Friday, 2 September 2016

Ayo Wujudkan Cita-Cita Anak-Anak dengan Program Bekal Masa Depan Chil-Go!




Apel pagi bersama seluruh ASN Setda Bantul hari Senin yang lalu menyisakan kegundahan bagi para ASN begitupun saya. Pak Sekda menjelaskan jika anggaran dari pusat dipending hampir sebesar 140 M selama 4 bulan ke depan. Itu berarti banyak kegiatan di potong dan kemungkinan terburuk tunjangan kinerja kami tidak bisa turun.

Sedih.

Baper.

Sebelumnya di beberapa grup WA dan sosial media memang sudah berhembus kabar jika keuangan negara sedang krisis. Mengakibatkan hampir  150 kabupaten/kota DAU nya di pending seperti yang Bantul alami. Sumpah, keadaan ekonomi negara yang tidak stabil membuat saya sedikit was-was. Bagaimana  jika gaji sampai tidak turun, bagaimana jika tunjangan kinerja tidak lagi ada dan berbagai pertanyaan tentang masa depan. Keadaan ekonomi yang tidak menentu memang membuat kita kawatir akan masa depan. Apalagi menyangkut kebutuhan anak terutama pendidikannya.

Pentingnya Investasi Pendidikan

 

Beruntung suami saya sadar investasi. Sejak kami menikah dia sudah punya asuransi, dari asuransi kesehatan dan jiwa. Pekerjaan suami di proyek memang beresiko tinggi dan perlu jaminan bagi kami. Dari perusahaan pun sudah ada tunjangan untuk tambahan asuransi jiwa dan kesehatan sebesar 7 %. 

Tapi ternyata asuransi jiwa saja tidak cukup. Prita Hapsari Ghozie, SE, MCom, GcertFinPlanning, CFP, QWP seorang perencana keuangan independen dari ZAP Finance memaparkan jika survei yang dilakukan terhadap sejumlah sekolah swasta di kota Jakarta menggambarkan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia naik sebesar 7% -15% per tahun. Inflasi pendidikan ini adalah sesuatu yang nyata. Dengan demikian, mari siasati dengan cerdas dan bijak dana pendidikan yang angkanya sangat fantastis itu agar di kemudian hari, ongkos tersebut tidak menjadi beban untuk Ayah dan Bunda. Terlebih untuk dana pendidikan universitas, uang pangkal yang saat ini mungkin berjumlah Rp50.000.000 bisa berkembang menjadi Rp400.000.000 dalam waktu 15 tahun kedepan. Hal ini dapat terjadi akibat adanya tingkat kenaikan harga tersebut.
Apa yang beliau paparkan memang benar, beberapa rekan kantor di bulan Juli kemaren agak kerepotan saat membayar biaya sekolah kedua anaknya. Anak mereka di tahun ini memasuki SMP dan SMA sekaligus. Sebenarnya mereka sudah menabung sejak lama tapi ternyata apa yang mereka tabung belum cukup untuk menutup biaya uang gedung dan besarnya SPP memang jauh lebih tinggi dari yang mereka pikirkan.

Dukung Cita-Cita Anak-Anak




sumber gambar wartabuana.com

Situasi seperti itu menyadarkan saya jika asuransi jiwa saja tak cukup. Kebutuhan akan biaya pendidikan bisa dibilang sangat crusial mengingat pendidikan sangat penting bagi masa depan anak-anak saya. Saat ngobrol bareng Nathanael sering bercerita jika dia ingin jadi pilot bisa bawa pesawat terbang  sambil memainkan pesawat plastiknya.



Bangga donk dia punya cita-cita yang hebat, nah giliran saya harus memfasilitasi kebutuhan anak semaksimal mungkin. Semenjak bergabung dalam program Bekal Masa Depan Chil-Go! saya semakin paham akan perencanaan keuangan dan mempersiapkan masa depan anak sedini mungkin.


Ilustrasi Perencanaan Dana Pendidikan Nathanael


Fungsi investasi adalah membantu untuk mencicil dalam jumlah kecil dan mengharapkan hasil keuntungan yang tinggi. Sehingga, dalam 10 hingga 15 tahun kedepan, saldonya terkumpul sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan, asuransi jiwa, berfungsi untuk melindungi keluarga, jika dalam perjalanan melakukan cicilan investasi, tiba-tiba terjadi kematian atas pencari nafkah utama maka penghasilan yang biasa diberikan kedalam rumah tangga dapat digantikan oleh dana tunai dari uang pertanggungan polis asuransi jiwa. 

Salah satu keuntungan dari program Bekal Masa Depan adalah banyak ilmu yang saya dapatkan khususnya dalam perencanaan keuangan. Dari sanalah saya tahu langkah-angkah untuk mempersiakan dana pendidikan Nathanael:
  1. Seharusnya setiap keluarga  harus mulai mendiskusikan pendidikan anak sejak sang anak masih dalam kandungan. Lakukan survei dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada atau datang ke pameran pendidikan yang mulai banyak diselenggarakan. 
  2. Berdasarkan pilihan favorit orang tua dan anak, lakukan riset kebutuhan biaya pendidikan untuk tahun ini. Pahami bahwa biaya pendidikan tahun ini kemungkinan besar akan meningkat setiap tahunnya, sehingga saat anak masuk sekolah nilainya akan bertambah besar.
  3. Sesuai kebutuhan dana yang sudah dihitung, silakan periksa tabungan atau investasi yang sudah disiapkan. Apakah sudah cukup? Jika angkanya masih lebih kecil dari yang seharusnya, jujurlah pada diri sendiri bahwa sekaranglah saatnya merevisi rencana dana pendidikan.
  4. Periksa apakah keuangan keluarga sudah terlindungi. Menabung dan berinvestasi akan terasa mudah dijalankan oleh keluarga yang masih produktif dan mendapatkan penghasilan. Risiko kematian di usia produktif atas pencari nafkah atau orang tua dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perlindungan asuransi jiwa sangat penting dalam perencanaan dana pendidikan.
Untuk asuransi jiwa suami sudah punya sejak menikah  karena dia sadar pekerjaannya di proyek beresiko tinggi. Asuransi kesehatan sudah dicover kantor saya dan kami tinggal memikirkan biaya pendidikan yang ternyata setelah dihitung-hitungat tinggi. Jauh dari yang saya bayangkan sekarang karena memang terkena inflasi yang terus naik. Ciyus pusing pala berbi gaes. LOL


Kalkulator Data Pendidikan

Saya  mulai menghitung biaya pendidikan Nathanael saat masuk SMP nanti. Sekarang dia berusia 5 tahun dan sudah kelas TK B, berarti masih ada 7 tahun lagi waktu saya untuk berinvestasi. Adanya fasilitas kalkulator financial di web www.bekalmasadepan.com membuat saya lebih mudah menghitung berapa biaya 7 tahun lagi dan berapa rupiah yang saya investasikan untuk mencukupi kebutuhan biaya pendidikan Nathanael 7 tahun lagi.

Kamu juga dapat menghitung kisaran dana pendidikan yang dibutuhkan untuk Si Kecil melalui kalkulator financial perhitungan dana pendidikan Si Kecil yang sudah di siapkan oleh Morinaga Chil-Go!. Kalkulator Financial tersebut dapat kamu akses di sini


WOW, setelah dihitung ternyata kebutuhan masuk SMP dan SPP sebesar Rp. 101.080.755. ((pingsan)) Itu uang semuakah? Hahaha.. Bikin ngedrop ya gaes. Tapi tetep harus semangat donk, jangan lihat besarnya tapi impikan saat anak-anak menjadi sukses dengan cita-cita mereka. 

Dan ternyata kebutuhan investasi perbulannya tidak terlalu mahal sekitar Rp. 687.021. Masih terjangkaulah asal ada niat. Di skip lah beli hal-hal nggak penting ya moms. ((kekep dompet))

Untung Ada Program Bekal Masa Depan Chil-Go!


 

Kabar baik saudara, Morinaga melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go! turut memfasilitasi dan membantu para orang tua untuk mempersiapkan dana pendidikan Si Kecil sejak dini. Morinaga mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa melalui program Bekal Masa Depan Chil-Go!, kita berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah senilai 3 Milyar Rupiah dalam bentuk dana asuransi pendidikan untuk Si Kecil. 


Dalam program Morinaga Chil*Go! orang tua untuk dapat berbagi stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil sehingga menjadi Generasi Platinum yang multitalenta. Morinaga Chil Go! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung. 

Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :
  • Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)*
  • Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*
  • Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*
Pasti nggak nolak donk dapat investasi besar untuk masa depan si kecil. Terus caranya gimana?


Cara ikutan Program Bekal Masa Depan :
1. Beli 6 botol susu Moniraga Chil-Go! dan kirimkan struknya ke panitia
2. Registrasi dan pendaftaran online di www.bekalmasadepan.com
3. Setelah struk pembelian susu diterima panitia kita akan mendapat kode unik untuk melanjutkan registrasi
4. Proses registrasi lengkap kamu bisa memasukan ide kreatif kamu guna menstimulasi kecerdasan anak berdasar 8 kecerdasan majemuk.
5. Ide diverifikasi dan diposting di Galeri Ide
6. Share di sosial media kamu

Berikut video cara gabung di program Bekal Masa Depan Chl-Go!



Saya sudah mengikuti program ini di bulan Agustus yang lalu, ayo bunda, ayah, berbagi ide  kreatif ayah bunda guna mendukung stimulasi kecerdasan majemuk anak-anak kita. investasi pendidikan untuk si kecil.  Siapa tahun ayah bunda bisa mendapatkan asuransi pendidikan sehingga cita-cita si kecil bisa terwujud. Jaminan pendidikan adalah hal terindah yang bisa kita berikan pada mereka.



Facebook : Morinaga Platinum
Twitter    : MorinagaID
Instagram : Morinagaplatinum
Youtube   : MorinagaPlatinum
Website    : morinagaplatinum.com / bekalmasadepan.com

2 comments:

  1. Melihat biaya pendidikan anak yang makin tinggi emang bikin pusing kepala ya mba....

    ReplyDelete
  2. Hadiah nya juara banget yaaa 3 milliar, kalo dapat duit segitu mau aku pake jalan2 aja hahahaa #laluDigampar

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts