Membuat Rumah Minimalis Dengan Harga Murah





Memiliki rumah yang aman dan nyaman untuk ditempati merupakan impian setiap keluarga. Namun tentu saja untuk memilikinya bukan perkara yang gampang bagi sebagian orang. Apalagi harga rumah semakin kesini semakin mahal saja. Maka alternatif yang dapat dilakukan adalah membuat rumah minimalis dengan harga yang murah. Kesampingkan dahulu keinginan anda untuk memiliki rumah yang mewah dengan harga ratusan juta bahkan miliaran. Karena tidak semua orang akan beruntung untuk memilikinya. 

Nah jika anda memiliki lahan yang terbatas dan juga budget yang pas-pasan sebaiknya membuat rumah minimalis dengan harga yang murah agar tidak tekor nantinya. Muncul pertnyaan mungkin dibenak anda, apakah bisa membangun rumah dengan harga yang murah dan terjangkau kalangan menengah ke bawah? 

Tentu saja bisa.  

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat rumah minimalis dengan harga yang murah :



  • Desain terlebih dahulu rumah yang akan anda bangun. Desain rumah minimalis dengan budget murah yang dapat di bangun ialah tipe 6 x 6 m (tipe 36) atau 7 x 5 (tipe 35) satu lantai. Karena jika anda mendesain rumah dengan tipe 50 kosnya akan mahal.
  • Membeli bahan bangunan. Bahan bangunan merupakan biaya yang paling besar ketika membangun rumah. Maka dalam hal ini anda harus pintar-pintar memilih bahan bangunan yang relatif lebih murah tapi tetap berkualitas. Perhitungkan juga volumenya secara tepat agar tidak terjadi over budget.
  • Upah tukang bangunan dan juga kuli. Perhitungkan secara cermat waktu pengerjaan dengan memilih para tukang bangunan dan kuli yang murah tapi profesional.

Setelah itu, berapa kira-kira budget yang harus disipakan untuk membuat rumah minimalis dengan harga murah tipe 36 atau 35 ? 

Untuk membuat rumah minimalis dengan harga murah tipe 36 atau 35, anda cukup menyiapkan budget 60-100 juta rupiah. Uang tersebut digunakan untuk membangun pondasi, pembangunan dinding, membeli tanah urugan, pembangunan lantai, pembelian kusen, pembelian material atap, pembelian material kamar mandi, pembelian alat-alat listrik dan upah tukang serta kuli.

Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan secara baik dalam membuat rumah minimalis dengan harga murah, agar anggaran yang sudah tersedia dapat dialokasikan dengan baik. Dengan demikian impian anda untuk memiliki rumah yang nyaman dan aman untuk ditempati bersama keluarga dapat segera terwujud.

Comments