Friday, 6 May 2016

Hidup Bertetangga Itu Harus Saling Menghormati, Ini Dia Etika Tinggal di Perumahan



Selamat pagi sobat Prima, pasti kalian lagi liburan ya atau sekedar di rumah berkumpul bersama keluarga. Apapun itu, nikmati dengan bahagia. Kali ini saya bakal ngebahas postingan yang agak serius dikit ya gaes yaitu tentang etika dalam bertetangga. Wuhaa, serem ya temanya. 

Nggak kok, kita bahas yang ringan aja ya. Hidup di perumahan, baik Anda tinggal di perumahan elit ataupun perumahan murah bersubsidi ala perumahan buatan Perumnas, membutuhkan Anda untuk hidup bertetangga. Itu berarti, meskipun kebiasaan hidup modern di kota besar adalah saling cuek antar tetangga dan tak saling mengenal (atau tak mau mengenal), ada banyak etika yang harus Anda ketahui agar semua pihak bisa tinggal berdampingan dengan tenang.

Secara umumnya, ketika Anda menjadi orang baru di daerah perumahan, baik itu perumahan harga murah ataupun yang mahal, ini norma-norma yang bisa Anda jalankan:


1.  Perkenalkan diri Anda kepada tetangga kanan-kiri dan depan Anda. Tunjukkan bahwa Anda memang memiliki itikad baik
2.  Menyapa tetangga yang sering Anda temui ketika di luar rumah juga adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan. Tak masalah jika Anda belum mengenal namanya.
·       3.  Jangan parkir kendaraan di depan rumah orang lain ataupun ketika ada kendaraan lain di seberang yang membuat jalanan menjadi bertambah sempit. Ingat, jalanan bukan milik Anda seorang.
·         4.  Laporkan ke kepala RT bila ada tamu yang menginap semalaman lebih.
·         5.  Tidak membuat ribut adalah etika standar yang juga harus Anda junjung tinggi.

Etika tersebut juga harus Anda ingat ketika Anda akan melakukan renovasi untuk rumah, seperti:


·       1. Memberitahukan tetangga sebelah Anda yang akan paling terganggu dengan suara ribut bahan bangunan, kuli, dan peralatan berat.
·      2. Jika tetangga mengalami kerusakan di rumahnya karena proses renovasi rumah Anda, maka Anda yang akan bertanggung jawab.
·     3. Ketika hari Minggu dan libur nasional, Anda sebaiknya ikut meliburkan para pekerja agar ketenangan liburan di sekitar rumah tak terganggu.

Etika yang harus Anda lakukan di perumahan murah maupun yang elit tidaklah jauh berbeda. Anda tetap harus peduli dengan orang lain, mengetahui mana batasan Anda, dan tidak hanya memikirkan diri Anda sendiri saja. Anda tinggal bersama dengan orang lain di kawasan yang sama, dan setiap orang berhak untuk mendapatkan ketenangan dan memanfaatkan fasilitas yang sama. Jadi, junjunglah tinggi-tinggi etika bertetangga tersebut.

2 comments:

  1. Suka dgn penghuni perumahan yg kompak kalau semua rules diatas dijalankan ya mb :) jadi kkeluargaan kyk hidup di perkampungan.

    ReplyDelete
  2. Seneng kalau tinggal diperumahan & tetangganya saling pengertian walau sekarang makin jarang si :( kadang banyak yg ngumpul (akrab) karena sama2 dari daerah yg sama aja kalau orang dari luar daerah mereka biasanya agak susah diterima

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts