Thursday, 28 July 2016

Hindari Silent Killer si Jantung Koroner



Salah satu penyak.it pembunuh alias penyebab kematian nomor satu adalah jantung koroner. Banyak orang yang takut dengan penyakit jantung koroner termasuk saya. Penyakit ini bisa datang secara tiba-tiba, nggak ada angin nggak ada hujan langsung dateng tuh si jantung koroner bareng malaikat pencabut nyawa.


Saya jadi ingat sama tetangga saya di Klaten, meninggal dalam usia cukup muda. Mungkin 40 tahunan. Di hari Minggu dia kerja bakti di kampung seperti biasa, terus pulang, ngerasa capek, tidur dan bablas menghadap ilahi.

Banyak orang terkejut begitupun saya, dia mantan aktivis pemuda, anak MAPALA bolak balik naik gunung, relawan SAR dan selalu terlihat sehat kenapa bisa mendadak meninggal dan kata dokter terkena serangan jantung. Begitu juga artis Aji Masaid, meninggal saat berolah raga dan seketika. Dan diagnosa dokter anggota DPR ganteng itu kena serangan jantung.

Penyakit Jantung si Silent Killer

Penyakit ini disebut sebagai silent killer karena secara tiba-tiba dan tanpa gejala yang jelas si penderita bisa mengalami serangan jantung yang mengakibatkan kematian. Di Indonesia sendiri 35 % kematian disebabkan karena serangan jantung.

Ehm, serem ya gaes.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
1.  Kebiasaan merokok
2.  Sering stres
3.  Obesitas
4.  Adanya penyakit degeneratif pemicu serangan jantung seperti hipertensi, kolesterol tinggi dan diabetetes.
5.  Faktor Genetika atau riwayat bawaan dari keluarga

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Serangan jantung banyak terjadi pada orang yang sakit jantung koroner Penyakit jantung koroner terjadi karena aliran darah menuju jantung terhambat oleh lemak. Lemak atau plak pada arteri koroner ini umumnya disebabkan oleh timbunan kolesterol. Akumulasi plak pada arteri koroner menyebabkan jantung kekurangan asupan oksigen. Sama seperti penyebab sakit jantung secara umum, penyakit jantung koroner ini juga disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti kolesterol tinggi, kebiasaan merokok, diabetes, dan hipertensi.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung?

Sobat Prima, PR kita sekarang adalah menghindari segala penyebab datangnya penyakit jantung dan mengelola kebiasaan baik dan buruk kita. Cara sederhana pencegah sakit jantung koroner antara lain:

1. Menghentikan kebiasaan merokok
2. Mengontrol berat badan karena obesitas adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung
3. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, kurangi makanan berlemak yang dapat meningkatkan kolesterol
4. Berolahraga secara teratur adalah cara mencegah penyakit jantung yang paling sederhana
5. Mengelola diabetes
6. Menurunkan tekanan darah tinggi dengan membatasi konsumsi garam dan pola hidup sehat
7. Mengelola stres. Lupain dah sang mantan yang bikin stress atau tagihan yang numpuk.LOL

Menjaga kesehatan itu tidak sulit tapi juga tidak mudah, sebenarnya semua berawal dari niat kita. Jika tekad kita besar pasti bisa dijalani dengan mudah. Tapi biasanya sih, kalau belum sakit belum pada insyaf. Tul nggak?

Teman-teman, slalu jaga kesehatan ya biar panjang umur dan bisa berkarya bagi sesama.

Ciayooo.

1 comment:

  1. ibu rumah tangga kayak aku rentan stress, takut jga kalo itu memicu jantung koroner >.<
    semoga ntar bisa banyakin happy nyah hihii
    TFS mbak

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts