7 Hal Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan di Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis - Salah satu pantai di Jogja ini masih menjadi destinasi favorit para wisatawan dari luar kota. Seringnya sih rombongan bis anak sekolah atau study banding. Terlihat dari bis-bis besar yang mereka tumpangi bertuliskan Dharma Wisata SMP bla bla bla atau kunjungan study banding SMK titik titik. Pasti kamu dulu pernah ke Parangtritis juga kan pas jaman SD, SMP atau malah SMA. Tapi banyak juga kok wisatawan yang datang bersama keluarga seperti saya bersama Mas Bojo dan duo anak lanang beberapa waktu yang lalu. 

Saya sering ke Parangtritis tapi cuma sampai parkiran doang alias ke hotel temen saya, kebetulan beliau memesan design villa sama suami. Beberapa kali saya ke sana untuk membicarakan design villa yang dia inginkan dan sedikit revisi. Ohya Sobat Prima boleh lho pesen design rumah, hotel atau villa sama suami saya, contact saya langsung bisa kok ((malah ngiklan)). LOL

Satu kesempatan saya mengajak anak-anak melihat pantai, sambil menunggu suami berdiskusi dengan klien. Pantai Parangtritis selalu rame pengunjung apalagi di hari Sabtu dan Minggu. Tiket masuknya sekitar 5 ribu kali ya ((saya kan gratisan kalau masuk)) dan beaya parkir sebelah timur 10 ribu rupiah ((lumayan mihil)) dan saya gratis donk, nyatut aja nama salah satu pemilik hotel disana. LOL  Tapi kamu harus bayar donk, kan kamu piknik sedang saya cuma bisnis. 

Ah, kebanyakan curhat kapan cerita tentang Pantai Parangtritis Nyah!!

OK guys, Parangtritis sekarag lebih bersih dan pantainya lebih luas di banding 10 tahunan yang lalu. Dimana banyak warung yang buka di dekat pantai. Sekarang sudah bersih, dan berganti tenda warna warni yang bisa kita sewa untuk berteduh. (( Ah, jadi inget jaman dulu ama .......)).

Nah, selain pacaran  mandi di pantai kita bisa ngapain aja sih di Parangtritis? hal ini harus kamu lakukan saat di Pantai Parangtritis ya gaes:


1.  Main Paralayang

Paralayang turun dari bukit, terlihat dari parkiran di Parangtritis
Bosen main air dan pengen yang menantang? Maen paralayang saja gaes, banyak komunitas di Jogja yang main paralayang di bukit sebelah timur Parangtritis. Bahkan sekarang sudah ada beberapa disewakan untuk wisatawan, pastinya tandem dengan pemain profesional. Harga nya sekitar 200 ribu hingga 300 ribu kita bisa terbang melayang dari atas bukit dan terbang sambil menikmati hamparan laut biru. Saya juga pengen banget gaes. Harus nyoba nih!


sumber gambar : Yogyes



2.  Naik Andong


Garis Pantai Parangtritis cukup panjang gaes, dari Parangndog hingga Parangkusumo, kalau jalan kaki yaa bikin betis 'lo segeda gaban dah. Mending naik andong saja bisa bertiga sama temen atau family. Lumayan lho tik tak tik tuk keliling pantai sambil mata lirik kanan kiri, kali aja ada si Ariel ((ihir)). Naik andong nggak mahal kok paling 30-50 ribu saja tergantung jauhnya rute yang pengen kamu lewati. Andongnya banyak kok kamu bisa milih mau kuda putih hitam atau yang cantik kayak saya :D



3.  Berenang di kolam air tawar

Biasanya anak-anak suka sekali berenang tapi kalau menurut saya berenang di laut sama sekali tidak aman apalagi laut pantai selatan terkenal ganas ombaknya. Mending berenang saja di kolam renang air tawar. Ada beberapa kolam yang dilengkapi pancuran, perosotan dan bola-bola. Si kecil pasti hepi.

Fasiitas kamar mandi juga tersedia, so abis berenang tinggal mandi dan pulang badan sudah bersih.



4.   Naik ATV

  
Hampir semua pantai di Bantul menyediakan persewaan ATV. Motor beroda tiga ini cocok diajak menyusuri pantai. Karena roda-rodanya yang besar dan bergerigi nggak bakal selip di atas pasir. Jika kamu bisa mengendarai sendiri tetap harus hati-hati ya gaes karena ATV tidak sama dengan motor. Atau lebih amannya sih mbonceng instrukturnya saja. Bea sewa ATV cukup terjangkau antara 50 ribu untuk setengah jam hingga 100 ribu untuk satu jam.

5.  Berfoto di depan icon Parangtritis

Hayoo, siapa yang nggak suka selfie?  Lihat saja pasangan yang lagi selfi di gambar saya. Mereka sedang berfoto di depan icon Parangtritis. Tulisan Parangtritis ini terhitung baru lho gaes. Mungkin baru setahun terpasang disana.

Jika sudah sampai Parangtritis rugi lho nggak pose disana, terus pasang di Instagram kamu dan bikin caption "Hello world, gue sedang ada di Paris nih" .

LOL


6.  Menikmati sunset sembari minum kelapa muda

Pantai Parangtritis berwarna keemasan ketika mentari mulai tenggelam. Duduk di bawah payung berwarna cerah, menyaksikan alam yang beralih senja dan sesekali menyeruput segarnya es kelapa muda itu surga gaes. Apalagi di samping kita ada pangeran bermata coklat yang super ganteng ((ihiiir)) itu mimpi banget gaes )). LOL



7.  Beli oleh-oleh seafood khas Parangtrititis


Yang terakhir gaes, kalau kamu sudah puas menikmati semuanya jangan lupa untuk pulang yaaa. Jangan tidur di pantai lho, bisa masuk angin. Karena saya tinggal di Jogja ya cuss langsung pulang tapi kalau kamu turis ((berambut hitam)) nginep saja di Jogja. Kan banyak hotel murah di Yogyakarta yang bisa kalian pesan. Mulai dari harga 200 ribuan sampai 300 ribuan banyak kok. Dan malemnya jalan-jalan di Malioboro atau main ke tempat saya juga boleh.



Ohya, jangan lupa beli oleh-oleh ya. Ada keripik jingking, Undur-undur laut goreng atau keripik udang. Yang jarang ada di pantai lain sih Undur-undur goreng gaes, rasanya mirip udang, gurih, krenyes-krenyes, enak. Harganya juga murah, satu plastik cuma 10 ribu saja.

Sobat Prima yang kece,  ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan saat berwisata ke Pantai Parangtritis yaaaa. Kalian kapan ke sini?




Mas Bojo dan Duo Anak Lanang

* Semua gambar koleksi pribadi

Komentar

  1. Haduuuh beberapa hari ini ngeri lihat video2 rob. Semoga cepat selesai musim rob-nya supaya Paris rame lagi. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Aaaah aku belum pernah ke sini, mak. Waktu maen ke Jogja, Parangtritis ini ga sempet aku sambangi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)