Kiat Sukses Membuka Usaha Kue Kering



Tak dapat dipungkiri bahwa usaha kue kering merupakan usaha rumahan ibu rumah tangga yang banyak menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan banyak ibu rumah tangga yang memang memiliki hobi untuk membuat kue kering dan juga target pasarnya pun luas. Toh semua orang senang makan kue. Apalagi jika menjelang hari raya, kue kering semakin laris karena menjadi pilihan sebagai suguhan di ruang tamu.

Dalam merintis usaha, tentu saja dibutuhkan niat yang kuat dan semangat untuk menjalankannya. Dengan demikian Anda bisa terus mengembangkan usaha ini agar semakin besar. Nah agar tak bingung, berikut ini akan disajikan kiat-kiat jitu untuk sukses dalam membangun dan mengembangkan bisnis kue kering.

Siklus Umur Produk
Segala macam produk tentu memiliki siklus umur, hal ini berlaku juga untuk kue kering. Makanan tentu memiliki masa kedaluarsa, jadi ini adalah sikluk umur produk Anda. Oleh karena itu buat strategi agar produk Anda habis terjual sebelum masa kedaluarsa tiba. Demi memudahkan mengetahui masa kedaluarsa, cantumkan tanggal tersebut pada kemasan produk. Dengan demikian memudahkan pembeli memperoleh informasi tersebut dan memudahkan Anda menyingkirkan kue kering yang sudah tak layak konsumsi bila ternyata belum terjual.

Tentukan Jenis Kue Kering
Jenis kue kering ada beraneka ragam, oleh karena itu tentukan jenis apa saja yang akan diproduksi. Hal ini dapat ditentukan dengan membuat analisa pasar terlebih dahulu mengenai kue kering apa yang paling diminati, dan tentu saja disesuaikan dengan keahlian Anda dalam membuat kue kering. Jika memang yang paling disukai di luar keahlian, tak ada salahnya juga untuk mengasah keahlian Anda dalam menerapkan resep kue kering. Tetapi lebih baik utamakan membuat kue kering dengan rasa yang paling enak yang merupakan keahlian Anda.

Produksi Kue Kering Khusus
Hal lain yang bisa diterapkan adalah membuat keunikan pada kue yang diproduksi. Sehingga dapat meraih pasar yang belum digarap. Misalnya tidak menggunakan bahan baku telur, susu, mentega atau keju hewani demi menyediakan kue kering khusus untuk vegan. Bisa juga membuat kue kering dengan kandungan yang rendah gula untuk penderita diabetes.


Tampilan Kue Kering
Kendati kue kering nantinya akan dimakan, tetap saja tampilan yang menarik tetap harus dipertimbangkan demi menggugah selera. Demikian juga ukuran kue kering yang akan dibuat. Sesuaikan juga dengan selera pasar, apakah lebih menyukai kue kering berukuran kecil yang dapat langsung dimasukkan mulut secara utuh atau kue kering berukuran besar. Buat juga bentuk-bentuk yang menarik, misalnya kue nastar keranjang atau bentuk-bentuk hewan dan bunga. Tampilan kemasan dari kue kering pun perlu dibuat menarik agar cantik saat dipromosikan.

Rasa
Ini adalah hal terpenting dalam bisnis makanan, yaitu rasa. Karena secantik apa pun bentuk kue, jika pelanggan sudah tahu rasanya dan ternyata tidak enak, tentu mereka akan enggan untuk membeli kembali. Sesuaikan rasa dengan selera konsumen. Jangan terlalu manis misalnya.

Percaya Diri
Dalam membangun bisnis apa pun, tentu Anda harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Apalagi jika produk yang dijual bermutu tinggi dan layak jual.

Toko Online
Salah satu channel distribusi yang dapat dilakukan sendiri adalah dengan membuat toko online. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka akun di layanan e-commerce atau pun dengan cara promosi di media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.


Demikianlah beberapa kiat sukses dalam merintis usaharumahan yang menjanjikan. Semoga Anda berhasil ya!

Comments

Popular Post

About Me