End of Black Era - Ternyata Sineas Indonesia Bisa Bikin Film Fiksi Fantasi Keren

Apa yang bisa kamu harapkan dari film pendek apalagi berdurasi hanya dua belas menit? Sepertinya nothing ya gaes, kecuali film pend...

Monday, 5 December 2016

Informasi Seputar Bor Listrik dan Jenis-jenis Mata Bor





Penggunaan listrik di seluruh aspek kehidupan kini semakin mempermudah kerja di berbagai bidang. Sumber tenaga yang dulunya manual, kini dapat digantikan dengan listrik sehingga lebih cepat, kuat dan rapi. Salah satu alat kerja yang kini sudah menggunakan tenaga listrik adalah bor listrik yang banyak digunakan oleh para tukang kayu maupun logam, tukang instalasi listrik maupun kerajinan tangan. Karena banyaknya pengguna, maka banyak pula sekarang ini yang memproduksi bor tenaga listrik ini dengan berbagai tambahan fungsi dan bentuk-bentuk yang berbeda.

Harga bor tenaga listrik di pasaran saat ini berkisar dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Banyak konsumen yang lebih memilih bor dengan harga rendah namun kurang menyadari bahwa bor dengan harga rendah biasanya cepat rusak dan membutuhkan daya yang lebih besar pada penggunaannya sehingga lebih boros listrik. Hal-hal tersebut justru sangat merugikan di penggunaan jangka panjangnya daripada membeli di awal dengan harga lebih mahal namun mendapat bor yang lebih berkualitas.

Kelebihan bor listrik dalam bidang pertukangan antara lain:

  1. Motor listrik yang digunakan dalam bor bersifat universal karena dapat digunakan pada arus AC maupun DC. Motor ini mempunyai torsi awal yang besar sehingga cocok digunakan untuk pertukangan.
  2. Bentuknya lebih kecil dan ramping sehingga nyaman saat digenggam
  3. Umumnya dibuat ringan agar tidak menambah beban tukang saat membawanya

Bor model ini juga membutuhkan perawatan berkala terutama di bagian angker atau motornya. Permasalahan yang sering terjadi adalah terbakarnya gulungan kawat dan leamelnya aus karena sering tergesek sikat-sikat arangnya. Arang juga perlu dicek agar tidak habis sehingga dapat merusak lamel. Belilah arang bor sesuai dengan merk dan jenis bor agar pas dan mudah dipasang. Angker biasanya lebih banyak dijual dipasaran sebagai spare part bor yang sering diganti. Harga angker berkisar antara 25% - 50% dari harga bor baru. Jika angker yang sesuai tidak ada dipasaran sehingga harus memakai angker merk atau jenis lain, biasanya bor akan mengalami penurunan kualitas seperti bergetar ataupun penurunan tenaga saat mengebor.

Bor tidak dapat digunakan tanpa mata bor. Mata bor digunakan agar lubang lebih presisi dan rapi. Mata bor dapat digunakan untuk kayu, plastik maupun logam. Beberapa macam mata bor yang banyak digunakan oleh tukang adalah:

  • Twist Bits
Mata bor ini adalah mata bor yang paling banyak digunakan karena bersifat universal. Dapat digunakan untuk bor tangan maupun bor duduk baik secara horisontal maupun vertikal. Tersedia dalam ukuran diameter 4 – 12mm. Mata borinidapatmengeborkayu, plastikmaupun logam.

  • Masory Bits
Sebagai mata bor yang digunakan untuk tembok, beton atau batu. Tersedia ukuran diameter 4 – 15mm dengan panjang mata bor 300 – 400mm.

  • Spur Bits
Mata bor kayu dengan bagian tengah yang runcing di ujungnya yang berfungsi menjaga bor tetap lurus sehingga lubang yang dihasilkan tetap presisi. Ukuran yang tersedia adalah 6 – 15mm

  • Countersink Bits
Bersudut 90° di ujungmatabornyadanberfungsiuntuk membuat lubang 45° di permukaan kayu. Biasanya dipakai saat akan membuat lubang untuk kepala sekrup.

Itulah beberapa pengetahuan mengenai bor listrik dan mata bor yang diharapkan dapat bermanfaat saat kita membutuhkan lubang pada kayu, logam maupun plastik dimana lubang tersebut diharapkan nampak rapi dan presisi sesuai ukuran yang kita inginkan.

1 comment:

  1. Perlu punya juga nich bor listrik, apalagi semakin banyak tembok perumahan bukan pakai bata, jadi mau pasang paku, keras banget.

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)