Membuat Jembatan dengan Balok Castella Menggunakan Besi WF




jual besi wf
sumber gambar wiryanto.net

Hai hallo, kali ini saya mau share artikel tentang  bangunan, khususnya bagi kamu yang berencana membangun jembatan. Semoga bermanfaat.

Besi WF adalah salah satu jenis besi yang memiliki daya tahan kuat dan kokoh. Harga jual besi wf memang cukup mahal, sehingga perlu diaplikasikan dengan seefektif mungkin. Dalam pengaplikasiannya, besi wf dapat digunakan untuk berbagai pondasi kerangka bangunan. Namun besi wf juga dapat di kreasikan menjadi castella beam.

Castelah Beam atau Blok castella adalah aplikasi balok bentukan dari profil H beam atau I - beam atau dengan nama lain wide flange beam yang dimodifikasi bagian web nya menjadi lebih tinggi 1/2 kali bentuk aslinya. Dalam pembuatan Castella Beam juga perlu berhati - hati dalam pembuatanya, jangan sampai ada bagian yang salah baik pemotongan atau semacamnya, mengingat harga jual besi wf yang mahal. 

Besi WF dengan profil H yang berukuran 200 x 400 x 13 dapat menjadi blok castella dengan ukuran 200 x 600, berikut langkah - langkahnya.

Berikut Langkah Membuat Balok Castella Dengan Besi WF
1. Langkah awal, buatlah sebuah garis patron dengan bentuk castella atau trapesium tanpa alas paga bagian web profil (sisi 400). Cara ini untuk membuat sketsa awal.
2. Selanjutnya, gunakan oxygen + acetylene dan cutting torch untuk memotong web profil sesuai dengan sketsa atau garis pola yang telah dibuat sebelumnya. Dalam proses pemotongan, usahakan saat memotong profil web pas atau selurus mungkin. Agar mendapatkan ukuran yang sesuai.
3. Setelah di potong menjadi 2. Maka pisahkan potongan tersebut. Kemudian sambung kembali sisi - sisi horizontal pada 2 bagian tersebut. Balik dan sesuaikan ujung - ujung potongan. Usahakan simetris agar ukuran dan panjang beam sama dengan aslinya. Gunakan las untuk menyambung kedua sisi tersebut.

Berikut gambar ilustrasinya:



Blok castella biasa digunakan untuk konstruksi bentang panjang, yaitu rangka konstruksi yang memiliki panjang lebih dari 8 meter. Agar kuat sebagai penompang maka dibutuhkan 2 profil baja yang memiliki ketahanan baik dan disatukan menadi satu. Panggunaan besi wf menjadi blok castella merupakan salah satu alternatif yang sangat baik. Harga jual besi wf memang mahal, namun ketahanan dan kekuatannya tidak perlu diragukan lagi.

1 comment:

  1. Cocok buat arsitek, tp susah juga ya bikinnya ��

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Sunyi diantara Kerlip Lampu

Ku putar lagu untuk memecah kesunyian. Alunan instrumen piano dan flute membuat angan ku melayang. Harmoni antara denting piano ...