End of Black Era - Ternyata Sineas Indonesia Bisa Bikin Film Fiksi Fantasi Keren

Apa yang bisa kamu harapkan dari film pendek apalagi berdurasi hanya dua belas menit? Sepertinya nothing ya gaes, kecuali film pend...

Friday, 10 March 2017

Selamat Hari Musik Nasional, Semoga Makin Jaya Industri Musik Indonesia



Hari ini para musisi, penyanyi dan pecinta musik sedang merayakan hari mereka. Pastinya para musisi dan penyanyi merasa lega, setelah Hari Musik Nasional ditetapkan secara resmi sejak tahun 2012 di masa pemerintahan SBY melalui Keppres No 10 Tahun 2013. Akhirnya perayaan yang sebenarnya baru terealisasi sekarang, di era Bapak Jokowi yang memang sejak awal pencalonan dan kampanye terlihat beliau menyukai dan peduli akan musik Indonesia.

Saya sendiri ngeh dan tahu akan adanya Hari Musik Nasional tadi siang. "Oh, ternyata ada hari musik tho" batin saya. Ya baguslah, mungkin dengan adanya peringatan khusus membuat para musisi juga bahagia, karena ternyata mereka punya "hari. 

Jika buruh memiliki hari buruh, hari guru juga ada, tak adil lah jika pemusik tidak punya hari istimewa bagi mereka. Bagaimanapun musik memiliki andil penting dalam kehidupan setiap orang. Bener nggak? Yakin 'lo ngga suka musik?

Kenapa Hari Musik di Peringati pada Tanggal 9 Maret?



Kalian pasti tahu donk sama Wage Rudolf Supratman, beliaulah pencipta lagu Indonesia Raya lagu kebangsaan kita. 9 Maret dipilih sebagai Hari Musik Nasional karena pada hari itulah sangat komponis besar Indonesia WR Supratman lahir. Tepatnya beliau lahir pada 9 Maret 1903 di Purworejo Jawa Tengah. Tentang sosok WR Supratman dan sejarahnya kalian bisa baca di Wikipedia ya gaes.

WR Supratman merupakan keturunan tentara Belanda yang menikah dengan perempuan pribumi, tapi akhirnya WR Supratman lebih cinta pada Indonesia dan puncak pencapaiannya beliau menciptakan lagu Indonesia Raya pada usia 21 tahun. Wow, diusia yang masih sangat muda beliau telah berkarya bagi negeri ini. Di usia segitu kalian lagi ngapain gaes? Rajin ngemall atau malah sibuk pacaran.

Penetapan Hari Musik Nasional telah melalui serangkaian proses yang cukup panjang. Usulan pertama kali pada masa pemerintahan BJ Habibie, pencanangan pada era Megawati dan ditetapkan secara resmi melalui Kepres pada masa presiden SBY.

Perayaan Hari Musik Nasional di Istana Negara

sumber gambar Bintang.com


Nah, satu hal lagi selain kerja keras dari Pakde Jokowi adalah beliau berkenan merayakan hari Musik Nasional bersama ratusan musisi dan penyanyi tanah air. Artis papan atas macam Raisa, Harvey Malaiholo, Vina Panduwinata, Dwiki Darmawan dan Ketua Umum PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi , Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia) Tantowi Yahya juga hadir.

Selain perayaan bersama Bapak Presiden, kegiatan dalam perayaan Hari Musik Nasional yaitu akan diadakan Musyawarah Nasional PAPPRI yang ke-7 pada tanggal 9 dan 10 Maret 2017. 250 an artis musisi hadir di acara tersebut. Dan, kalau ngga unik namanya bukan pakde Jokowi, beliau mengadakan kuis dan salah satunya mbak Raisa juga dapet hadiah sepeda. Ih senengnya ya, bisa bertemu langsung dengan pak Jokowi n dapet hadiah lagi. Selamat ya mbak Raisa.

Sebagai pecinta musik, saya juga turut berbahagia dengan adanya perayaan hari musik ini. Setidaknya pemerintah menunjukkan kepeduliaannya terhadap musik dan insan penggiat musik. Yang selama ini kurang diperhatikan dan kadang dipandang sebelah mata. Saya sendiri sangat menyukai musik dan berharap salah satu dari anak lanang kelak menjadi musisi hebat.


Kenapa Hari Musik Mesti Ada?




Menurut saya sih sangat penting. Dengan adanya hari musik nasional ataupun international merupakan suatu bentuk penghargaan khusus bagi musisi dan karya mereka. Makna dan tujuan penetapan  hari musik nasional untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi penggiat musik  Indonesia, serta meningkatkan prestasi pada tingkat nasional, regional dan internasional. Oleh sebab itu di detiap peringatan Hari Musik Nasional ada penghargaan bagi insan musik Indonesi baik yang masih hidup atau sudah wafat.

Menurut Keppres Nomor 10 Tahun 2013, Musik sendiri merupakan ekspresi budaya universal yang merepresentasikan nilai luhur dan kemanusiaan yang memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan nasional. Diharapkan dalam peringatan Hari Musik Nasional ini, masyarakat Indonesia akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musisi Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.


Lalu apa harapan saya dengan adanya Hari Musik Nasional?


Pertama saya ingin lagu daerah kembali digaungkan, sering-seringlah diputar di stasiun tv atau radio agar anak-anak kita mencintai lagu daerah. Kedua, makin banyak lagu anak yang bermutu, sayang kan anak TK nyanyinya lagu cinta-cintaan. Ketiga diperbanyaklah guru musik di sekolah sekolah, agar siswa bisa belajar musik tanpa biaya mahal. Fasilitas alat musik juga dilengkapi agar siswa bisa langsung berlatih. Jaman saya SD sampai SMA pelajararan musik paling cuma nyanyi. Keempat, lagulagu nasional sering diputer donk biar pada makin cinta tanah air. Kelima nih harapan sama artes artes, tunjukkan kalian musisi hebat tak hanya di musik tapi juga punya attitude dan bisa jadi panutan masyarakat, tak hanya gosip dan kemewahan yang diumbar.


Semoga makin jaya industri musik Indonesia, dan musik mempersatukan bangsa.

12 comments:

  1. Aku baru tahu ada hari musik nasional. ^_^

    ReplyDelete
  2. Seruu ada hari musik yaa, pengen berkunjung ke museum musik Lokananta deeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga belum pernah ke situ mbak, masukin ke wishlist ah.

      Delete
  3. musik bikin hidup jadi lebih hidup, selamat hari musik nasional mbak, mau terus industri musik indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Mbak, Ev. Musik bikin semangat.

      Delete
  4. Music is my soul.. ga kebayang hampanya hidup ini tanpa musik.. eaaa

    ReplyDelete
  5. Raisa dapet sepeda dari pak Jokowi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Neng Raisa suka bangeet tuh dapet sepeda.

      Delete
  6. Semoga di hari musik nasional, pembajakan juga kian berkurang yaa. Kita sendiri kadang secara nggak sengaja juga melakukan pembajakan itu dengan download lagu gratisan. Sekarang aku udah mulai mengurangi nih. Mendingan dengerin langsung dari aplikasi musik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak Dewi, kudu mulai dari diri sendiri ya. Sepakat, jangan download gratisan, kasihan yg punya hak intelektual.

      Delete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)