Tips Memilih Smartphone Yang Pas Ama Kebutuhan Kamu


Haloha gaes,  siapa yang handphonenya baru? Saya donk, kan dapat hadiah dari ngelomba. Puji Tuhan yaaaa. Ngomongin soal handphone makin kesini variasinya makin buanyak. Dari harga murah hingga selangit, dari handphone berspesifikasi biasa hingga yang super lengkap. Lalu smartphone atau gadget apa yang tepat buat kita?

Jawabnya relatif gaes, jawaban tiap orang pasti berbeda. Ada yang pengen handphone murah, ada yang ada kameranya cukup ada juga yang pengen handphonenya tahan air. Semua berbalik pada kebutuhan tiap person dan ketebalan dompet. Hahaha. Kalau yang terakhir ini poin utama bagi saya, apalah daya pengen aiphone sepen tapi isi dompet cuma bisa beli henpone siomay. Tapi no problemlah, yang penting handphone yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan berdaya guna. Percuma juga punya smartphone dengan kamera setara mirrorless tapi kitanya jarang poto-poto, mubazir kaaan.


Nah, biar nggak mubazir dan pilihan smartphone kamu pas dan bisa klik, simak beberapa tips ala prima :

1. Memilih smartphone dari luas layar dan jenis layar

Bagi yang suka ngegame atau sering baca-baca dismartphone pasti lebih nyaman memakai layar yang lebar dari 5 hingga 5,5 inch. PIlihlah smartphone dengan resolusi 1280 x 720 pixels. Akan semakin baik jika Smartphone berlayar besar memiliki resolusi yang besar juga karena akan berpengaruh dari tampilan gambar yang akan dihasilkan oleh layar. 

Jika kamu menginginkan smartphone yang ringan digenggam dan tidak terlalu besar pilih saja smartphone dengan layar lebih kecil yaitu 4,5 inch. Layar segitu sudah lumayan kok, apalagi jika kamu tidak terlalu suka ngegame atau olah gambar di smartphone.

2.  Besarnya memori penyimpanan

Pengen smartphone bagus, harus dibarengi dengan memori yang besar. Kapasitas penyimpanan di Smartphone ada 3 diantaranya Memori Internal, RAM dan Microsd. Pilihlah Smartphone yang memiliki memori internal lebih dari 8 GB dan dilengkapi slot microsd karena kapasitas memori internalnya ini biasanya sudah beberapa dipakai untuk software bawaan dari Smartphone tersebut. Dan hal yang paling wajib juga yang harus sobat ketahui adalah pilihan Smartphone dengan kapasitas RAM yang lebih dari 1 GB karena kebutuhan RAM ini tidak bisa di acuhkan begitu saja. Kinerja RAM semakin besar akan berpengaruh terhadap fungsi Smartphone dalam membuka banyak aplikasi secara cepat. 

3.  Kapasitas dan keawetan baterei

Yang dikit dikit ngechas smartphone siapa? Jika aktivitas kamu mobile banget, pasti dibutuhkan baterei yang awet, jadi saat sedang di luar aktivitas tidak akan terganggu karena baterai yang lowbat.  Oleh karena itu faktor kapasitas baterai sangat berperan penting dalam tips memilih Smartphone yang berkualitas. Biasanya kalau sobat memilih Smartphone dengan CPU Tertinggi, konsumsi daya baterai akan lebih tinggi. Oleh sebab itu disarankan untuk sobat memilih Smartphone dengan kapasitas baterai lebih dari 2600 mAh dan lebih baiknya lagi Smartphone tersebut dibekali fitur fast charging atau rapid charge.

4.  Kinerja prosesor dan performa serta kecepatan bekerja

Faktor kecepatan alias kinerja smartphone berpengaruh pada pintarnya di smartphone. Jika kamu membutuhkan kerja cepat dan smartphone yang bisa multitasking pastinya cari smartphone dengan prosesor besar yang penting adalah pemilihan CPU yang digunakan oleh Smartphone tersebut. Pilihlah Smartphone yang memiliki CPU diatas Quad Core 1.3 Ghz atau lebih baiknya Octacore 1.5 Ghz karena semakin besar kecepatan speed dari CPU tersebut maka akan semakin baik kinerja Smartphone tersebut.

5. Berdasarkan sistem operasi

Ada 4 sistem operasi mobile yang sangat dikenal oleh masyarakat yakni Android, Blackberry, Windows Phone dan iOS.Yang paling digemari sekarang sih Android dan iOs. Smartphone dengan SO android harganya lebih murah karena sudah opens source tapi kelemahannya gampang kemasukan virus.

Ada juga yang fans berat si iOs yang memang lebih "wah" daripada si Andro, tapi ya balik ke harga, smartphone bersistem operasi iOs harganya jauh lebih mehong.

Jadi mau pilih smartphone apa yang tepat buat kamu, sesuaikan kebutuhan dan budget ya gaes, jangan "maksa" punya smartphone mahal tapi kredit sampai mencekik dan mubazir karena ngga bisa make. LOL

Ada banyak smartphone dengan harga terjangkau  seperti Alcatel D920  tapi spesifikasinya sudah lengkap. 

2 comments:

  1. Iki meh gratisan meneh makma? Kereeennnnnyaaaa.

    ReplyDelete
  2. Kalau dananya terbatas, apa hal yang paling utama dipertimbangkan dalam memilih smartphone ya?
    thank

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Sunyi diantara Kerlip Lampu

Ku putar lagu untuk memecah kesunyian. Alunan instrumen piano dan flute membuat angan ku melayang. Harmoni antara denting piano ...