Yuk, Siapkan Momen Makan Pertama Si Kecil dengan Makanan Sehat dan Bergizi





Hallo moms, pernah enggak lihat anak balita bermain bersama dan ada  anak yang terlihat lebih pendek dari teman-temannya? Pasti pernah donk.


Begitupun saya, saat dek Saka bermain bersama teman-temannya kadang juga melihat salah satu temannya yang terlihat lebih kurus dan  terlampau jauh lebih pendek dari anak yang lain. Dulu sih saya kira  itu hal yang lumrah, biasa saja tapi ternyata  stunted (perawakan pendek) merupakan tanda-tanda seorang anak mengalami kekurangan gizi. Dampak kekurangan gizi tak hanya berpengaruh teerhadap fisik tapi juga mengganggu fungsi kognitif. Dimana fungsi kognitif pada anak menjadi bekal tumbuh kembangnya hingga besar nanti.

Pentingnya Asupan Gizi Lengkap Bagi si Kecil



Moms, sebagai orang tua ternyata kita  nggak boleh sembarangan memberikan asupan gizi bagi si kecil. Bahkan menurut Dr. Attila Dewanti , SpA(K) masalah perawakan pendek (stunting) tidak berhenti di tinggi badan si kecil. Dalam jangka pendek kekurangan zat besi, asam amino memang berdampak terhadap tumbuh kembang, daya tahan tubuh dan fungsi kognitif. Dan dalam jangka panjang kekurangan zat besi yodium, zinc dan vitamin A bisa menyebabkan penurunan IQ dan resiko penyakit degeneratif.



Ehm, sumpah dech itulah mengapa dari bayi hingga sekarang saya selalu memperhatikan asupan gizi duo anak lanang. Dari pemberian ASI ekslusif dengan rajin memerah saat di kantor, memberikan MPASI di  waktu yang tepat dan lengkap dan menstimulasi kognitifnya.

Pentingnya ASI Ekslusif dan MPASI yang Seimbang dan Bergizi

 


Saya memberikan ASI Ekslusif bagi kedua anak saya. Karena saya sadar ASI lah sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Kandungan kolostrum dan antibodi pada ASI tidak tergantikan sehingga dengan penuh perjuangan saya memberikan ASI Ekslusif bagi duo anak lanang bahkan hingga usia 1,5 tahun. 

Dengan peralaatan pumping yang wajib saya bawa ke kantor, memerah di kantor secara rutin dan dini hari memerah lagi untuk tambahan ASI bagi mereka. Menjadi Ibu itu tidak berat sebenarnya, hanya butuh perjuangan lebih keras. Pastinya demi yang terbaik untuk buah hati.


Bunda, selain ASI saat bayi berusia 6 bulan dia harus dikenakan dengan makanan tambahan. Karena nutrisi dan energi dari ASI saja tidak cukup. Bayi membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI) yang seimbang dan bergizi. 


Saya sangat menantikan Momen Makan Pertama Si Kecil atau  1ST BITE DAY  duo anak lanang. Apalagi saat anak pertama, berbagai menu resep MPASI sudah saya siapkan dengan lengkap. Dari buah, sayur, aneka karbohidrat dan protein. Selain memberikan MPASI masakan sendiri saya juga memberikan  MILNA sebagai makanan pendamping ASI bagi Nathan dan Saka saat bayi dulu. 

Untuk bahan makanan saya mengusahakan bahan yang organik karena bahan pangan organik berkualitas tinggi dan tidak menggunakan bahan kimia dan pengawet lainnya. Bahan pangan organik diproses secara alami dan sistem pertaniaannya tidak menggunakan bahan kimia dan kadar gizi serta gula tinggi, jadi kita tidak perlu menambahkan gula saat mengolahnya.

Kenapa sih  Momen Makan Pertama Si Kecil atau  1ST Bite Day Sangat Penting?

Momen makan pertama si kecil bagi saya sangat penting karena memberi banyak manfaat bagi si kecil antara lain:
1.  Penanaman memori rasa lewat perkenanlan ragam rasa dan tekstur makanan sejak dini
2.  Mengurangi resiko alergi si kecil 
3.  Mencegah agar anak tidak picky eater atau pemilih makanan
4.  Menghindari si kecil susah makan saat besar nanti
5.  Agar si kecil mudah beradaptasi dengan makanan baru.


Selain pentingnya momen makan pertama si kecil saya juga memperhatikan kandungan zat gizi pada MPASI yang berperan penting untuk pertumbuhan fisik, perkembangan otak, perkembangan motorik dan kecerdasan. 


Christofer Samuel Lesmana  selaku Brand Manager Milna menuturkan  nutrisi yang cukup selama periode emas atau 1000 hari pertama pertumbuhan si kecil  berperan penting dalam mengantisipasi dampak dari masalah gizi kompleks. Karena pada periode emas, otak, otot dan tulang rangka berkembang pesat dan ketika si kecil genap berusia 2 tahun, perkembangan otaknya sudah sama dengan 80% otak orang dewasa. So, para bunda makin aware donk akan nutrisi bagi si kecil?


Milna sebagai ahlinya makanan bayi  mendukung program pemerintah dengan mengadakan seminar-seminar untuk memperbaiki gizi nasional dengan menghadirkan Kampanye MILNA 1ST BITE DAY - MOMEN MAKAN PERTAMA.    Bunda, Moms, M Kampanye ini untuk kembali mengingat pentingnya ASI dan MPASI kecukupan gizi si kecil dan pentingnya suapan dan gigitan pertama buah hati. 

Nggak tanggung-tanggung Bun, Milna mengadakan seminar dengan pakar kesehatan bayi dan anak yang sudah diselenggarakan di Surabaya pada 30 April 2016, Jakarta 14 Mei 2016 dan pada 21 Agustus nanti di kota Medan dengan menghadirkan 3000 bunda. 

Hadirnya Milna Bubur Bayi Organik Pertama di Indonesia

 


Saat anak pertama saya harus membeli bahan mentah organik dan harus mengolahnya. Beli kacang Hijau Organik dan memasaknya bubur organik. Pastinya memerlukan waktu yang lama dan hepinya bunda-bunda sekarang karena nggak perlu repot-repot lagi. Sekarang sudah ada MILNA BUBUR BAYI ORGANIK sebagai bubur bayi organik pertama di Indonesia dan terbuat dari bahan alami organik pilihan.




Bunda, Moms, MILNA di bawah Kalbe Nutritionals turut memperhatikan gizi bagi perkembangan generasi Indonesia dengan menghadirkan produk MPASI organik pertama di Indonesia. Christhofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna juga menjelaskan jika Milna Bubur Bayi Organik mengandung 95% bahan organik berkualitas dan sudah tersertifikasi resmi. Tersedia dalam dua varian rasa yaitu Beras Merah dan Kacang hijau, yang sangat cocok untuk suapan pertama Si Kecil sebagai awal pengenalan tekstur dan rasa,” 



 

Biskuit dan Puding Milna sebagai Pelengkap Gizi Bagi Duo Anak Lanang

 



Rangkaian produk Milna tak hanya bubur bayi yang diformulasikan untuk bayi usia 6 bulan ke atas, sebagai makanan bayi pertama pendamping ASI seperti Milna bubur bayi, Milna biskuit bayi hingga Milna Goodmil untuk anak yang mengalami alergi, atau ingin menambah berat badan bayi.
Walaupun anak saya batita dan balita saya tetap memberikan Milna untuk melengkapi nutrisi mereka. Ada puding dan biskuit untuk toddler beraneka rasa. Untuk puding ada rasa vanila, strawberrry dan coklate. Begitu juga dengan biskuitnya, tersedia rasa coklat  dan keju.

Milna Toddler Puding 

 


Puding dari Milna ini rasanya enak, karena saya sendiri sering nyicip saat nyuapin duo anak lanang. Kandungan gizinya antara lain :
Tinggi Kalsium   :   Untuk pembentukan tulang dan gigi
Prebiotik Inulin  :  Menjaga kesehatan saluran cerna
Vit A dan C       :   Meningkatkan daya tahan tubuh





Cara membuatnya sangat mudah lho moms, tidak perlu dididihkan tapi cukup diseduh dengan air panas. Proses pencetakkannya pun lebih cepat dari puding lain. Duo anak lanang tak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati puding Milna.







Berikut video cara pembuatan puding Milna ya Bun:


 


Milna Toddler Biskuit 






Selain puding, duo anak lanang juga suka banget nyemil biskuit dari Milna. Biskuit Milna kaya gizi dengan rasa yang enak untuk anak usia 1 tahun keatas yang disempurnakan dengan Kalsium dan DHA untuk kecerdasan.





Keunggulan Milna Toddler Biskuit adalah:

  •  DHA                 : perkembangan otak
  •  Prebiotik FOS   : kesehatan saluran cerna
  •  Zat besi             : mencegah anemia
  •  Tinggi Kalsium   : pertumbuhan tulang dan gigi

Dek Saka suka banget makan biskuit Milna yang coklat, enak kata dia. Lihat yuk video dek Saka :


Asah Kreatifitas Anak Menggunakan Kardus Milna

 

Bunda,  selain puding dan biskuitnya yang disukai anak lanang saya juga menggunakan kardus Milna untuk mainan bersama anak. Di bagian belakang kardus terdapat gambar hewan-hewan ataupun gambar permainan lainnya. Kita bisa mengajak anak untuk menggunting gambar hewan-hewan kemudian bermain peran atau bermain peta dari belakang kardus puding.

Mengenal Kalbe Nutritionals

Ngomongin tentang Milna tak bisa dilepaskan dari Kalbe Nutritional selaku perusahaan produsen makanan sehat bernutrisi. Kalbe Nutritionals selalu melakukan inovasi produk nutrisi dan berusaha mewujudkan misi : We provide wellness to millions dengan menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat. 

Supaya lebih dekat dengan konsumen Kalbe Nutritionals memperluas layanan dan memberi kemudahan dan kepraktisan kepada pelanggan melalui strategi layanan konsumen terpadu antara lain :
  1. Kalbe Customer Care 0800-140-2000 (bebas pulsa)
  2. Layanan Pesan Antar Kalbe Home Delivery 500880
  3. Layanan pesan online Kalbestore www.kalbestore.com
  4. Dan kanal jejaring sosial melalui sosmed    

Lebih kenal dengan Milna dimana ?  


Website: www.bayimilna.com,
Facebook: MilnaID,
Twitter: @BundaMilna,
Instagram: @milnaid



***************************

Bunda, Moms, para orang tua,  ternyata menjadi orang tua tidak mudah ya tapi bukan berarti kita tidak bisa memberikan yang terbaik dan senantiasa mengusahakan yang terbaik bagi buah hati. Momen makan pertama atau 1st bite day menjadi langkah awal yang sangat penting bagi pertumbuhan fisik dan mental bagi buah hati.  Siap menjadi orang tua berarti siap memberikan yang terbaik bagi si kecil. 

Siap menjadi orang tua terbaik kan!


Komentar

  1. aku dku deg2an loh mbk nyiapin mpasi pertama bwt si ken, takut gk doyan. tp kalau kasih milna pasti doyan bgd ya mbk si kecil

    BalasHapus
  2. aww jadi pengen bikin puding juga buat si kecilll.. keliatannya enak..

    BalasHapus
  3. Milna juga kesukaan anak-anak saat kecil neh mba. Menyiapkan MPASI pertama untuk anak memang selalu menyenangkan ya mba. Aku paling suka kalau anak lagi pertama makan, ekspresinya itu lucu banget.

    BalasHapus
  4. Dulu saya bingung waktu milih makanan pendamping buat anak, karena ngga boleh sembarang juga kan meskipun banyak jenis di pasaran.

    Produk Milna waktu itu sudah ada juga loh mbak. Saya agak terkejut waktu membaca ini karena varian milna semakin banyak dan ada pudingnya lagi. Semua anak pasti suka puding kan ya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)