Tuesday, 14 June 2016

#HealthyTalk : Kenali Gejala Darah Tinggi Sebelum Terlambat!



Hallo masbro dan mbaksis, masih kuat puasa kan? Baru dapet 9 hari lho, tetep semangat ya dan jangan lupa tetap kontrol pola makan saat berbuka puasa. Karena saat puasa gini kita malah sering "ngamuk" atau balas dendam. Mentang-mentang seharian puasa kemudia pas buka makannya ngawur, segala makanan yang ada di meja di babat habis. Nggak mikir lagi deh kolesterol ataupun lemak.

Gimana gaes, ngerasa kamu juga kayak gitu?

Dan jangan kaget saat bulan puasa berakhir kadar kolesterol melonjak dan tekanan darah tinggi diatas 140 yang artinya kamu terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Oh NO!

Jangan sampai ya usia masih muda tapi udah terkena hipertensi apalagi kalau kamu hobi marah-marah dan stress. Potensi terkena hipertensi makin besar gaes dan segera cek tekanan darah ke dokter jika kamu merasakan gejala seperti ini :

  1. Terasa sakit di kepala
  2. Terasa pegal pada tengkuk kepala
  3. Pusing yang berputar tujuh keliling seperti ingin jatuh
  4. Jantung berdebar cepat
  5. Telinga yang berdenging
Jika kamu merasakan 3 atau lebih gejala diatas segera periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. Karena saat tekanan darah sangat tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah, terjadi stroke dan jika sampai jatuh akan menyebabkan kematian.


Mencegah lebih baik dari pada mengobati

Yes, lebih baik jika kita melakukan pencegahan daripada terlanjur sakit gaes. Masuk angin aja rasanya nggak karuan apalagi menderita penyakit degeneratif. Pasti akan sangat menyiksa, dan membutuhkan banyak biaya untuk penyembuhan.

Beberapa cara pencegahan darah tinggi ini bisa kamu coba gaes:
1.  Diet rendah lemak seperti mengurangi aneka gorengan, lemak dan susu full cream
2.  Kurangi GARAM, ya saya bikin capital karena garam menjadi pemicu utama
3.  Jangan mengkonsumsi daging kambing, durian dan minuman beralkohol
4.  Olahraga teratur
5.  Tidak merokok, kurangi konsumsi kopi
6.  Jangan marah-marah dan lebih slow menjalani hidup
7.  Konsumsi makanan untuk menurunkan darah tinggi seperti mengkudu, mentimun, daun seledri, daun
     pegagan dan belimbing wuluh.

No comments:

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts