End of Black Era - Ternyata Sineas Indonesia Bisa Bikin Film Fiksi Fantasi Keren

Apa yang bisa kamu harapkan dari film pendek apalagi berdurasi hanya dua belas menit? Sepertinya nothing ya gaes, kecuali film pend...

Thursday, 8 December 2016

Boleh Nggak Sih Hamil Lagi Ketika Masih Menyusui?



Tiga setengah tahun lalu saya merasa terkejut karena datang bulan yang tidak pernah terlambat kok sampai seminggu dari tanggalnya ngga dateng-dateng. Rasa takut dan was-was langsung menghinggapi saya. Usia Nathan yang baru 15 bulan membuat saya galau jika saya hamil lagi. Dia masih minum ASI dan sangat lengket sama saya. Ketajutan  kalau hamil dan saya bakal merasa "jauh" sama anak lanang benar-benar membuat saya desperate.

Seminggu kemudian saya memberanikan diri untuk tes kehamilan menggunakan test pack yang saya beli di apotik. Pagi-pagi benar saya celupkan alat tes pada urine pertama di pagi itu, kan hasil paling valid memang dari urine yang pertama kali sesudah bangun tidur.

Apa yang saya takutkan  terjadi gaes. Dua garis merah muncul di test pack kehamilan. POSITIF. Artinya Nathan bakal punya adek dan perut saya bakal mblendung lagi, punya batita ples bayi dan bagaimana kelanjutan ASI Nathan?

Hari-hari pertama mengetahui saya hamil membuat saya agak sedih, tak hanya mengawatirkan keadaan Nathan nantinya tapi saya takut memberi tahu mertua dan suami. Apalagi suami kerja diluar kota dan selama ini kami LDRan. Bagaimana yang momong?

Sebenarnya ketakutan saya berlebihan, suami malah senang saya hamil lagi begitupun mertua. Kehamilan berjalan lancar dan tidak separah saat hamil Nathan dulu. Hyperemesis melanda hingga berat badan turun 13 kg. Kehamilan kedua saya masih sering muntah tapi tidak sampai teler dan bed rest. 

Walaupun tidak sampai bed rest muntah berlebihan saat hamil anak kedua membuat berat badan turun dan berpengaruh ke ASI. Saya tidak doyan makan sampai berat turun 7 kg dan ASI saya keluar sedikit sekali. Dengan sangat terpaksa Nathan saya sapih dan lanjut minum sufor. Tapi lumayanlah, Nathan minum ASI tanpa sufor hingga 1,5 tahun dari pada tidak sama sekali kan.

Boleh nggak sih hamil lagi saat masih menyusui?

Saya saat hamil 5 bulan (langsingan yaa)

Apabila Mama hamil lagi dalam kondisi seperti saya, ada dua pilihan yang biasanya dipilih para Mama, yaitu menyapih si Kecil setelah positir hamil, namun ada pula yang melanjutkan memberikan ASI. Ada yang berpendapat bahwa menyusui saat hamil merupakan tindakan yang berbahaya. Ada juga yang berpedapat sebaliknya,menyusui selama kehamilan baik-baik saja, jika kehamilan Mama berjalan dengan baik, dan Mama dalam kondisi sehat. Kondisi ini dinamakan juga tandem menyusui. Pastikan saat tandem nutrisi, Mama mengonsumsi makanan sehat, sehingga Mama dan bayi mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

Pada awal kehamilan puting Mama mungkin terasa sakit ketika menyusui.  Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormonal. Menyusui saat hamil bisa membuat rahim berkontraksi. Pasalnya, pada saat menyusui hormon oksitosin tetap diproduksi. Hormon ini yang menyebabkan kontraksi di bagian payudara dan rahim Mama. Akan tetapi, kontraksi tersebut tidak berpengaaruh  secara signifikan bagi janin yang dikandung Mama. Namun, bila rahim terasa nyeri lebih baik Mama menghentikan kegiatan menyusui.

Ciri lainnya dari terjadinya kehamilan selama masa menyusui adalah kondisi payudara yang melunak dan terasa tidak nyaman. Biasanya rasa sakitnya akan mereda dengan sendirinya. Untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara, Mama bisa menggunakan krim payudara atau pelindung puting juga dapat menjadi mekanisme perlindungan yang baik dari rasa sakit saat hamil sambil menyusui.

Jawaban dari pertanyaan diatas, boleh donk, masak hamil dilarang. Asal ada suaminya yaa. LOL. Cuma, memang ada resiko yang harus diambil  ketika hamil sambil menyusui Mama dan para calon mama, hamil lagi saat masih menyusui boleh saja asal bisa menikmatinya dan mama harus tahu kekurangannya :

  • Stamina Mama yang menurun, 
  • Mudah lelah dan sering tidur karena energi yang terkuras. Untuk mengatasi rasa lelah berlebih ini, Mama perlu mengonsumsi lebih banyak makanan kaya protein sepanjang hari disertai dengan secara rutin melakukan olahraga ringan, banyak minum air dan menyempatkan untuk tidur siang. 
  • Perhatian kepada anak berkurang
  • Membutuhkan nutrisi yang lebih karena harus menyusui dan memenuhi asupan gizi pada calon bayi
  • Mudah stress
Tapi, itu semua ngga sebanding dengan kebahagiaan saat baby baru lahir moms. Rasa kecewa atau sedih saat tahu hamil hilang seketika ketika melihat bayi  lucu.  Begitupun kerepotan momong satu batita dan satu bayi. Repot sih tapi senang. Apalagi sekarang duo anak lanang mulai besar, kerepotan sedikit berkurang tapi makin pusing karena mereka sering berantem. Tapi saya juga makin sayang sama mereka, duo anak lanang harta tak ternilai bagi saya dan mas bojo.



Bunda, mama, calon bunda. Hamil lagi saat menyusui ataupun tidak adalah hal yang harus disyukuri dan wajib diterima. Nggak mungkin ditolak kan, udah kejadian soalnya. Hahaha. Tapi anak adalah anugrah dan pasti Tuhan memberikan anugrah karena memang ada alasannya.

32 comments:

  1. Namanya rezeki dariNya, siapa yang bisa menolak. Apalagi anak ya Mba, tetap semangat meskipun sempat galau menyusui apa tidak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Dwi, tetep alhamdulilah, kan karunia dari Tuhan

      Delete
  2. Benar mba anak adalah anugerah, kalau langsung dapat lagi, harus banyak bersyukur. Saya pas punya Dimas juga lagi menyusui Chantika mba hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama ya mbak Lis, ada temenna nih saya

      Delete
  3. Iya Mom...teman aku juga ada ..masih menyusui sudah hamil anak ke dua. Nah, sekarang pas udah lahir jadi dua-duanya masih ASI, itu produksinya banyak juga ya Mom. Tapi mungkin yg harus diwaspadai saat hamil tua kah mom? pengaruh ke kontraksi ngga yak? Baru kepikiran ...

    ReplyDelete
  4. Aku ngacung. Hehehe. Hamil lagi pas Akmal usia 19 bulan :D
    Galau juga karena masih nyusuin. Tapi masih lanjut hamil sambil nyusuin sampai bayinya lahir, terus malah tandem nyusuin sampai Akmal usia 31 bulan.

    ReplyDelete
  5. ada yang bilang nggak boleh ya, mba prima, katanya mempengaruhi produksi asi, tapi kalau dah telanjur hamil gimana? hehe, kan termasuk rezeki yang nggak boleh ditolak :D

    ReplyDelete
  6. Yang penting berada di bawah pengawasan dokter. :)

    ReplyDelete
  7. Wah, selamat, ya, Mbak? :D Jaga kesehatannya jangan lupa lho. :)

    ReplyDelete
  8. Jadi nggak papa ya, Mbak? Soalnya kata orang2 kalau menyusui pas hamil itu nggak boleh.

    ReplyDelete
  9. Tulisan yang sangat bermanfaat nih. Apalagi buat para ibu yang kesundulan dan galau masalah menyusui anak.

    ReplyDelete
  10. Jagoannya udah besar ya, Mbak? Cakep. :)

    ReplyDelete
  11. Senangnya mbak, bisa hamil lagi pas menyusui. Saya lagi promil dan berharap bisa segera isi. :)

    ReplyDelete
  12. santai aja mbak jangan ngebut....nikmati hidup seindah mungkin...
    namun jika di tanya Boleh Nggak Sih Hamil Lagi Ketika Masih Menyusui? saya rasa boleh boleh saja...selagi masih muda ekonomi mencukupi ,bapaknya masih sanggup....kenapa tidak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sanggup apa itu mas...sanggup cari duwit kah?

      Delete
  13. momong 1 bayi 1 balita itu repot senang dan bikin nagih...hahaha...

    ReplyDelete
  14. Yang penting kehamilan lancar..si kakak juga ttp sehat..

    ReplyDelete
  15. Pasti gak kabe ya, hehe.. aku juga pernah mengalami itu malah si sulung baru umur 3 bulan 😂

    ReplyDelete
  16. aku mba ya, anaknya pas masih asi dan usia 1,5 tahun hamil lagi dan lagi. sekarang lagi hamil anak ketiga, dimana dua lanangku juga masih krucil2 sangat

    ReplyDelete
  17. anaknya segede itu kok masih netek mbak....

    ReplyDelete
  18. wah unyu unyu putranya ^^
    katanya sih kalau lagi hamil, rasa asi akan berubah?
    entahlah, belum pernah mengalaminya

    ReplyDelete
  19. untung pas anak saya lulus asi baru hamil lg hehe tp pernah baca memang dibolehkan menyusui selama hamil asalkan tidak bermasalah dengan kandungan

    ReplyDelete
  20. Semua harus disyukuti ya Mbak,

    ReplyDelete
  21. enaknya sih usia anak gak terlalu jauh ya mbak, biar sekalian gitu capeknya >_<

    ReplyDelete
  22. hahaha ngakak, masa hamil tanpa suami, itu sih MBA namanya

    ReplyDelete
  23. Wah, smeoga lancar kehamilannya ya Mbk dan sehat sampai persalinan ya

    ReplyDelete
  24. Boro-boro mikirin hamil, nikah aja belom huehehe

    ReplyDelete
  25. Jarak yg cukup deket malah menjadikan anak kaya kembar ya Mba ��
    Sungguh ibu yg tangguh Bunda Prima ini

    ReplyDelete
  26. awwww dedeknya lucu bangettt mbakkk gemesss :3
    yang penting sehat2 terus mbak :)

    ReplyDelete
  27. Saya pernah dengar katanya kalau lagi menyusui justru bisa menunda kehamilan tuh mbak Prima? Jadi nggak benar ya? Artinya ibu yang sedang menyusuipun bisa hamil juga kan.. :)

    Mungkin awalnya mak jleb gitu ya mbak, yang penting support keluarga dan masih bisa membagi waktu antara anak pertama dan kehamilan kedua. Yang namanya rejeki disyukuri aja ya mbak :)

    Waktu mereka masih kecil mungkin rempong tapi kalau sudah besar pasti bahagia sekaliii :)

    ReplyDelete
  28. Lucuu sekalii liaat duo anak lanang. Kaya anak kembar mbaak. Tfs ilmunyaa mbak, jd lebih paham 😁😂

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)