End of Black Era - Ternyata Sineas Indonesia Bisa Bikin Film Fiksi Fantasi Keren

Apa yang bisa kamu harapkan dari film pendek apalagi berdurasi hanya dua belas menit? Sepertinya nothing ya gaes, kecuali film pend...

Monday, 7 November 2016

Ruang Kelas Baru TK Eksperimental Mangunan





Tahun ini anak sulung saya naik ke kelas B, bagi yang belum punya anak TK pasti nggak tahu apa sih kelas A atau B. Dulu jaman saya masih TK adanya kelas nol besar dan nol kecil. Kelas nol kecil lebih junior setara dengan kelas A di masa sekarang.



Kelas tidak berpagar dan adi satu dengan warga sekitar


Selain  naik kelas, dia juga harus pindah kelas ke ruangan yang baru. Lebih tepatnya kembali ke bangunan TK Mangunan yang lama. Awal didirikan oleh Romo Mangun TK Mangunan memang ditujukan bagi warga sekitar yang tidak mampu sekolah. Kelas menggunakan rumah warga sekitar, tidak ada pagar dan di bangunan sekolah yang barupun demikian. Tidak ada pagar pembatas antara sekolah dan area masyarakat, tidak ada sekat antara sekolah dan masarakat.




Anak-anak kelas TK di tahun ini terpaksa kembali ke ruangan kelas yang lama karena di SD ada penambahan kelas murid baru. Penambahan jumlah murid di kelas 1 SD sehingga harus ada ruang kelas baru dan anak kelas TK yang menempati ruang TK lama. Ruang kelas TK pun bertambah, karena murid baru tahun ini lebih banyak hingga kelas dibuat pararel A1 dan A2.





Nathan dan teman-temannya agak kecewa dengan pemindahan kelas karena ruang lebih sempit dan ruang kelas agak tertutup. Beda dengan saat di komplek lama yang jadi satu dengan SD. Arena bermain juga terbatas, di SD ada lapangan luas dan kolam serta sungai kecil. Tapi hingga sekarang anak-anak TK juga sering bermain ke kompleks SD karena memang jaraknya hanya 100 meteran.


Latar belakang pemindahan kelas selain dibutuhkan ruang baru, agar perangkat mainan anak TK seperti perosotan, ayunan, dll tidak digunakan anak kelas SD. Sebelum nya berbagai mainan memang ditempatkan di dekat kelas SD dan selalu dipakai bermain anak SD yang nota bene lebih besar.

Ruang kelas B




Ruang untuk TK yang baru jumlahnya lebih banyak, ada kantor TK, kelas A1, A2, B, joglo untuk belajar menari, ruang bermain dan beberapa ruangan lain. Saya suka dengan kelas TK yang sekarang karena lebih ceria, banyak mural bertema anak-anak dan membuat kelas hidup.







Kelas di TK Mangunan memang sederhana, bukan gedung bertingkat dan berpagar tinggi. Tapi saya senang anak-anak belajar kesederhanaan.  Tidak terkungkung di gedung berpagar tapi masih bisa berbaur dengan masyarakat.


1 comment:

  1. Saya senang lihat gambar-gambar di dindingnya, Mbak :)

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)