Tuesday, 14 June 2016

Devro Casing Sosis



Setiap pagi saya selalu meluangkan waktu untuk memasak. Terkadang dua macam sayur tapi jika waktu terbatas saya hanya memasak satu jenis khusus untuk anak-anak. Sebenarnya dekat rumah banyak warung makan yang menyediakan sayur dan lauk tapi kebanyakan bersantan dan pedas. So pasti duo anak lanang nggak doyan laj, kalau emak ama Bapaknya sih oke-oke saja. LOL.

Sayur favorit duo anak lanang adalah sayur sop dengan irisan sosis yang banyak. Dan sepertinya hampir semua anak suka banget ya makan pakai sayur sop. Segar dan sehat karena sayurnya macem-macem dari wortel, kol, brokoli, daun loncang dan kentang.


Agar anak-anak tidak bosan sosis yang saya gunakan ganti-ganti, kadang sosis ayam dan lain hari sosis sapi. Di lain waktu pake galantin dan sering juga tanpa daging karena tanggal tua gaes. LOL



Ngomongin tentang sosis tenyata sebagai ibu kita harus jeli saat memilih sosis yang akan di konsumsi karena menyangkut kesehatan anak gaes. Tak hanya merk tetapi casing (selongsong/kulit) sosis juga harus diperhatikan, antara lain :
1.  Bahan baku casing sosis halal
2.  Food grade
3.  Tipe casing
4.  Warna casing

Salah satu produsen casing sosis yang terpercaya adalah Devro. Produsen casing sosis yang telah dikenal oleh semua perusahaan pengolahan daging di dunia. Tak tanggung-tanggung Devro telah memasok kebutuhan casing sosis dari 50 negara. Begitu juga Indonesia juga menggunakan casing sosis dari Devro

Pabrik Devro ada di Australia dan kebutuhan kulit sosis di Indonesia yang terbanyak collagen casing yang sudah dipastikan kehalalannya dan lolos test food grade. 

Ada 4 jenis casing yang dibedakan menurut cara pengolahannya :

1. Fresh
2. Processed
3. Smoked
4. Dried

Berdasar warnanya casing sosis ada 4 warna:
  • Clear/white
  • Bold red
  • Frankurter red
  • Continental Brown
Casing sosis ternyata beraneka ragam ya karena sosis ternyata juga macemnya banyak gaes, saya mah tahunya cuma sosis So Ni*e yang harganya terjangkau. LOL. Pilihan sosis ada frankfurter, wiener, hot dog, chipolata, cabanossi, salami, lapcheong (chinesse sausage), snackstick dan lain lain. 



Bingung kan mau pilih sosis yang mana?

Saya memilih sosis dengan casing kolagen terbuat dari kolagen sapi dan bisa langsung dimakan. Saya tak perlu mengupas kulitnya sebelum dimasak atau digoreng. Sosis dengan collagen casing  teksturnya lebih kenyal, padat dan tampilannya menarik. Anak-anak sangat suka karena ada sensasi "knak bite Devro selalu berinovasi dan memproduksi varian baru seperti Devro Edible Collagen Film, dan Devro Tubular Collagen untuk cooked Beef dan smoked  beef.

Sobat Prima berikut tips  untuk Casing sosis bahan Collagen :

  • Processing :
Setelah casing sosis diisi adonan , sosis dioven pada temperature 600 C selama 30 menit sampai permukaan sosis kering . Tujuannya supaya kulit sosis menyatu dg isi sosis sehingga kuli sosis tdk lepas pada saat digoreng atau dibakar. Sosis yg sdh di drying ( Dioven) , direbus pada suhu maksimal 80 0 C antara 45 sampai 60 menit

  • Penyimpanan :
Casing collagen jangan terlalu sering kontak dg udara luar , usahakan disimpan di dalam wadah tertutup (Kemasan Plastik / Tupperware ) kemudian ditempatkan di tempat sejuk / ruang ber AC atau di kulkas di bagian rak sayur

No comments:

Post a Comment

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts