Wednesday, 20 July 2016

Bersama Badan Koordinasi Penanaman Modal, Mari Kita Dukung Tax Amnesty



Hai sobat Prima, akhir-akhir ini lagi ramai berita tentang Tax Amnesty yang diumumkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu. Jujur, saya baru denger istilah itu sekarang, kalau dipelajaran IPS dan PPKN. Dulu sih tahunya amnesti diberikan pada nara pidana, mereka mendapatkan potongan hukuman atau penghapusan.

Nah, kalau Tax Amnesty apaan ya?


Tax Amnesty adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan dengan cara mengungkap harta dan membayar uang tebusan. Para peserta tax amnesty yang memiliki dana yang disimpan di luar negeri diharapkan dapat kembali ditempatkan ke Indonesia melalui berbagai skema termasuk investasi langsung.

Apa untungnya bagi masyarakat Indonesia dengan adanya Tax Amnesty?

 

Kebijakan pemerintah untuk memberikan tax amnesty mendapat tanggapan positif oleh beberapa berbagai kementrian dan instansi yang terlibat untuk menyusun peraturan pendukungnya.  Salah satunya Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan sedang menyiapkan skema investasi.

BKPM sendiri merupakan salah satu instansi milik pemerintah yang menjadi koordinator dari semua badan penanaman modal di Indonesia dengan tujuan menerapkan penegakan hukum secara efektif terkait penanaman modal (asing dan dalam negeri).

Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Franky Sibarani memaparkan bahwa pemberian tax amnesty oleh pemerintah akan mendorong percepatan pertumbuhan dan restrukturisasi ekonomi melalui pengalihan harta, dan akan berdampak positif antara lain :
1.  Terjadi peningkatan likuiditas domestik
2.  Adanya perbaikan nilai tukar rupiah
3.  Penurunan suku bunga
4.  Peningkatan investasi

Gimana gaes udah jelas belum? ((saya malah pusing)). Gampangnya sih gini, orang-orang tajir yang pada nyimpen duitnya di LN sana bisa menginvestasikan uangnya di dalam negeri tanpa dikenai pajak. Otomatis aliran dana di dalam negeri lebih banyak, investor dipermudah dalam mengurus ijin dan jalur hijau. Bakalan banyak perusahaan, pabrik dan sumber lapangan pekerjaan bagi msyarakat kita.

Sebagai warga negara yang baik, saya sih mendukung penuh kebijakan dari pemerintah ini. Pastilah apa yang diupayakan Presiden dan pembantu-pembantunya demi kebaikan kita semua.

 Ciayoooo.

No comments:

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts