Skip to main content

Buang Khawatir Bersama GOJEK

Era digital sungguh membahagiakan banyak orang. Terutama saya yang merasa sangat dimanjakan dengan kemajuan teknologi digital. Keberadaan teknologi digital membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Misalkan saja dalam urusan transportasi. Sebulan sekali saya ada tugas luar dari kantor. Dulu sebelum ada ojek online, suami saya harus kerepotan mengantar saya ke bandara atau stasiun. Jika waktunya siang hari mungkin tak masalah, namun seringnya saya harus berangkat malam atau sampai di Jogja malam. Itu sungguh merepotkan karena jika sudah lebih dari jam 8 anak-anak biasanya sudah tidur. 
Sungguh saya tak tega jika melihat anak-anak harus ikut mengantar dan tidur di mobil, kemudian pas pulang mereka sadar sudah nggak ada mamaknya, bakal bikin perang dunia III.  Hahahaha.
Sepertinya saya harus berterima kasih pada penemu dan pemilik GOJEK yang sudah mengembangkan aplikasi yang sangat berguna ini. Saya bisa memesan mobil ataupun motor dengan mudah, diantarkan sampai lokasi tujuan tanpa repot…

Ibu Sehat, Keluarga Bahagia



Salah satu pilar penting dalam sebuah keluarga adalah Ibu. Saat saya kecil saya merasa sangat sedih ketika Ibuk sakit, semuanya tiba-tiba menjadi kacau. Tidak ada yang memasakkan makanan untuk kami, menyiapkan seragam sekolah, rumah menjadi berantakan,  dan toko terpaksa tutup karena tidak ada yang menjaga.

Begitu pentingnya keberadaan Ibu dalam satu keluarga, karena Ibu mengemban banyak tugas dalam rumah tangga tentunya dibantu suami tetapi Ibulah yang utama dalam mengatur rumah tangga dari kebersihan rumah, pakaian, makanan hingga mengatur keuangan keluarga. 

Oleh sebab itulah saya sangat menjaga kesehatan keluarga dan diri saya sendiri. Karena saya sadar jika sampai saya sakit kasihan anak-anak dan suami saya. Mereka akan kerepotan mengurusi rumah ditambah  harus merawat saya. 

Puji Tuhan, sampai saat ini Tuhan selalu menganugerahi saya kesehatan sehingga saya bisa melaksanakan tugas sebagai Ibu di rumah dan sebagai karyawan di kantor. Berbagai upaya selalu saya lakukan untuk menjaga kesehatan, makan sehat, minum vitamin dan susu. 

Empat Pilar Gizi Seimbang



Selama ini saya mengira pola hidup yang saya jalankan sudah benar dan saya merasa fine-fine saja hingga akhirnya saya tahu empat pilar gizi seimbang yang lebih tepat di jalankan untuk gaya hidup sekarang, yaitu:

1. Makan makanan beraneka ragam

Kita harus mengkonsumsi semua bahan makanan dari karbohidrat, sayur, buah, vitamin, susu, daging. Jadi makanan yang kita konsumsi harus bermacam-macan jangan berlebihan. Seperti kita makan daging terus, atau minum susu terus atau malah hanya makan nasi saja. Pola makan seperti itu tidak tepat dan bisa menimbulkan penyakit karena kelebihan zat tertentu.

2.  Menerapkan pola hidup bersih

Makanan tak hanya enak dan bergizi tapi juga harus bersih, dari cara pengolahan, kebersihan bahan makanan dan kebersihan alat yang digunakan. Begitu juga dengan kebersihan rumah dan lingkungan harus dijaga. Kebiasaan untuk cuci tangan juga harus diterapkan pada keluarga.

3. Olahraga teratur

Aktivitas fisik sangat penting untuk membuang lemak jahat apalagi dengan berolahraga teratur tubuh lebih sehat, kesehatan jantung terjaga dan kadar gula dalam tubuh akan terbakar.

4.  Perhatikan berat badan ideal

Menjaga berat badan yang ideal ternyata sangat penting karena kelebihan berat badan terlebih jika sampai obesitas akan mengundang berbagai penyakit generatif seperti jantung, diabetes, darah tinggi dll.

 

Alarm tubuh berbunyi 

Paparan dari dokter di acara bincang bersama Kalbe Farma beberapa waktu yang lalu mengingatkan saya jika pola hidup yang saya jalani selama ini ternyata belum tepat. Dan alarm tubuh saya mulai berbunyi yang menandakan ada yang salah dalam tubuh saya meskipun belum parah.

Selama ini saya sangat jarang olahraga dan berat badan saya melonjak naik dalam 4 tahun terakhir. Semenjak hamil dan melahirkan dua anak, saya memang tidak mengontrol pola makan dengan baik sehingga berat badan saya berlebih. Berat normal saya seharusnya diangka 55-58 kg, tapi saat ini berat badan saya lebih dari 70 kg ((tutup mukaaa)) dengan tinggi 160cm.   

Dari segi kesehatan kelebihan berat badan mengundang penyakit dan dari segi estetika penampilan saya terlihat kurang menarik  gaes ((malu)). 

Persoalan utama bukan dari segi penampilan tapi sudah dua tahun ini lutut saya terasa nyeri saat naik tangga di kantor, apalagi jika saya membawa beban berat akan makin terasa nyeri. Rasa nyeri ini saya abaikan karena belum begitu mengganggu, saya masih bisa beraktivitas seperti biasa. Namun makin kesini tak hanya lutut kaki kanan yang nyeri tapi mulai terasa di lutut kaki kiri juga. Alarm tubuh saya berbunyi ((nguing...nguing)) dan saya tak boleh diam saja.

Saya sadar jika saya tidak merubah pola hidup dan memperbaikinya nyeri di lutut akan semakin parah dan saya tak lagi bisa melaksanakan tugas sebagai Ibu dengan baik. Saya mencari informasi tentang nyeri yang saya rasakan dari internet. Ternyata apa yang saya derita adalah radang sendi, biasa di derita oleh orang lanjut usia tapi juga bisa diderita oleh anak muda seusia saya (30 tahun).

Radang Sendi

Ada banyak jenis radang sendi salah satunya OA (Ostheoarthritis) orang awam biasa menyebut dengan istilah pengapuran tulang, adalah penyakit yang terjadi karena ausnya permukaan sendi yang normalnya halus. Hal ini mengakibatkan terjadinya kontak langsung antara tulang dengan tulang sehingga menghasilkan rasa sakit dan kekakuan.

OA terjadi pada daerah yang pergerakannya luas, misalnya daerah ekstremitas bawah seperti sendi lutut dan sendi panggul. Selain karena daerah ini memiliki pergerakan yang luas, juga karena lutut dan panggul harus menanggung beban tubuh.

Kenapa OA terjadi pada saya (anak muda)?

 

OA tak hanya menyerang orang tua gaes, kini juga banyak menyerang orang berusia muda. Ada dua penyebab timbulnya OA pada anak muda :




1. Trauma
Pernah terjadi trauma seperti terjatuh atau mengalami kecelakaan, sedang saya belum pernah terjatuh hingga lutut luka atau mengalami kecelakaan. Pernah sih jatuh, tapi jatuh cinta. LOL


2. Gaya Hidup
Nah sepertinya gaya hidup saya salah, seperti yang sudah saya ceritakan diatas saya jarang olahraga, pola makan ngawur, berat badan berlebih dan saya seharian bekerja di depan komputer. Hampir 8 jam waktu saya habiskan dengan duduk di depan komputer. Nampaknya ini penyebab utama gaes, yang menyebabkan saya mulai terkena radang sendi.

H2 Superba Krill Oil

Radang nyeri pada lutut tidak bisa saya diamkan begitu saja, saya harus sehat agar saya dan keluarga bahagia. Beberapa program saya lakukan, dari berolah raga lebih rajin, mengkonsumsi sayur dan buah lebih banyak agar BB ideal. Tetapi dua hal tersebut tidak cukup saya memerlukan suplemen yang bisa merawat persendian dan membantu memulihkan.


So lucky me, Kalbe Farma mengenalkan saya pada  suplemen H2 Health& Happiness Superba Krill Oil yang mengandung Krill Oil yang merupakan sumber omega 3 Phospolipid yang kaya kandungan DHA, EPA, serta Astaxanthin yang tinggi antioksidan alami sehingga dapat membantu merawat persendian, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Krill oil merupakan ekstrak badan krill atau zooplankton yang hanya hidup di kawasan Antartika. Produk krill oil bebas dari polusi merkuri sehingga aman bagi tubuh. Krill oil berbeda dengan salmon oil yang sudah ada di pasaran. Krill oil ikatan molekulnya berupa ikatan fosfolipid sehingga lebih cocok dengan seluruh membran sel manusia. Berbeda dengan salmon oil yang ikatan molekulnya berupa ikatan trigliserida. Dengan ikatan molekul yang lebih cocok, maka proses penyerapan  lebih baik.



H2 Superba Krill Oil bisa di konsumsi sehari satu kali, dalam satu kemasan terdapat 30 kapsul lunak.  Berwarna coklat bening dengan aroma khas ikan, yakin deh kalau komposisinya  100% pure Krill Oil. Saya rutin mengkonsumsi H2 Superba Krill Oil setiap hari, sedikit demi sedikit nyeri di lutut mulai berkurang dan saat naik tangga di kantor tidak terasa sakit lagi.

Ohya masbro dan mbak sis, ada beberapa hal yang harus kita per hatikan saat mengkonsumsi multivitamin atau suplemen, antara lain:
1. Mengkonsumsi lebih banyak bukan berarti lebih baik
2. Terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan jadi konsumsi secukupnya dan sesuai dosis
3. Selalu minum apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan karena terdapat multivitamin khusu untuk anak-anak, laki perempuan dan orang tua

Tak hanya mengkonsumsi H2 Superba Krill Oil tetapi saya mempraktekkan berbagai tips kesehatan yang  saya dapatkan dari fanpage H2 Health & Happiness   ada pola hidup sehat, tips olah raga hingga resep makanan sehat. 

 Senam Jari Pencegah Nyeri

Buah Segar Pendukung Anti Nyeri

Antara Radang Sendi, Kolesterol dan Jantung

Berbicara tentang radang sendi membuat saya lebih aware dengan penyakit lain yang bisa timbul dari kebiasaan buruk saya yaitu bekerja di depan komputer hampir 8 jam sehari dan duduk terlalu lama. Saya kawatir jika kolesterol tinggi dan bisa menyebabkan jantung dan melakukan cek darah untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Ternyata masih normal, berada di angka 158. Tapi bukan berarti saya aman dari kolesterol dan jantung, jika kebiasaan buruk masih berlanjut penyakit jantung menanti saya.



Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Sobat Prima, pastinya kita semua ingin hidup sehat selalu agar bisa membahagiakan keluarga, begitupun saya.  Penyakit degeneratif seperti penyajit jantung ataupun radang sendi harus di cegah dengan cara :
1.  Berhenti merokok atau menghindari paparan asap rokok orang lain
2.  Makan makanan yang rendah lemah, kolesterol, gula dan garam

3.  Aktivitas fisik/olah raga teratur
4.  Hindari stress
5.  Rutin cek kesehatan di dokter atau Puskesmas

Kesehatan adalah hal yang paling berharga gaes.  So, hidup sehatlah dari sekarang. Karena dengan tubuh yang sehat, jiwa kamu akan lebih bahagia. Dan jika Ibu sehat, keluarga bahagia.





Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Kalbe Farma H2 Health& Happiness periode 18 April- 18 Mei 2016

Referensi :

http://tabloidnova.com/Kesehatan/Umum/Osteoartritis-Di-Usia-Muda

Comments

  1. Timbunan lemak kalau kebanyakan mmg bahaya ya.
    Makannya harus olahraga juga

    ReplyDelete
  2. Wah, sepertinya saya punya gejala OA niii.. makasih infonya mak, bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Wah. Ada senam jari pencegah nyeri ya tyt?

    ReplyDelete

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular posts from this blog

Pengen Baby Selalu Wangi? Ini Rahasianya Moms

Time flies so fast gaes, tak terasa anak mbarep saya sudah berusia lima tahun. Usia dimana "masa kritis" seorang anak telah terlampaui dan saya merasa sedikit lega. Kenapa dikatakan semasa balita merupakan masa kritis? Karena di usia bawah lima tahun seorang anak masih rentan terkena penyakit, masih membutuhkan penanganan ekstra dan perhatian khusus dari orang tua terutama Ibu.



Hari ini saya sangat bahagia, duo anak lanang sehat dan tumbuh dengan baik, walaupun yang mbarep agak langsingan sedang adiknya lebih gembul. Ya, namanya anak-anak berbeda dan unik. Keduanya amat saya sayangi dan cintai.


By the way busway ((siapa yg naik busway 'nyah)). Walaupun sekarang sudah tidak merasakan rempongnya punya bayi, tapi terkadang banyak hal yang berhubungan dengan bayi membuat saya kangen pengen megang bayi lagi (('sok bikin)). Jujur sih, saya pengen punya bayi lagi, tapi maunya cewek biar ada yang nurunin cantiknya saya ((hueex)), tapi sabar masa produktif saya masih beberapa…

Villa Budi Luhur II , Villa Pilihan Keluarga di Sekipan Tawangmangu

Dah hari Jumat aja nih, weeked brooo, mari piknik biar awet muda ya. Kali ini saya mau membagi cerita piknik keluarga saya beberapa waktu yang lalu. Bukit Sekipan Tawangmangu bisa jadi pilihan kamu untuk berlibur bareng keluarga. Ada villa dengan view cantik, hutan pinus dibelakang rumah dan kebun strawberry di depannya. Nikmat apa yang saya dustakan coba.
Sedianya saya ingin berkeliling Semarang, bersama orangtua, keluarga saya dan adik-adik saya. Tapi hunting hotel koq harganya ga turun-turun dan Bapak saya enggan untuk berjalan jauh, akhirnya saya pengen ngadem aja di Tawangmangu.
Dah pada tahu kan, di Tawangmangu banyak villa cantik dan dekat obyek wisata Grojogan Sewu. Pasti sangat ramai, padahal saya pengen tempat yang sepi, tenang dan dingin. Ratusan hotel, villa dan penginapan berjajar di sekitar Tawangmangu, satu persatu villa saya hubungi dan Villa Budiluhur jadi pilihan saya. Pemilik menawarkan villanya yang baru, karena villa lama sudah dipesan orang lain. Jadilah saya be…

Kolam Renang Water Park Tirta Taman Sari Bantul

Kolam Renang Taman Tirtasari Bantul - Hayoo siapa suka berenang? Pasti banyak orang yang hobi berenang atau hanya sekedari ciblon main air, termasuk saya. Di kota besar banyak terdapat kolam renang di hotel atau water boom dengan fasilitas super lengkap. Bahkan, sebulan yang lalu ada water boom yang di klaim sebagai water boom terbesar se Jawa Tengah. Jogja Bay nama tempat itu.


Kali ini saya tidak akan membahas tentang Jogja Bay, tapi kolam renang di Bantul. Sebuah water park yang tidak terlalu besar, tapi lumayanlah untuk ukuran kota kecil seperti Bantul. Walaupun sederhana tapi sederhana, waterpark Tirta Tamansari ini selalu ramai pengunjung. Di hari libur banyak pengunjung bersama keluarga. Sedangkan saat hari biasa atau bukan hari libur, para siswa dari TK hingga SMA belajar berenang disini.

Bayangin aja, tiket masuk Waterpark Tirta Tamansari Bantul ini cuma 6000 IDR di hari biasa dan 8000 IDR di hari libur. Mulai anak berusia 2 tahun harus membeli tiket masuk dan  walaupupun pen…