Mudahnya Berinvestasi Reksa Dana di KlikMAMI


Hai gaes, pernahkah kalian merasa galau?

Pernah donk, akhir-akhir ini saya sedang merasa galau atau lebih tepatnya resa ((cie-cie)). Bukan galau karena cinta kayak kamu lho ya tapi saya sedang dilanda "kegalauan ekonomi". Weis, bahasa saya dah terpengaruh Vickynisme nih. LOL

Pengen tahu "kegalauan ekonomi" yang saya rasakan? OK, silakan duduk dan simak cerita saya ya.

Saya dan suami saat ini sudah berusia diatas 30 tahun, kami sudah menikah hampir 6 tahun. Kami berdua sama-sama pekerja dalam artian kami punya pendapatan masing-masing. Memang kami sudah punya rumah dan mobil tapi kami juga punya hutang ((hutang kok dicrita2in)).

Dari dua sumber pemasukan, semuanya selalu habis tak bersisa. Gaji saya untuk angsuran, sedang
pendapatan suami untuk biaya hidup dan biaya piknik ((tahu kan saya suka piknik)). Saya merasa kami masih muda, investasi nanti-nanti aja. Gaji yang selalu habis dan hanya tersisa sedikit untuk tabungan tidak masalah toh kami masih bisa bekerja terus. 

Makin kesini saya dan Mas Bojo merasa kawatir, karena tabungan kami cuma sedikit. Teori ekonomi yang mengharuskan seseorang menyisihkan 30 persen pendapatannya untuk di tabung, baru kemudian membelanjakan sisanya tidak kami praktekkan. 

Saya ((kami berdua)) merasa galau gaes, apa iya kami bakal menjalankan gaya hidup seperti ini. Tidak ada investasi, tidak ada dana cadangan ((seharusnya 3x pemasukan)), gaji selalu habis, padahal ke depan biaya hidup makin mahal, dua anak kami butuh pendidikan terbaik dan di hari tua kami tidak mau masih bekerja keras demi biaya hidup, karena kami tidak punya dana untuk hari tua.


Oh, NO.


Saya ingin di hari tua nanti saya sekeluarga sejahtera dan bahagia donk. Mulai sekarang kami harus merubah gaya hidup. Kami harus mengevaluasi pengeluaran bulanan dengan cara :

1. Mencatat seluruh pengeluaran saya
2. Memangkas beberapa pos pengeluaran
3. Berbelanja barang yang saya butuhkan bukan yang saya inginkan
4. Menyisihkan terlebih dahulu untuk ditabung/investasi.

Saya harus Investasi Sekarang


Tagline yang ngetrend dari Bapak Wapres, lebih cepat lebih baik memang tepat gaes. Kenapa harus menunda berinvestasi jika sekarang bisa. Saat sekarang di usia produktif saya  bisa melawan pengeluaran dengan penghasilan. Jika nunggu di hari tua saat sudah tidak produktif yang ada malah harus kerja lebih keras untuk mencukupi kebutuhan padahal fisik sudah tidak maksimal.

Saya Bingung Mau Investasi apa?

 


Yang menjadi permasalahan lagi pada saya, uang yang saya sisihkan mau saya tabung atau investasikan. Kalau ditabung lama-kelamaan malah bisa berkurang karena ada pengurangan dari pajak, risiko kredit dan inflasi. Ada juga pengurangan dari administrasi bulanan, administrasi ketika mengambil tunai secara offline.

OK, opsi pertama yaitu menabung tidak sesuai dengan tujuan saya untuk mendapatkan manfaat jangka panjang, saya harus berinvestasi yang nilainya cenderung meningkat dan lajunya bisa melawan inflasi. Ada beberapa pilihan investasi, ada emas, properti, asuransi, deposito, reksadana, pasar modal.

Tapi,  beli emas, properti harganya mahal. Sisa gaji saya cuma beberapa ratus ribu gaes ((isin)). Mana cukup buat beli tanah, paling cuma dapet beberapa ember. LOL.

Investasi pasar modal malah tambah bikin bingung, pilihan terakhir hanya reksadana atau deposito?


*********************

Kegundahan hati saya sepertinya didengar Tuhan gaes, DIA nggak mau saya salah pilih ((jodoh)) investasi. Undangan acara Bincang Investasi Reksadana untuk Blogger Jogja di hari Sabtu, 30 April yang lalu tidak saya lewatkan.


Mbak Indah Julianti menyapa teman-teman blogger sebelum acara Bincang Investasi Reksadana Manulife dimulai. Dilanjutkan sambutan Mas Irfan dari perwakilan Manulife dan di sesi berikutnya Mas Surya Hadinata memberikan materi tentang Manulife Asset Manajemen, Reksadana, #NyicilMasaDepan dan #KlikMami.

Mas Surya dengan semangat memaparkan materi

Apa yang disampaikan oleh Mas Surya diawal materi tidak lepas dari gaya hidup masyarakat sekarang. Hampir miriplah ama pola yang selama ini saya jalankan. Pola hidup yang mengutamakan konsumerisme dan minim investasi. 

Lhaaa, apa yang saya alami ternyata juga dilakukan mayoritas masyarakat sekarang gaes! Dan masih minimnya minat masyarakat untuk berinvestasi demi masa depan. Mas Surya memaparkan, jika 100% pendapatan seseorang itu habis untuk mencukupi ketbutuhan hidup yang terdiri dari :



Mas Surya mengajak teman-teman untuk segera melakukan tiga langkah sadar investasi demi masa depan :
1. Insyaf



2. Irit

3. Invest



Kita disarankan untuk berinvestasi lebih awal dan ACT NOW, ngga usah nunggu sampai besok, tapi investasi apa yang ringan, mudah dan aman?



Keunggulan Reksa Dana


Dalam bahasa resmi Reksadana adalah :
wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat, untuk selanjutnya diinvestasikan oleh Manajer Investasi dalam portofolio efek. Keuntungan yang diperoleh berupa kenaikan nilai investasi seiring dengan berjalannya waktu periode investasi.

Secara teori memang agak susah dipahami, tapi saya ambil mudahnya aja langsung saya cerna KEUNGGULAN dari Reksadana yaitu  investasi yang terjangkau, memanfaatkan potensi pasar modal, diversifikasi, mudah, aman, bukan objek pajak dan bisa cair kapan aja.

Nah poin terakhir bagi saya sangat penting, karena kita tidak tahu apa yg terjadi di masa depan, jika saya tiba-tiba membutuhkan uang investasi tersebut harus bisa cair kapan saja.

Pilihan Investasi di Era Digital


Saya yang kepengen beli produk Reksadana dari setahun yang lalu selalu mundur teratur karena berbagai prosedur yang agak ribet, apalagi waktu yang terbatas. Senin hingga Jumat bekerja dan pastinya tidak bisa keluar dari kantor untuk membeli Reksadana. Sedang di hari Sabtu libur tapi kantor penyedia produk Reksadana tutup. 

Terus saya kapan investasinya gaes?

Rupanya kegelisahan saya terjawab dengan adanya  klik MAMI. Klik MAMI adalah situs transaksi online Reksa Dana Manulife yang bisa kita akses darimanapun dan kapanpun yang kita inginkan. Mulai dari berinvestasi, melakukan berbagi transaksi seperti pembelian, pengalihan dan pencairan, memonitor portofolio investasi sampai memperbarui data, dapat di lakukan di KlikMAMI. 

Reksadana Manulife ini dikelola oleh Manulife Asset Manajemen Indonesia (MAMI). Ada beberapa macam Reksadana dari Manulife yang bisa kita beli yaitu Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan tidak Tetap, Reksadana Campuran dan Reksadana Pasar Uang. Kamu bisa tahu lebih banyak di www.reksadana-manulife.com


Benarkah Berinvestasi Reksa Dana di Klik MAMI sangat mudah?

Saya bukan tipikal orang yang mudah percaya sebelum mencoba sendiri. Kebetulan pada saat acara Bincang Investasi Reksadana kemaren saya langsung mencoba untuk registrasi di situs KlikMAMI. Syarat yang dibutuhkan sebelum mendaftar cukup simpel, antara lain:
  1. KTP yang masih berlaku
  2. Email aktif yang digunakan
  3. Nomor telepon 

Bagaimana gaes, sudah jelas belum cara registrasi KlikMAMI? Jika belum kalian bisa lihat gambar dibawah, urutan apa saja yang harus dilakukan hingga kita bisa melakukan transaksi reksadana di KlikMAMI.



    Ohya, setelah dua hari kita bisa melakukan trasaksi. Dari pembelian unit, mengalihkan atau mencairkan bisa dilakukan sambil ngapain aja. Yang penting terkoneksi dengan internet dan masuk ke KlikMAMI.com. Mudah kan gaes?

    Kenapa memilih Manulife Asset Managemen Indonesia? 

    Pasti ada yang kepo nanya gini ya gaes? Yes, sebagai calon investor kita harus jeli memilih manager investasi yang bagus dan kredible. Pastinya dari rekam jejak perusahaan tersebut. 
    1.  MAMI sudah ada di Indonesia lebih dari 18 tahun
    2.  MAMI merupakan salah satu manajer investasi terbesar di industri reksa dana dan pengelolaan dana secara eksklusif di Indonesia, dengan dana kelolaan Rp52,3 triliun
    3.  Mendapat berbagai penghargaan di bidang pengelolaan Reksa Dana dari dalam dan luar negeri
    4.  Mempunyai 19 pilihan produk Reksa Dana
    5.  Pelayanan secara online yang cepat dan praktis

    Reksadana Manulife Dana Kas II (MDK II)

    Salah satu Reksadana dari Manulife adalah MDK II merupakan Reksa Dana Pasar Uang berbasis efek utang berjangka waktu kurang dari 1 tahun. Kita bisa bandingkan dengan Deposito ya, kira-kira besaran mana keuntungan yang kita dapatkan?



    Bagaimana sobat Prima? 
    Masih maju mundur cantik untuk berinvestasi-kah? 
    Kalau saya sih sudah menemukan investasi yang saya butuhkan.
    Kamu kapan?

    Komentar

    1. Aku sih masih tahap irit aja. Investnya malah blm terlalu. Hehe

      BalasHapus
    2. Ayoook invest bersama buat ke maldivest, hahaaa teteeep maldivest :D

      BalasHapus
    3. Selamat berinvestasi ya mbak, semoga manfaat dan barokah. Salam kenal dari saya :)

      BalasHapus
    4. saya mau nanya nihh.investari raksadana itu gimana ya mbak ?.saya cuma tau modalnya sedikit tapi kita nanam modalnya cuma 100k aja atau kita harus nyetor setiap bulannya ?.makasih mbak.

      BalasHapus
    5. saya mau nanya nihh.investari raksadana itu gimana ya mbak ?.saya cuma tau modalnya sedikit tapi kita nanam modalnya cuma 100k aja atau kita harus nyetor setiap bulannya ?.makasih mbak.

      BalasHapus

    Posting Komentar

    Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)