3 Aplikasi Agar Tidur Kamu Nyenyak dan Berkualitas



Tidur menjadi salah satu kebutuhan utama, karena tanpa tidur tubuh akan merasa kelelahan dan bisa berakibat buruk pada kesehatan. Kamu pernah merasa badan pegal, lemes atau malah seluruh tubuh merasa tidak nyaman setelah bangun tidur. Padahal ketika kita bangun tidur badan lebih fresh dan bugar. Itu artinya tidur kalian tidak berkualitas. 

Sobat Prima, todir merupakan kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan serta memulihkan stamina. Seluruh sel akan diperbaharui ketika kita tidur. Semakin baik kualitas kita tidur, dampak positif akan terasa ketika bangun keesokan harinya. Perasaan tenang, fresh, bersemangat dan pastinya tidak merasa mengantuk lagi.

Kualitas tidur yang buruk berefek buruk juga ke tubuh. Lelah, lesu, mata panda atau ada lingkar hitam di sekitar mata, kelopak mata bengkak, sakit kepala, sulit berkonsentrasi dan mata perih akan membuat aktivitas sepanjang hari tidak optimal.

Lalu bagaimana caranya membuat tidur kita lebih lelap, terjadwal dengan baik dan pastinya berkualitas?


  • Hindari kafein dan minuman beralkohol

Kafein menstimulasi tubuh untuk terus terjaga sepanjang malam. Hindari konsumsi jenis minuman ini 4 sampai 6 jam sebelum waktu tidur. Contohnya seperti kopi, teh dan cocoa. Sedangkan alkohol akan cepat membuat ngantuk, namun beberapa jam kemudian menstimulasi tubuh untuk bangun dan mengacaukan kualitas tidur.

  • Ciptakan ruang kamar yang nyaman

Ruang kamar yang nyaman, bersih, rapi dan tidak berisik mampu membantu untuk dapat tertidur pulas dan meningkatkan kualitas tidur. Matikan televisi dan lampu saat tidur, ini juga akan membantuk memperbaiki kualitas tidur.

  • Jaga dan pelihara “Internal Clock System” tubuh

Setiap orang memiliki waktu tertentu kapan ia harus tidur dan kapan ia harus bangun, ini disebut “internal clock system”. Pengaturan jam tidur harian akan membantu kita mengetahui durasi tidur apakah cukup atau kurang sehingga mempengaruhi kualitas tidur.
  • Konsumsi cairan yang seimbang sebelum tidur
Minum sebelum tidur mampu membantu hidrasi tubuh selama tertidur. Minumlah dengan jumlah normal. Minum dengan jumlah yang berlebihan malah akan membuat rangsangan untuk mengeluarkan urin menjadi tinggi sehingga harus terbangun dari tidur dan tidurpun terganggu.
Selain itu kalian juga bisa terbantu dengan adanya aplikasi di smartphone. Yes, era digital akan membuat kita lebih mudah termasuk urusan tidur pemirsah.
Mau tahu aplikasi apa saja ya yang bisa kamu unduh di smartphone Android atau iOs kamu, check this out yaa

1.  TWILIGHT



Ini bukan judul fim yang dibintangi oleh Robert Pattinson dan Kristen Stewart, melainkan aplikasi pengelola tidur. Aplikasi Twilight akan membantu pengguna smartphone untuk dapat tidur nyenyak sepanjang malam. Aplikasi ini diperuntukkan bagi kamu yang suka membaca memalui tablet atau beraktivitas dengan smartphone dimalam hari dan membuat kamu selalu terjaga.


Sinar biru dari smartphone akan membuat penggunanya merasa saat itu belum malam, karena sinar biru mengirim sinyal ke otak jika waktu belum malam. Twilight akan mengubah warna layar menjadi merah dan mengurangi cahaya biru yang membuat kamu terjaga. Selain itu Twilight akan mengurangi kekuatan sinyal yang bisa mengganggu tidur kamu.
Aplikasi ini gratis lho alias tidak berbayar, cocok untuk kamu yang sepanjang malam masih berjibaku dengan smartphone, Atau untuk smartphone si kecil, agar dia segera tidur setelah bermain dengan gadgetnya.

2. SLEEP CYCLE


Sesudah kamu memasang aplikasi Sleep Cycle, letakkan smartphone di bawah bantal ketika kamu tidur. Aplikasi ini mempunyai sensor gerak dan akan mendeteksi pergerakan selama kamu tidur dan semua data akan terekam dan teranalisa.
Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika kamu tidur otomatis terekam dan dari hasil analisa akan digunakan unSleep Cylcle menghilankan potensi kepeningan karena tidur yang tidak berkualitas Cara kerja Sleep Cycle adalah dengan merekam gerakan-gerakan yang Anda lakukan kala tidur. Gtuk mengukur tingkat kelelapan tidur kamu. Jika kamu bergerak terlalu banyak aplikasi ini akan memberi peringatan.

Dari seluruh data, kebiasaan dan analisa kamu akan mendapatkan pola tidur yang sesuai agar tidurmu semakin berkualitas. Ohya,backsound aplikasi ini bermacam-macam dan bikin kamu rileks serta lekas ingin tidur. Jadi segeralah pasang, tapi aplikasi ini berbayar ya.

3.  SLEEP BETTER


Aplikasi Sleep Better hampir mirip dengan aplikasi sebelumnya. Sleep Better akan mencatat siklus pengguna dan beberapa kebiasaan yang kamu lakukan sebelum tidur, semisal apakah kamu menkonsumsi kafein atau alkohol yang akan berpengaruh terhadap tidur kamu.
Aplikasi ini akan mengukur bagaimana aktivitas sehari-hari terhadap kualitas tidur. Dilengkapi dengan fitur smart alarm, getaran khusus, Saat kamu terbangun, aplikasi akan bertanya mimpi apasajakah semalam dan bagaimana perasaan setelah bangun tidur, berapa lama kamu tidur, seberapa nyenyak dan efisien.Data akan digunakan untuk membentuk pola tidur dan mendukung kebugaran pengguna.
***
Sobat Prima, tidur bukan sekedar memejamkan mata dan mengistirahatkan seluruh organ tubuh, tapi bagaimana kita menciptakan tidur yang benar-benar berkualitas agar kita siap menghadapi kenyataan esok hari.

Comments

  1. Baru tau ada aplikasi beginian... Aku termasuk orang yang gak bisa tidur di bawa jam 12 malam. Bawaannya belum ngantuk. Thanks infonya Mbak Prima :)

    ReplyDelete
  2. Wah berguna banget neh, aku mau coba yang twilight itu biar Duo Ai ga begadang mulu tiap hari :D Makasih yo Mbak.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu nih Aplikasinya, Sangat Bermanfaat nih ...
    Siap Download ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)