Monday, 30 May 2016

Baju Lebaran untuk Mereka



Di penghujung bulan ini saya harus ke supermarket, karena beberapa bahan makanan, alat mandi dan keperluan si kecil habis. Padahal dompet juga masih tipis ((curhat)). Tapi, setipis apapun dompet saya tetep harus belanja, demi kestabilan dapur gaes. LOL.

Tapi ada yang beda dengan tampilan supermarket langganan saya. Toples kue kering nampak berderet di rak-rak, ratusan botol sirup tersusun rapi di depan kasir. Aneka jenis makanan kering juga terlihat lebih banyak dari biasanya. Membuat saya berpikir, ada apa ya. Dan setelah saya lihat kalender saya baru sadar jika sebentar lagi Lebaran gaes.

Melihat sirup yang warna-warni duo anak lanang  mulai ribut minta dibelikan sirup, mereka tak tahan melihat warna cerah dari sirup-sirup itu. Tapi keinginan mereka tidak saya turuti, nanti saja nunggu dapat THR ((emang dapet?)). Kata Pak Jokowi sih PNS bakal dapet gaji ke 14 gaes, lumayan buat tambahan beli sirup. ((senyum)).

Menurut penanggalan pemerintah, puasa akan dimulai tanggal 6 Juni, itu berarti tinggal satu minggu lagi umat Muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Dan setelah sebulan berpuasa mereka akan merayakan hari kemenangan di hari Lebaran. 

Nah, kalian pasti tahu donk apa sih yang ngehits di hari lebaran selain dapet fitrah dari saudara? Yes, bener banget. Pastilah baju lebaran jadi salah satu kebutuhan di hari raya. Karena kita ingin menyambut hari raya dengan suasana baru dan hati yang baru. Tapi tidak harus selalu dengan baju yang baru yang baru ya.

Saya memang tidak merayakan Lebaran, tapi banyak saudara dan handai taulan yang Muslim dan merayakan Lebaran. Sesekali saya membeli baju baru untuk saya dan anak-anak tapi tidak mesti tiap tahun. Yang penting baju yang dikenakan bersih, rapi dan sopan.

Selain membeli baju untuk keluarga, jika ada rejeki lebih saya  memilih untuk membelikan baju lebaran untuk saudara atau anak-anak yang kurang beruntung. Tidak banyak sih, hanya beberapa anak. Melihat mereka yang sangat bahagia saat mengenakan baju baru di hari Lebaran menjadi suatu kebahagiaan bagi saya.

Membeli Baju Lebaran via Online


Jika dulu saya harus berdesak-desakan dengan pengunjung mall atau toko pakaian, sekarang saya memilih belanja online saja. Lebih praktis, tidak memakan waktu, tak perlu "suk-suk an" dan barang yang saya inginkan pun sesuai dengan pilihan. Apalagi banyak model baju lebaran yang bisa saya pilih-pilih, tidak tergesa-gesa dalam menentukan baju yang sesuai dengan orang yang akan saya beri.

Karena saya akan memberi baju lebaran untuk orang lain, saya harus memastikan baju itu nyaman dan mereka suka dengan baju lebaran itu. Beberapa tips saat membeli baju lebaran ala saya antara lain:

1.  Memilih bahan yang ringan, nyaman dan tidak panas.
     Saat lebaran pasti banyak orang, banyak aktivitas dan akan lebih nyaman jika memakai baju yang
     menyerap keringat dan tidak panas
2.  Model baju yang tidak musiman agar bisa dipakai juga selain hari Lebaran.
     Pilih model baju yang tidak terlalu ramai, sehingga bisa kita kenakan di hari biasa atau moment lain.
     Pastinya ini salah satu cara penghematan ya gaes.
3.  Pastikan ukuran baju sesuai dan pas, jangan sampai membelikan baju untuk orang lain tapi kebesaran
     atau malah tidak muat.
4.  Sesuaikan baju yang kita beli dengan anggaran kita, jangan sampai membeli baju lebaran yang mahal  
     tapi  setelah lebaran kita kehabisan uang.

Sobat Prima, selamat menjalankan ibadah puasa di minggu depan ya. Semoga puasanya lancar, ibadah tanpa gangguan dan jangan lupa banyak saudara yang kurang beruntung di sekitar kita.

3 comments:

  1. wah , aku dulu algi anakkku kecil beli baju baru, setelah anak besar sih gak pernah lagi, mereka sudah tahu arti lebaran sesungguhnya

    ReplyDelete
  2. kalau saya sebagai kakak,saya selalu membelikan baju2 lebaran untuk adik2 saya. :-)

    ReplyDelete
  3. Wah puasa sebentar lagi ya, siap-siap nemenin istri hunting baju lebaran nih...

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts