Monday, 13 June 2016

Pengen Buka Bersama Keluarga? Ke Hokben Restoran Halal Aja Yuk!

Hokben Restoran Halal



Hokben Restoran Halal - Pada tanggal 4 Juni yang lalu saya bersama teman-teman Blogger Jogja mendapat ilmu yang sangat bermanfaat dari Ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan dari LPPOM MUI Pusat di Hokben Jalan Kaliurang Jogja  membahas tentang Hokben Restoran Halal dan Menu Halal.

Semoga informasi tentang Hokben Restoran Halal yang saya sampaikan bermanfaat ya gaes.

Halal adalah keharusan dan mutlak, apalagi bagi umat Muslim. Ngobrolin tentang kehalalan pasti tidak terlepas dari makanan meskipun yang harus halal bukan hanya makanan yang kita makan, tapi juga pakaian yang kita kenakan, apa yang kita perbuat, apa yang kita bicarakan dan apa yang kita pikirkan. Intinya semua hal harus halal ya gaes.

Di bulan puasa ini paling asyik ngobrolin tentang menu buka puasa yang halal pastinya. Karena apalah arti puasa kita seharian jika ternyata makanan pembuka kita mengandung bahan makanan haram atau pemrosesannya tidak sesuai syariat Islam.


Halal Hukumnya Wajib

 

 

Sobat Prima, bagi umat Islam wajib hukumnya untuk mengkonsumsi makanan yang halal. Pengertian dari halal sendiri itu apa sih? Ibu Osmena dengan gamblang dan kocak menjelaskan panjang lebar tentang halal yang intinya produk yang halal adalah produk yang tidak membuat manusia berbuat dosa dan tidak mendapat hukuman di akhirat nanti

Sedangkan haram berarti segala hal yang dilarang oleh Allah. Dan makanan tak hanya harus halal tapi juga harus THAYYIB. Makanya tak heran jika kamu sering mendengar istilah halalan thayyiban.



Thayyib artinya lezat, baik, sehat, menentramkan dan paling utama. Bagi umat Islam juga dilarang mengkonsumsi makanan haram yang terdiri dari:

1. Daging Babi
2. Khamr (minuman keras)
3. Darah
4. Bangkai
5. Binatang yang disembelih tidak sesuai Syariat Islam


Apakah Makanan yang Kita Masak Sendiri Sudah Pasti Halal

 

Sering kita kawatir saat jajan atau makan di luar apakah mereka memasak secara halal, menggunakan bahan baku yang tidak haram dan pasti kamu tidak pernah berpikiran apakah makanan yang kita masak sendiri sudah pasti kehalalannya?

Eits, berdasar paparan materi dari Ibu Osmena ternyata belum tentu lho, karena  penilaian halal tak hanya dari bahan baku dan cara penyembelihan tapi dari unsur kebersihan dan kesehatannya juga. Jika cara memasak atau pengolahan suatu makanan jauh dari kebersihan dan kesehatan bisa jadi makanan tersebut tidak halal 100%.


Bagaimana cara mencermati pengolahan makanan dari bahan hewan yang halal? 

 

Ada tiga titik kritis yang harus kita cermati dalam pengolahan makanan khususnya yang berbahan baku dari hewan yaitu:
  1. Apabila berasal dari hewan, harus berasal dari hewan halal dan proses penyembelihannya sesuai dengan syariat islam
  2. Jika diproduksi secara mikrobial harus jelas media yang digunakan untuk pertumbuhan dan produksinya
  3. Bahan tambahan lain yang digunakan harus halal termasuk proses pembuatan juga harus dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang halal juga.


Kebutuhan Makan yang Berbeda 

 

Jaman dulu orang makan dengan menu apa saja sudah lahap yang penting halal tapi masyarakat sekarang gaya makannya udah beda. Coba tanya ke diri kamu sendiri lebih suka makan pake bungkus daun atau menggunakan piring bagus atau dikemas secara cantik?

Pasti pilih yang dikemas dengan wadah yang bagus dengan penyajian yang menarik pula.

Bener khan?

Begitupun saya dan keluarga suka banget makan di restoran karena terjamin rasanya, kualitas dan pastinya nyari restoran yang halal.


Pertanyaannya bagaimana menentukan produk atau restauran yang sudah pasti kehalalannya?

Ini caranya gaes :
1.  Lihat logo halal MUI pada kemasannya
2.  Perhaikan komposisi produk pada kemasan.
3.  Cek daftar produk yang sudah memiliki sertifikat Halal MUI melalui Jurnal Halal, Aplikasi Halal yang bisa didownload via android /IOS dan cek langsung di website http://www.halalmui.org
4.  Email langsung ke info@halalmui.org
5.  SMS ke 98555 dengan cara Halal (spasi) Nama Produk
6.  Cek di FB LPPOM MUI dan  akun twitter / instagram HalalIndonesia

Gampang banget kan gaes mencari tahu kira-kira restoran favorit kamu sudah bersertifikat halal atau belum. Jangan sampai 'deh kita makan di tempat yang belum pasti kehalalannya apalagi saat bulan puasa seperti ini.

 

Hokben Restoran Bersertifikat Halal

 

Sobat Prima, kebetulan salah satu restoran favorit keluarga saya sudah bersertifikat halal sejak 2008. Jadi saya tenang makan di sana, apalagi sekarang resto tersebut brandnya lebih mudah diingat dengan nuansa yang lebih cerah.

Penasaran ama resto favorit saya?

Kasih tahu nggak yaaaa?



Pasti kalian sudah tahu donk Hokben atau dulu sering di sebut Hoka-Hoka Bento, restoran bernuansa Jepang tapi pemiliknya orang Indonesia lho gaes. Jangan salah ya, walaupun nama, branding, style, menu makan memang bergaya Jepang tapi ownernya bukan orang Jepang. 

Sertifikat halal Hokben



Hoka Hoka Bento sudah berdiri sejak tahun 1985, usianya hampir sama dengan saya ternyata. Dan bisa dipastikan kualitasnya donk karena mampu bertahan hingga sekarang. Hoka Hoka Bento sudah memiliki sertifikat Halal sudah hampir 8 tahun ini. Dengan serangkaian pengujian dari LPPOM Mui terbitlah sertifikat halal dan konsumen bisa tenang saat makan disana.


Tidak mudah lho mendapatkan sertifikat Sistem Jaminan Halal karena ada 11 kriteria yang harus dipenuhi, yaitu :

1. Kebijakan Halal
2. Tim Manajemen Halal
3. Pendidikan dan Pelatihan
4. Bahan
5. Produk
6. Fasilitas Produksi
7. Prosedur tertulis untuk aktivitas kritis
8. Penanganan produk untuk yang tidak memenuhi kriteria
9. Traceability
10. Internal audit
11. Management review
Lantas apa manfaat dari penerapan SJH antara lain :

1. Menjamin kehalalan produk selama berlakunya Sertifikat Halal MUI
2. Timbul kesadaran internal dan perusahaan memiliki pedoman kesinambungan proses produksi halal
3. Memberikan jaminan dan ketentraman bagi masyarakat
4. Mencegah kasus ketidakhalalan produk bersertifikat Halal
5. Mendapatkan reward

Kenapa memilih restoran cepat saji Hokben?

 

Makin kesini restoran cepat saji menjamur dari yang biasa hingga yang mewah, tapi saya sering makan disini karena beberapa alasan :

1.  Sudah pasti Hokben halal dari bahan baku, pengolahan hingga peralatan yang digunakan
2.  Saya suka masakan Jepang, Hokben menyajikan menu khusus masakan Jepang jadi saya bisa
     mendapatkan makanan kesukaan tapi taste masih sesuai dengan lidah jawa saya.
3.  Hokben punya 3 cabang di Jogja di Ampaz, Jakal dan Mall Malioboro. Lokasi terdekat dari rumah saya
     di Amplaz.
4.  Hokben punya fasilitas delivery, drive thru, melayani pesta ulang tahun bahkan sekarang ada kafenya
     juga.
5.  Melayani pesanan dalam partai besar untuk acara gathering, resepsi dan pesta.
6.  Hokben menggunakan bahan baku terbaik, misal daging import dan bawang bombai import agar kualitas
     masakan terjamin.
7.  Masakan di Hokben selalu fresh. Ya, karena masakan di Hokben langsung dimasak setelah ada order,
     bukan menghangatkan masakan yang sudah dimasak sebelumnya.
8.  Ada hadiah mainan untuk anak-anak. Yes, setiap membeli paket tertentu ada hadiahnya lho. Duo anak
     lanang hepi banget kalau dapet hadiah saat makan di Hokben.



Promo terbaru Hokben di bulan Ramadhan

Mas bro dan mbaksis, puasa-puasa gini ngobrolin menu lezat di Hokben tetep fokus puasa khan. Godaan setan nggak ngaruh khan? LOL.

Tenang, tunggu sampai waktu berbuka tiba. Ajak keluarga berbuka di Hokben karena ada beberapa promo yang bisa kamu dapatkan di bulan Ramadhan ini. Salah satunya Bento Ramadhan, ada beberapa menu yang bisa kamu pilih. Info lengkapnya sih cuss deh ke website Hokben langsung di www.hokben.co.id




Bagaimana gaes? 

Nggak usah sampai melongo gitu deh, kebetulan sebelum puasa kemaren saya sudah mencicipi Menu D yang terdiri dari Nasi, Salad, Chicken Teriyaki, 2 pcs Egg Chicken Roll, 1 pc Ebi Furai. 

Jika kamu pengen boleh kok intip gambar saya. LOL





Ohya, ada satu lagi gaes promo terbaru dari Hokben yaitu Omiyage berasal dari bahasa Jepang yang artinya buah tangan. Cocok banget untuk oleh-oleh buat keluarga, pulang kerja mampir Hokben dan bawa Omiyage pasti anak-anak bakal hepi. Dan kalau dihitung-hitung harganya lebih murah jika dibandingkan beli satuan ((irit mak))



Nah, sobat Prima yang ganteng dan cantik sudah tahu kan cara memilih restoran yang halal dan tidak?
By the way busway, selamat menjalankan ibadah puasa jangan lupa berbuka dengan yang halal dan boleh lho kirim paket Omiyage buat saya. ((ngarep)).


1 comment:

  1. Sertifikat halalnya OK juga dipajang untuk dilihat pelanggan... Boleh nih makan di HokBen...

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts