Skip to main content

Ditraktir Nonton Raminten Cabaret Show, Ternyata Begini Rasanya!

Rintik hujan belum juga berhenti. Perlahan titik-titik hujan itu mulai berkurang volumenya. Warna langit  kelabu mulai menghilang. Jalanan Jogja mulai padat, maklum saja Jumat sore waktunya para perantau pulang ke kampung halaman dan para pekerja meninggalkan tempat mereka mendulang rupiah dan kembali ke rumah.
Rintik hujan tak mengurangi semangat saya tetap melajukan motor menuju kawasan yang paling ingin didatangi oleh wisatawan tetapi sangat dihindari oleh orang Jogja. Malioboro. Jika tidak terpaksa rasanya orang Jogja males ke sini 'kan?
Macet. Berjubel manusia. Tapi, bagi orang luar Jogja, Malioboro serasa magnet dengan kekuatan super kuat.
Sesampai di Malioboro hujan telah berhenti. Rupanya Tuhan tahu keinginan umatnya. Para wisatawan ingin menikmati Malioboro tentunya tanpa berbasah-basahan. Begitupun saya yang harus berjalan kaki dari Malioboro Mall menuju Mirota Batik. Dari ujung ke ujung ye kan.
Jumat yg lalu seorang teman, Mas Bagus dari Cepu sedang berulang tahun dan…

Traveling ke Museum-Museum di Bali


Bali tak bisa dilepaskan dari kota Denpasar. Ibukota provinsi Bali ini memang erat kaitannya dengan Pulau Dewata. Saat ke Bali menggunakan pesawat pasti kita landing di Denpasar airport baru kemudian jalan-jalan keliling Bali.

Wisatawan yang berkunjung ke Bali pasti ke pantai lagi pantai lagi padahal banyak obyek wisata di Bali selain pantai. Khususnya di kota Denpasar kamu bisa mengeksplore dari museum, pura hingga desa wisata.
Pokoknya kali ini saya nggak akan membahas wisata pantai ataupun wisata yang berbau air yaaa. 

Yuk langsung aja disimak barang kali bisa jadi referensi wisata kamu ke depannya nanti.

1.      Museum Bali Denpasar

Hasil gambar untuk museum bali denpasar
Museum Bali Denpasar, juga disebut dengan nama museum negeri propinsi Bali Denpasar, artinya museum ini dikelola oleh pemprov provinsi Bali. Museum Bali Denpasar, menyimpan banyak sekali pengetahuan yang menyangkut peradaban manusia dari zaman ke zaman, khususnya pada masyarakat Bali. 

Ide awal untuk mendirikan museum negeri propinsi Bali Denpasar, datang dari seorang yang bernama W.F.J Kroon. W.F.J Kroon adalah orang asing yang menjabat sebagai seorang asisten residen Bali selatan dari tahun 1909-1913.

Awalnya di mulai pada tahun 1910, dari pembangunan gedung Arca. Ada 3 orang yang menjadi arsitek dari pembangunan gedung Arca, yaitu:
·         I Gusti Gede Ketut Kandel
·         I Gusti ketut Rai
·         Curt Grundler (warga negara Jerman)

Lalu apa bedanya museum Bali Denpasar dengan museum Bali yang lain?

 Hasil gambar untuk museum bali denpasar


Museum Bali Denpasar termasuk kategori museum etnografi, anda harus memiliki minat akan sejarah atau menyukai melihat banguan arsitektur khas Bali, jika minat ini tidak ada, akan susah untuk merasakan manfaatnya.

Koleksi museum terdiri dari koleksi etnografika seperti peralatan yang digunakan saat zaman pra sejarah, peralatan upacara keagamaan dan adat, perkembangan seni dan budaya masyarakat Bali, dari jaman ke jaman. Tentunya dengan anda melihat koleksi museum anda akan dapat membandingkan, bentuk dari peradaban masyarakat Bali jaman prasejarah dan zaman modern.

Selain belajar sejarah peradaban manusia Bali jaman purba pengunjung juga bisa menggunakan museum ini untuk foro prewedding.

Lokasi Musium Bali Denpasar
Museum Bali terletak di pusat kota Denpasar, berada di jalan Mayor Wisnu Denpasar Bali 80232. 

2.       Museum Lukisan Sidik Jari

Museum Sidik Jari Denpasar
sumber gambar :rentalmobilbali.net

     Mendengar namanya pasti kalian merasa agak aneh, kok lukisan dari sidik jari ya. Tapi memang di museum ini menyimpan lukisan yang digambar dengan teknik menempelkan jemari yang penuh cat ke kanvas.

Tehnik melukis dengan sidik jari sebenarnya ditemukan I Ngurah Gede Pemecutan secara tidak sengaja. Sebuah kegagalan yang berhasil. I Ngurah Gede Pemecutan berkisah awalnya inspirasi itu muncul saat ia mengerjakan lukisan tari baris, tepatnya pada 9 April 1967. Lukisan yang tak kunjung selesai membuatnya kesal. Ia pun berusaha merusak lukisan itu dengan menempelkan jemari yang penuh cat ke permukaan kanvas. Setelah beberapa waktu ditinggalkan, I Ngurah Gede Pemecutan merenungi lukisan tersebut dan muncul inspirasi untuk membuat lukisan menggunakan jari telunjuk.


Gede Ngurah Rai Pemecutan
sumber gambar : rentalmobilbali.net
     
    
Tujuan dari bapak Gede Ngurah Rai Pemecutan untuk membangun museum Sidik Jari Denpasar,     sebagai tempat untuk memajang aneka koleksi lukisan hasi karyanya, serta memajang puisi hasil karyanya yang ditulis diatas batu.

Di museum Sidik Jari Denpasar, pengunjung tidak hanya dapat melihat lukisan dan puisi saja, melainkan pengunjung yang ingin mendalami budaya Bali terutama seni tari Bali dapat belajar disini. Di museum ini diadakan kursus seni tari Bali, kursus melukis, kursus seni musik Bali dengan pengajar profesional.

Sobat Prima, mengenal Bali tak hanya lewat pantainya, kita juga bisa mengenali Bali lewat budaya melalui museum- museum yang banyak tersebar di Bali. Selamat berlibur.

Comments

  1. Lukisan sidik jari unik banget y mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, nggak ngebayangin ngelukis pake jari gitu

      Delete
  2. Sudah lama banget nggak ke Bali niiih, :D

    ReplyDelete
  3. ternyata wisatanya macem2 ya... Saya taunya cuma pantai, bedugul dll :D

    ReplyDelete
  4. Pengen ke Bali juga neh, semakin mupeng baca tulisan ini neh

    ReplyDelete
  5. Bener banget, Mbak. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Bali itu seringnya datang ke pantai, padahal kalau dilihat-lihat di Bali juga banyak museum sejarah dan karya seni yang cantik-cantik. Tapi aku belum pernah ke Bali, sih, tau dari baca-baca aja.. ^^

    ReplyDelete
  6. Justru dibanding pantainya, saya seneng ke Bali karena liat pura-pura dan bangunannya yang artsy. Wishlist nih kalau ke Bali mampir kedua Museum di atas. :D

    ReplyDelete
  7. Banyak museum yang unik ya mbaaa.. kalau ke Bali memang pilihan tempat yang mau dikunjungi banyak bangeet

    ReplyDelete
  8. Saya suka traveling ke suatu tempat mengunjungi museumnya. Entah kenapa selalu ada daya tarik tersendiri. Ini bisa jadi referensi nih kalau ke Bali.

    ReplyDelete
  9. Karena baca, jadi dapet ilmu lagi. Huuuu. Lukisan sidik jari, karya seni yang baru aku tau, Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  10. kebanyakan dari kita (jadi gak semua) pas traveling itu durasinya hanya sebentar. Jadi yg dicari yg leyeh2... Kl ke museum, gak bisa buru2... ETAPI saya jg baru tau ada museum lukisan sidik jari ini...

    ReplyDelete
  11. Bingung mencari kendaraan?
    Bingung menyewa kendaraan dimana?
    Bingung mencari harga yang pas?
    Share Trans solusinya.
    Share Trans merupakan jasa penyewaan mobil online yang menghubungkan calon penyewa mobil dengan Rent Car atau Owner yang menyediakan kendaraan
    Kontak Info 087865097776/08990151556 atau cek di website kami www.sharetrans.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular posts from this blog

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Pengen Baby Selalu Wangi? Ini Rahasianya Moms

Time flies so fast gaes, tak terasa anak mbarep saya sudah berusia lima tahun. Usia dimana "masa kritis" seorang anak telah terlampaui dan saya merasa sedikit lega. Kenapa dikatakan semasa balita merupakan masa kritis? Karena di usia bawah lima tahun seorang anak masih rentan terkena penyakit, masih membutuhkan penanganan ekstra dan perhatian khusus dari orang tua terutama Ibu.



Hari ini saya sangat bahagia, duo anak lanang sehat dan tumbuh dengan baik, walaupun yang mbarep agak langsingan sedang adiknya lebih gembul. Ya, namanya anak-anak berbeda dan unik. Keduanya amat saya sayangi dan cintai.


By the way busway ((siapa yg naik busway 'nyah)). Walaupun sekarang sudah tidak merasakan rempongnya punya bayi, tapi terkadang banyak hal yang berhubungan dengan bayi membuat saya kangen pengen megang bayi lagi (('sok bikin)). Jujur sih, saya pengen punya bayi lagi, tapi maunya cewek biar ada yang nurunin cantiknya saya ((hueex)), tapi sabar masa produktif saya masih beberapa…

11 Lagu Sedih Tentang Cinta Beda Agama

Hayoo, siapa yang belum pernah ngerasain patah hati. Sepertinya nggak ada yaaa, kecuali kamu belum pernah punya kekasih hati. Hahaha.  Saat lagi patah hati, paling enak 'tuh ya dengerin lagu sedih yang sesuai banget ama suasana hati yang mendayu-dayu. Puasin 'dah menangis berdarah-darah, apalagi terprovokasi lagu sedih yang membuat air mata tak henti mengalir. Karena, kalau lagi patah hati tapi berniat menghibur diri dengan mendengarkan lagu heppi tuh tetep kagak mempan. 
Mewek? Nggak papa koq. Asal kagak ada orang lain lihat atau orang yang kamu tangisi tahu. Bisa GeeR dia nanti. 
Ngomong-ngomong tentang patah hati atau putus cinta, banyak penyebabnya. Sebut saja, doi selingkuh, doi udah nggak cinta, doi dah bosen, doi dijodohin ortunya. Tapi, kalau menurut saya nih, putus cinta karena "perbedaan" itu yang bikin nyesek. Padahal keduanya saling mencintai. Tapi, tetep harus pisah. Nah lo!
Menjalani sebuah hubungan dengan perbedaan agama/keyakinan memang sangat berat …