Skip to main content

Hindari Silent Killer si Jantung Koroner



Salah satu penyak.it pembunuh alias penyebab kematian nomor satu adalah jantung koroner. Banyak orang yang takut dengan penyakit jantung koroner termasuk saya. Penyakit ini bisa datang secara tiba-tiba, nggak ada angin nggak ada hujan langsung dateng tuh si jantung koroner bareng malaikat pencabut nyawa.


Saya jadi ingat sama tetangga saya di Klaten, meninggal dalam usia cukup muda. Mungkin 40 tahunan. Di hari Minggu dia kerja bakti di kampung seperti biasa, terus pulang, ngerasa capek, tidur dan bablas menghadap ilahi.

Banyak orang terkejut begitupun saya, dia mantan aktivis pemuda, anak MAPALA bolak balik naik gunung, relawan SAR dan selalu terlihat sehat kenapa bisa mendadak meninggal dan kata dokter terkena serangan jantung. Begitu juga artis Aji Masaid, meninggal saat berolah raga dan seketika. Dan diagnosa dokter anggota DPR ganteng itu kena serangan jantung.

Penyakit Jantung si Silent Killer

Penyakit ini disebut sebagai silent killer karena secara tiba-tiba dan tanpa gejala yang jelas si penderita bisa mengalami serangan jantung yang mengakibatkan kematian. Di Indonesia sendiri 35 % kematian disebabkan karena serangan jantung.

Ehm, serem ya gaes.

Penyebab Penyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
1.  Kebiasaan merokok
2.  Sering stres
3.  Obesitas
4.  Adanya penyakit degeneratif pemicu serangan jantung seperti hipertensi, kolesterol tinggi dan diabetetes.
5.  Faktor Genetika atau riwayat bawaan dari keluarga

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Serangan jantung banyak terjadi pada orang yang sakit jantung koroner Penyakit jantung koroner terjadi karena aliran darah menuju jantung terhambat oleh lemak. Lemak atau plak pada arteri koroner ini umumnya disebabkan oleh timbunan kolesterol. Akumulasi plak pada arteri koroner menyebabkan jantung kekurangan asupan oksigen. Sama seperti penyebab sakit jantung secara umum, penyakit jantung koroner ini juga disebabkan oleh pola hidup tidak sehat seperti kolesterol tinggi, kebiasaan merokok, diabetes, dan hipertensi.

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Jantung?

Sobat Prima, PR kita sekarang adalah menghindari segala penyebab datangnya penyakit jantung dan mengelola kebiasaan baik dan buruk kita. Cara sederhana pencegah sakit jantung koroner antara lain:

1. Menghentikan kebiasaan merokok
2. Mengontrol berat badan karena obesitas adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung
3. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi, kurangi makanan berlemak yang dapat meningkatkan kolesterol
4. Berolahraga secara teratur adalah cara mencegah penyakit jantung yang paling sederhana
5. Mengelola diabetes
6. Menurunkan tekanan darah tinggi dengan membatasi konsumsi garam dan pola hidup sehat
7. Mengelola stres. Lupain dah sang mantan yang bikin stress atau tagihan yang numpuk.LOL

Menjaga kesehatan itu tidak sulit tapi juga tidak mudah, sebenarnya semua berawal dari niat kita. Jika tekad kita besar pasti bisa dijalani dengan mudah. Tapi biasanya sih, kalau belum sakit belum pada insyaf. Tul nggak?

Teman-teman, slalu jaga kesehatan ya biar panjang umur dan bisa berkarya bagi sesama.

Ciayooo.

Comments

  1. ibu rumah tangga kayak aku rentan stress, takut jga kalo itu memicu jantung koroner >.<
    semoga ntar bisa banyakin happy nyah hihii
    TFS mbak

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular posts from this blog

11 Lagu Sedih Tentang Cinta Beda Agama

Hayoo, siapa yang belum pernah ngerasain patah hati. Sepertinya nggak ada yaaa, kecuali kamu belum pernah punya kekasih hati. Hahaha.  Saat lagi patah hati, paling enak 'tuh ya dengerin lagu sedih yang sesuai banget ama suasana hati yang mendayu-dayu. Puasin 'dah menangis berdarah-darah, apalagi terprovokasi lagu sedih yang membuat air mata tak henti mengalir. Karena, kalau lagi patah hati tapi berniat menghibur diri dengan mendengarkan lagu heppi tuh tetep kagak mempan. 
Mewek? Nggak papa koq. Asal kagak ada orang lain lihat atau orang yang kamu tangisi tahu. Bisa GeeR dia nanti. 
Ngomong-ngomong tentang patah hati atau putus cinta, banyak penyebabnya. Sebut saja, doi selingkuh, doi udah nggak cinta, doi dah bosen, doi dijodohin ortunya. Tapi, kalau menurut saya nih, putus cinta karena "perbedaan" itu yang bikin nyesek. Padahal keduanya saling mencintai. Tapi, tetep harus pisah. Nah lo!
Menjalani sebuah hubungan dengan perbedaan agama/keyakinan memang sangat berat …

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Ekowisata Taman Air : Obyek Wisata Keluarga di Tlatar Boyolali

Di bulan September kemaren Bapak dan Ibuk saya merayakan hari lahirnya, sayang si anak wedok ayu dewe alias saya lupa ngucapin selamat ke mereka berdua. Ah, semoga mereka maklum dan tidak mengutuk saya jadi kodok #kungkong. Dan untuk menebus dosa saya, minggu kemaren saya mengajak Bapak dan Ibuk makan-makan di Tlatar Boyolali, pastinya bareng keluarga besar alias adik-adik saya .

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya saat masih SMA saya beberapa kali ke Umbul Tlatar, dan seingat saya dulu hanya ada kolam renang, tempat mancing dan rumah makan. Kemaren saya agak terkejut dengan suasana di Umbul Tlatar yang sangat berbeda. Tampilannya lebih cantik dan fasilitasnya lengkap. Kaget aja kok ada hutan kecil dengan sungai  yang mengalir ditengahnya. Duo anak lanang langsung ribut pengen nyemplung kali begitu turun dari mobil.
Ada beberapa pemancingan di Umbul Tlatar, pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar 3000 rupiah per orang dan parkir mobil sebesar 5000 rupiah. Saya memilih pemancingan…