Tuesday, 30 August 2016

Semarak 71 Tahun Indonesia di Kalibening Kalasan : Lestarikan Budaya dan Tradisi

Bulan Agustus selalu dinanti banyak orang terutama rakyat Indonesia. Tahu donk alasannya? 
Yess, karena di bulan Agustus masyarakat Indonesia merayakan kemerdekaan dan ulang tahunnya. Seperti saya yang juga merdeka lahir di bulan Agustus.


Kemeriahan bulan Agustus selalu saya nantikan termasuk kado ulang tahun buat saya ((kado mana kado)). Merah putih, bendera, umbul-umbul, lampu warna warni menambah kemeriahan di bulan Agustus. Setiap sudut desa, kampung, kantor hingga rumah penduduk pun semarak dengan nuansa merah putih




Begitupun di kampung saya yang selalu bersemangat menyambut bulan Agustus dan mengisi  peringatan Agustusan dengan berbagai lomba dan acara. Dari lomba anak-anak semacam lari kelereng, pecah air, pesan berantai, lari bendera dll. Yang dewasa pun tak mau kalah donk, ada lomba tarik tambang, masak, voli dan yang paling seru lomba panjat pinang.

Penampilan ANgklung :


Lomba anak-anak diselenggarakan setiap minggu dari awal bulan Agustus. Anak-anak antusias mengikuti lomba begitu pula dengan Bapak bapak dan Ibu yang juga mengikuti lomba pada malam harinya. Acara puncak di malam tirakatan ada pembagian hadiah dan penampilan dari pemuda pemudi serta anak-anak yang menampilkan aneka tari daerah.

Ibu-ibu RW 19 menyanyi bersama lagu nasional




Dari tari  kreasi hingga Jatilan ada lho, apalagi lagu lagu nasional yang dimainkan dengan Angklung oleh pemuda pemudi RW 19. Salut lho, hanya persiapan tak sampai sebulan berbagai penampilan sarat budaya dan tradisi Indonesia mereka pentaskan. Apalagi mengajari anak-anak menari pasti butuh kesabaran.






Dan, acara terakhir jalan sehat bersama satu pedukuhan Kali Bening. Rame dan meriah. Lumayan keliling kampung ternyata bikin keringatan dan badan jadi segar. Sayang nggak dapet doorprize euy.

Well, terimakasih tak terhingga untuk warga Kalibening khususnya RW 19 yang membuat peringatan HUT RI yang ke 71 tahun 2016 berjalan sangat meriah. Semoga tahun depan saya bisa aktif berpartisipasi ya.

Merdeka!!

2 comments:

  1. Aku dah lama banget ngak merhatiin panggung hiburan 17 agutusan, kayak nya sejak gw di jakarta dahh ngak pernah lagi ngeliat 17 an

    ReplyDelete
  2. Wahh.. Lengkap y perayaannya. Di tempatku cuma ada lomba aja..gak ada pagelaran panggungnya.

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts