

Okey Sobat Prima, sekian dulu cerita saya dan si temulawak, semoga bermanfaat. Jangan lupa jaga kesehatan hati kamu, tak hanya dari virus Hepatitis 'lho, tapi dari baper dan caper agar kesehatan hatimu maksimal.

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak













Comments

  1. Aku konsumsi ini sejak pernah divonis ada gangguan hati karena kecapekan, indikasinya sgot sgpt tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manda pernah juga kena ya, semoga selalu sehat dan penyakit nggak Dateng lagi ya.

      Delete
  2. Mbak prima nih multitasking banget deh. Selama ini aku bertanya2 dlm hati, rahasianya apa sih kok nampak seger trs. Ternyata ini toh rahasianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Merry,harus jaga kondisi badan dan hati biar bisa bekerja dengan baik.

      Delete
  3. Ikutan mbk prima ah, konsumsi herbadrink, biar hati terhindar dr penyakit,
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Inda, biar makin sehat dan yg penting alami.

      Delete
  4. Ulasannya lengkap banget mba. Jujur saya belum pernah nyoba minum ini, tapi setelah baca ini jadi penasaran deh buat ngejaga kesehatan tubuh ya.

    ReplyDelete
  5. wah..bagus ini ya mba. Dan herbal lagi.. Kandungan gula juga tidak terlalu tinggi kan ya mba. Semoga sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Indah, mau dikirimin nih ke US sana, ato barangkali disana juga sudah ada.

      Delete
  6. Aku paling suka banget mak 'doping' stamina dengan bahan alami gini. Apalagi untuk menyembuhkan jerawat bisa, mesti dibeliiii!
    herbadrink ini membantu banget dah mak bagi aku yang kesulitan cari temulawak :(

    ReplyDelete
  7. Temulawak ini khasiatnya emang jempol ya mbak. Keluargaku udah lama mengkonsumsinya. Dan makin dimudahkan dg adanya herba drink sari temulawak ini. Praktis, tinggal seduh.

    ReplyDelete
  8. ngomongin temulawak jadi inget sama jamu jaman baheula.
    yang alami memang bagus ya mbak.
    jadi pengen beli juga nih :D

    ReplyDelete
  9. Ini minuman sehat banget ya mbak. Aku pribadi belom pernah coba, hmm kebayang rasanya pasti nano-nano haha. Tapi demi kesehatan, siap aja coba dah! :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
  10. Rasanya enak dn segeer ya mbak.

    ReplyDelete
  11. gagal pokus sama judulnya nih mbak, sekilas jadi inget lagu yovie n nuno. hi hi hi

    terima kasih infonya mbak, jadi pengen cobain buat ngatasin jerawat nih :)

    ReplyDelete
  12. Mak Prim makin kece aja infografisnya suka, cetar deh. Sukses y Mak. Temulawak memang turun temurun banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  13. Enak ya kalau ada yang sudah bentuk kemasan gini, jadi tinggal masukkin tas dan bikin aja. Ga perlu ribet cari mbok-mbok yg jualan. Makasi infonya, Mak Ma. Infografis nya catchy :)

    ReplyDelete
  14. wah iya ya mbak
    traveler rawa nih sama hep A
    dan bener mbak konsumsi temulawak bagus buat daya tahan si hati :)

    ReplyDelete
  15. Aku juga minummm mak :)
    tp kapaan2 kalo selo pangen nyoba bikin sendiri juga sih hihii

    ReplyDelete
  16. Temulawak banyak khasiatnya, ya. Tapi betul banget kalau perlu Jagalah Hati, secara banyak makan di banyak tempat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)