Friday, 23 September 2016

Ternyata Mandi Pagi Banyak Manfaatnya 'lho!




Pagi ini cuaca cerah dan lebih segar dari hari kemaren, karena semalam hujan deras. Berbagai debu dan polusi turut hanyut bersama aliran air hujan. Udara bersih membuat saya juga lebih bersemangat menghadapi realita hari ini ((halah)).
Mas Nathan sebelum jam 6 juga sudah bangun dan dilanjutkan males-malesan di depan tivi. Sedang saya masih lanjut memasak untuk sarapan anak-anak dan makan siang mereka. Selesai memasak saya membangunkan dek Saka dan “cinta-cintaan dulu” sama anak lanang ndut nan lucu itu ((rapopo ngelem anake dewe)).
Setiap pagi saya harus “cinta-cintaan” dulu ama duo anak lanang. Peluk-peluk, sayang-sayang, sun pipi dan cubit-cubit pantat sudah jadi kebiasaan kami. Pelukan erat membuat bonding antara Ibu dan anak makin lekat. Sebelum mereka saya tinggal kerja selama 10 jam ke depan.
Jika mas Nathan sudah nggak pake rewel saat ditinggal, dek Saka masih sering rewel saat saya berangkat kerja. Apalagi jika dia bangun kesiangan dan saya sudah berangkat dia bakal nangis, ngamuk sambil loncat-loncat. PR buat bapaknya tuh. LOL
 
Rutinitas sayang-sayangan dulu ama dek Saka

Rewel bisa diminimalisir jika kami sudah “cinta-cintaan” sampai puas, dilanjut mandi pagi dan sarapan. Kebiasaan mandi pagi sudah saya biasakan sejak bayi. Ada yang komentar, kasihan kalau pagi-pagi masih dingin dan harus mandi. Tapi sebisa mungkin sebelum saya berangkat kerja duo anak lanang sudah ganteng dan wangi.

Biarpun saya males mandi apalagi kalau dingin tapi saya membiasakan duo anak lanang selalu mandi pagi. Ich, nggak konsisten banget saya ya. Tapi ini rahasia ya gaes, jangan bilang anak-anak saya. LOL

Mbaksis, masbro penasaran kan manfaat mandi pagi itu apa saja :
1. Mandi pagi membuang rasa malas
 
Mandi dilakukan pagi dan sore, pagi sesudah bangun tidur dan sore sesudah anak-anak beraktivitas.  Karena sudah terbiasa mandi pagi, anak-anak tidak malas dan ogah-ogahan. Justru saya yang males mandi pagi saat hari libur. LOL. Manfaat mandi pagi saya jelaskan dengan sederhana pada anak-anak. Biar sehat kata saya dan kuman-kuman mati.

2.  Membuang keringat dan kuman yang menempel di tubuh
 
Mandi pagi sepertinya sepele tapi sangat penting lho gaes, bayangin jika kamu bangun tidur langsung sekolah atau ke kantor, pasti teman-teman kamu bakal tutup hidung dan muka kamu kucel. ah satunya adalah membantu membuang keringat dan kuman penyebab penyakit. 

3. Mengurangi bau badan

Perlu diketahui, saat tidur di malam hari, tubuh mengeluarkan keringat. Jika keringat yang menempel pada tubuh Anda tidak segera dibersihkan, kuman dapat berkembangbiak dengan mudah. Selain menyebabkan bau badan, kuman yang dibiarkan berkembang pada tubuh juga dapat meningkatkan risiko infeksi. 

4.  Merangsang Kelenjar Getah Bening
 
Mandi dengan air dingin secara teratur di pagi hari juga dapat membantu merangsang kelenjar getah bening untuk menghasilkan lebih banyak sel-sel kekebalan tubuh yang dapat melawan infeksi. Dengan kata lain, rajin mandi setiap pagi, terutama dengan air dingin, dapat membantu  terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh infeksi kuman. 

5. Mood booster

Biasanya setelah mandi, anak-anak lebih fresh dan lebih bersemangat. Mandi pagi menjadi moodbooster duo anak lanang apalagi jika menggunakan sabun Lifebuoy yang wangi dan segar. Biarpun kadang males mandi tapi tetep sebelum ngantor saya mandi lho gaes. Setelah mandi badan bersih, segar dan badan serasa abis dicharge.

Sobat Prima, jangan lupa mandi pagi yaaaaaaa, biar cakep dan wangi.

4 comments:

  1. Siang, Mbak, salam hangat! Baru pertama kali mampir ke sini hehehe.

    Saya juga suka mandi pagi, kadang-kadang habis Subuh jam 5an. Soalnya, karena hobi naik gunung, mandi pagi melatih tubuh menyesuaikan suhu dingin di gunung. Berguna banget.

    Tapi kadang, kalau lagi gak ada kerjaan seharian, tidur deh, mandinya sore wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  2. Asli bikiiin seger ya mbaaa mandi pagi :)

    ReplyDelete
  3. Nah, saya masih suka sulit mandi air dingin. Seringnya pakai air hangat, kebiasaan dari kecil :D

    ReplyDelete
  4. Kalau mandi pagi mengurangi rasa malas, saya sangat setuju. :) Tubuh akan menjadi segar dan semangat menjalankan aktivitas. Kalau tidak dipaksa mandi pagi, pasti imbasnya jadi tarik selimut dan meneruskan mimpi. :) Hehe

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts