Menilik Harga AC Berdasarkan Tipenya







Air Conditioner (AC) merupakan suatu alat yang dapat untuk mengeluarkan udara dingin dan berfungsi sebagai pendingin udara di suatu ruangan dengan cara mengatur sirkulasi gas refrigerant yang ada di pipa dengan ditekan dan dihisap compressor. Gas refrigerant sangat mudah menguap dan dapat untuk berubah bentuk menjadi gas dan cairan dengan alasan itu gas refrigerant dipilih menjadi bahan untuk sirkulasi. Kebutuhan AC saat ini sangat tinggi karena panasnya udara yang ada di Indonesia yang merupakan negara tropis. Oleh karena itu banyak orang yang membeli AC walau dengan harga AC yang tinggi.

Begitupun saya, ibaratnya "direwangi kredit" atau dengan perjuangan beli AC pake kredit juga dijabanin, karena kasihan juga melihat duo anak lanang yang kegerahan saat siang hari. Tanpa AC kipas angin di rumah saya bisa dinyalakan selama hampir 24 jam. Anak saya yang sulung betah pakai baju lengkap paling setengah jam, sesudahnya hanya pake singlet. Pantes mereka betah kalau diajak staycation  di hotel, karena ada AC nya dan mereka nyaman  jika suhu di ruangan dingin.

AC mempunyai beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, jenis tersebut adalah:

  1. AC split wall
Merupakan AC paling umum digunakan baik di rumah maupun di kantor. Jenis AC ini paling mudah untuk dirawat dibanding AC jenis yang lain.

  1. AC window
AC yang bentuknya kotak dan tidak menggunakan remote seperti jenis AC split wall dan merupakan jenis AC yang sudah tidak diproduksi lagi dan mempunyai kapasitas 0,5 pk-2,5 pk.

  1. AC sentral
Merupakan jenis AC yang biasanya dipakai oleh hotel dan mall dengan sistem mengambil udara dari ruangan atau bangunan yang kemudian didinginkan cooling plant dandialirkankembalimenjadidingin.

  1. AC standing floor
Jenis AC yang mempunyai pk sekitar 2 pk hingga 5pk yang biasa digunakan pada acara ulang tahun, perkawinan, dan acara lainnya. AC ini mempunyai dua bagian indoor dan outdoor yang mudah untuk dipindahkan.

  1. AC cassette
Merupakan AC yang dipasang di plafon, sering digunakan untuk pendingin udara di kantor-kantor.

  1. AC split duct
Hawa dinginnya didapatkan dengan sistem ducting yang ada pada satu titik. Jenis ini digunakan untuk ruangan yang luas.

  1. AC inverter
Merupakan AC jenis Split yang sudah inverter sehingga lebih hemat listrik.

  1. AC VRV
Merupakan jenis AC yang sistem kerja refrigerant dapat berubah-ubah dan merupakan jenis AC jenis terbaru yang paling bagus.

Harga AC sendiri dapat berdasarkan tipe-tipe yang ada. pertama adalah tipe AC standar yang harganya lebih murah dibandingkan tipe yang lain. Dengan daya listrik 800 watt AC ini bisa cepat dingin dan dapat disesuaikan suhu yang kita inginkan dengan remote sebagai alat kontrol nya. Biaya perawatan untuk AC tipe ini juga mudah walau listriknya boros. (harga sekitar 2 - 3 juta)

Tipe kedua ada AC low watt yang dapat dipakai dalam rumah dengan daya listrik rendah. Karena dapat digunakan dalam listrik yang berdaya rendah, AC tipe iniakanlebihlemathematlistriktetapi proses pendinginan memerlukan waktu lebih lama daripada AC standar. Untuk harga tipe ini lebih mahal daripada tipe standar. (harga sekitar 3 - 4 juta)

Untuk tipe AC yang ketiga adalah AC inverter yang dikatakan sebagai AC berteknologi pintar karena dapat mengatur kerja compressor menyesuaikan dengan kebutuhan sehingga akan lebih hemat listrik. Tipe AC ini dibandrol dengan harga yang sedikit mahal dibanding tipe yang lain dan memerlukan biaya perawatan yang juga mahal. Tetapi dingin yang dihasilkan akan pas karena disesuaikan dengan suhu sekitarnya. (harga sekitar 3 - 5 juta)

Tipe yang terakhir lah AC hybrid yang harga AC ini dijual dengan harga paling mahal diantara tipe AC yang ada di pasaran. AC inovasi terbaru ini dapat digunakan untuk dapat menghemat listrik yang akan disesuaikan dengan PK yang dipilih. Contohnya ketika memilih hybrid 1 pk, kita bisamemilih 1,5 pk, ¾ pk, atau 1 pk disesuaikan dengan keinginan.

Comments

  1. Saya belum terbayang harganya dari menilik artikel tsb di atas. Hanya perbandingan lebih mahal dan lebih murah saja yang saya tangkap...

    ReplyDelete
  2. Baru tahu AC banyak jenisnya mba, aku mah yang penting AC dan sesuai isi kantong saya beli deh hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)