Thursday, 3 March 2016

ASUS Zenfone 2 ZE550ML , Teknologi Notebook Ada dalam Genggamanmu


Hallo pemirsah, saya datang membawa kabar baik dari ASUS.

Apakah itu?

 Lagi-lagi ASUS merilis smartphone andalan mereka. Setelah sebelumnya berbagai seri dikeluarkan seperti Zenfone 4, 5 dan 6 yang laris manis di pasaran. Kini ASUS berbaik hati menggelontorkan sebuah smartphone yang mempunyai spesifikasi kelas atas tapi dengan harga yang terjangkau.

Pasti kamu penasarankah kayak apa sih smartphone  yang diklaim ASUS punya tampilan ciamik dan berkemampuan gahar ini tapi harganya terjangkau? Bahkan punya julukan sebagai notebook dalam genggaman.

Ngeri ngeri seram khan?




Yes, Zenfone 2 ZE550ML ini merupakan salah satu smartphone yang kehadirannya dinanti banyak orang dan tentu tidak mengecewakan, karena Zenfone 2 ZE550ML menggunakan prosesor yang setara dengan prosesor notebook. 

Baiklah, sebelum kamu makin penasaran saya akan mengajak kamu menelisik satu persatu spesifikasi Zenfone 2 ZE550ML. Bener nggak sih lebih gahar dari seri sebelumnya? Kita simak video nya ya.




Gimana pemirsah?

Video diatas sudah bikin kamu terpesona akan keindahan tampilan Zenfone 2 ZE550ML belum? Sudah donk, saya aja udah klepek-klepek lihat tampilan elegan dan performa Zenfone 2 ZE550 ML di video tadi. Biar makin mupeng, yuk bersama saya kita bahas tuntas si Zenfone 2 ZE550ML.


Apa saja yang kita dapatkan ketika membeli Zenfone 2 ZE550ML ?

 



Jika box sudah ditangan pastikan untuk mengecek kelengkapannya, dari spesifikasi dan no produk yang ada di belakang box. Dibuka pelan-pelan, diputar terus dicelupin. Eh salah malah iklan produk biskuit ya, setelah dibuka dengan cara ditarik periksa kelengkapannya dari handheld Zenfone 2, charger dan kabel datanya, buku petunjuk dan kartu garansi serta sticker kode produksi. 

Ohya, pastikan kamu membeli produk Zenfone di distributor resminya, yaitu Erajaya Swasembada (TAM), Synnex Metrodata dan Datascrip. Diluar itu Zenfone yang kamu beli dianggap produk tidak resmi.

Spesifikasi Dasar Zenfone 2 ZE550ML

 



Nah, dari gambaran diatas kamu sudah bisa melihat spesifikasi dasar Zenfone 2 ZE550ML ini. Gimana, mulai yakin akan kinerja dan perform yang handalkan. Pastinya aktivitas kamu yang mobile, multitasking akan sangat terbantu dengan kehadiran smartphone ini. 

Yuk mari, kita bahas satu-satu ya kehandalan dari Zenfone ZE550ML :




Saya paling suka menggenggam HP yang tipis, enak dipegangnya dan muat saat dikantong. Zenfone 2 ini sangat ramping lho, hanya 3,9mm disisi tertipisnya. Jarak yang tipis memudahkan saya mengakses layarnya. Apalagi jika banyak pilihan warna menarik design yang elegan dan terlihat "wah" tapi tetep harganya terjangkau ya. Kalau mahal mah, daku mikir-mikir dulu, xixixi.



ZenFone 2 menggunakan ergonomic arc design, di mana sisi belakangnya dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Ia juga punya ketebalan 1,09cm di bagian tengah dan hanya 0,39 cm di sisi-sisinya sehingga terasa lebih nyaman digenggam. 





Bentang layar yang cukup luas, sebesar 5,5 inci milik ZenFone 2 juga tak membuat dimensi smartphone ini menjadi bongsor. Dengan merampingkan bezel, panjang yang 15,2cm dan lebar hanya 7,72cm membuat 72 persen dari luas penampang body merupakan bagian layar. Persentase ini lebih tinggi dibanding sejumlah smartphone premium besutan produsen lain.


Layar resolusi HD 1280 x 720 piksel yang digunakan juga sudah berteknologi IPS yang mampu menyediakan sudut pandang sangat luas, hingga 178 derajat.

Dibandingkan dengan smartphone premium lain yang memiliki 5 lapisan pada display, teknologi Truvivid display ASUS ZenFone 2 hanya menggunakan 4 lapisan yakni modul LCD, OCA (Optical Clear Adhesive), Sensor, dan Cover Glass. Kelebihannya, level transparansi display menjadi lebih tinggi, mencapai 94 persen dan ketebalan komponen display bisa direduksi.




Tak lupa penambahan Corning Gorilla Glass 3 hadir guna meningkatkan daya tahan terhadap goresan ataupun benturan ringan. Layar Asus Zenfone 2 responsif dan mendukung fitur Glove mode, jika diaktifkan layar menjadi sensitif bahkan saat jari pengguna memakai sarung tangan.




Ok, pemirsah jika tadi kita sudah bahas bodi luarnya Zenfone ZE550ML sekarang kita beralih ke onderdil dalamnya. Kira-kira seberapa gahar performa dari Zenfone ZE550ML ?

  • Prosesor quad core Intel 64-bit (Moorefield) Z3560




ASUS ZenFone 2 versi ZE550ML dengan RAM 2GB, storage 16GB, diperkuat dengan prosesor quad core Intel 64-bit (Moorefield) Z3560 berkecepatan 1.8GHz. Dari sisi grafis, kini ZenFone 2 menggunakan chip PowerVR 6430 berkecepatan 533MHz yang mendukung OpenGL 3.2 yang digunakan pada aplikasi grafis dan game terkini.

Prosesor Intel Z3560 memiliki performa hingga 3 kali lebih tinggi dibanding sebelumnya, dan kecepatan hingga 7 kali lebih pesat pada gaming. Kita bisa bermain game, berselancar di dunia maya sepuasnya , dan memutar video HD tanpa gangguan . Kebutuhan akan multitasking dan mobile bisa dikerjakan dengan lancar.





Intel Atom Z3560 telah diuji menggunakan aplikasi CPU-Z dan hasilnya   prosesor Intel Atom Z3560 yang digunakan dapat diturunkan kecepatannya menjadi 500MHz untuk menghemat baterai dan menurunkan panas prosesor. Bisa dilihat pula, baterai Lithium-Polymer berkapasitas 3000mAh yang digunakan memiliki temperatur rata-rata sekitar 32 derajat Celsius.




  • Baterei




Ngomongin baterei smartphone, user pasti menginginkan baterei yang tahan lama dan cepat dalam pengisian daya.  ASUS ZenFone 2 menggunakan baterai Lithium-Polymer non removable berkapasitas 3000mAh. Ia menawarkan energi yang cukup untuk memasok daya bagi aktivitas penggunanya, mulai dari terbit sampai terbenam matahari.

ZenFone 2 juga dilengkapi fitur ASUS BoostMaster Technology. Ia bisa mengisi ulang baterai dari kosong sampai 60 persen hanya dalam 39 menit.

  • Konektifitas



Dengan adanya inovasi pada antena Tri 3D, ZenFone 2 dapat meningkatkan kualitas sinyal dengan dinamis. Menggunakan teknik ukiran laser 3D terbaru, kami membuatnya pada lapisan dalam dan kemudian dicelupkan ke dalam 3 carian metal berbeda untuk menyempurnakannya. Hasilnya adalah jangkauan sinyal yang lebih baik untuk video streaming dan juga web browsing.
Sekarang, sudah jamannya jaringan 4G LTE, kalau masih pakai 3G kurang gaul, euy! Hahaha, just kidding ya.  Tapi, kalau ada ASUS ZenFone 2  yang sudah mendukung konektivitas jaringan 4G LTE, ngapain pakai smartphone lain mas bro . 

Zenfone 2 melakukan percobaan sinyal 4G LTE menggunakan kartu perdana XL HotRod 4G LTE di Jakarta beberapa waktu yang lalu, dan hasilnya :




  • Audio







    Saya sangat menyukai musik, hampir setiap waktu saya mendengarkan musik. Entah itu mp3 atau nonton live music di You Tube. Suara yang sempurna amat dinantikan penikmat musik melalui smartphonenya. Karena dengerin musik dari HP itu lebih praktis dan mobile. 

    Zenfone 2 ZE550ML menghadirkan teknologi SonicMaster yang bisa menghasilkan suara yang sangat jernih. Baik dengan headphone maupun speaker. Jujur saya sangat menantikan smartphone ini. Performa smartphone yang sudah bagus akan semakin luar biasa jika ditambahi aplikasi yang mumpuni, memberi nilai tambah dan hasil yang lebih baik.






    Audio wizard merupakan perangkat lunak yang cerdas yang dapat membantu pengguna  menikmati audio terbaik dalam skenario yang berbeda, seperti mode menonton, mode bermain, mode keynote, mode music, dan smart mode. Perangkat lunak ini secara otomatis mencari suara paling ideal dan meningkatkan vokal, bass atau musik latar untuk menyampaikan formula terbaik untuk skenario yang berbeda. 

    Ehm, bisa dipastikan saat mendengarkan musik pakai Zenfone 2, saya tidak membutuhkan MP3 player lagi.


    Sistem Operasi Android  5.0 Lollipop





    Bagaimana pemirsah, belum bosen khan baca review saya. Saya  aja sambil nulis malah jadi mupeng berat pengen punya Zenfone 2 ZE550ML ituh. Handphone saya sudah mulai tidak smart karena memori penuh dan spesifikasinya pasti jauhnya ama si Handal Zenfone 2. 

    Kira-kira ada yang mau ngasih ke saya? Hahahaha.
    OK, kita lanjut aja ya ke bagian yang paling penting. Yes, selain performa prosesor kamera itu hal utama bagi banyak orang terutama yang suka memotret atau suka selfi. Hayo, ngaku kamu juga suka selfi kan?



    ASUS ZenFone 2 memiliki teknologi kamera yang lebih baru, yakni PixelMaster Camera 2.0. PixelMaster sendiri merupakan sistem imaging yang dikembangkan dengan mengombinasikan algoritma khusus, hardware, dan optik untuk menghasilkan foto berkualitas.

    So, pengen motret dengan hasil yang bagus cukup pakai smartphone Zenfone ZE550ML ini. Sebenarnya tidak perlu jago banget. Karena berbagai fitur di Zenfone 2 ini cukup lengkap. Asal sering-sering berlatih dan mencoba pasti kamu bisa.

    Yuk, pelajari lebih detail tentang kamera nya si Handal ini ya:

    Dual Tone Flash




    Kamera belakang 13MP di ZenFone 2 merekam gambar terbaik, dan kamera 5MP di depan siap dengan sudut pandang luang sampai 85 derajat. Ambil gambar selfie dengan lebih tajam dan lakukan chat video lebih jelas. Dual tone flash bikin gambar lebih bagus dan warna tetap terlihat alami.

      Mode Low-Light



    Memotret di dalam ruangan yang minim cahaya emang bikin bete, apalagi jika kamera yang digunakan biasa-biasa saja. Bakal ketinggalan moment tak terlupakan nih. Untungnya ASUS Zenfone 2 punya solusi de gan Mode Low Light PixelMaster mengambil foto atau video lebih jelas saat gelap.  
    Para teknisi ASUS mengembangkan algoritma unik untuk mengidentifikasi detil dalam gelap dan secara otomatis menyempurnakan sensitivitas cahaya. Menggunakan kombinasi dari teknologi penggabungan piksel (4 piksel terdekat menjadi satu) dan algoritma pengolah gambar canggih, sensitivitas cahaya bisa ditingkatkan sampai 400%, pengurang noise yang lebih baik, serta meningkatkan kontras hingga 400%.
    So, foto di tempat gelap? Siapa Takut :)

    Super HDR

     
    Kamu pasti pernahkah memotret di siang hari dan hasilnya obyek terlihat hitam. Kejadian seperti itu bisa dihindari dengan penggunaan effect HDR. Jika kamu menggunakan ASUS Zenfone 2, Fitur Backlight (HDR) secara otomatis mengambil beberapa gambar dengan teknologi ASUS Pixel Enhancing. Multi-shots ini kemudian akan digabungkan untuk menghasilkan gambar HDR yang detil.

    Mode Super HDR otomatis akan menggambil banyak foto dengan pengaturan EV yang berbeda, dimana nantinya akan secara dinamik diatur dengan mendeteksi cahaya di lingkungan setiap saat. Setelah itu, algoritma Pixel Enhancing akan membuat deteksi lokal yang memberikan jangkauan dinamis hingga 4x lebih luas yang akan membuat gambar menjadi lebih terang hingga 400%, baik kontras dan juga detil, sehingga foto akan terlihat natural.


    Berbagai modus yang bisa digunakan untuk memotret dengan hasil setara kamera DSLR, kamu bisa membuka langsung web resmi ASUS untuk mempelajari Pixelmaster dari kamera dari ASUS Zenfone 2 ZE550ML di http://www.asus.com/id/Phone/ZenFone_2_ZE550ML/pixelmaster/




    Biar kamu percaya saya tampilkan beberapa contoh hasil kamera Zenfone 2 ya ,


    Foto outdoor dengan modus Depth of Field, fokus pada bunga dan dedaunan di depan




    Foto outdoor panorama

    Foto outdoor modus auto

    Foto indoor dengan modus Miniature, round frame dengan fokus pada sambal di atas ikan nila
  • Mini Movie

     

     

    Kita  juga dapat membuat film dari koleksi foto-foto lho Dengan aplikasi ZenUI MiniMovie, pengguna bisa merakit slideshow foto yang menarik, lengkap dengan judul film serta background musik. Video yang dibuat juga bisa dishare dengan mudah ke orang-orang terkasih.

    Tak hanya dari galeri foto di ZenFone, MiniMovie juga bisa membuat slideshow movie dari koleksi foto penggunanya yang ada di Facebook. Tentunya jika terhubung ke akun Facebook. Aih, keren bingo ya pemirsah!


    Video






    Hampir semua smartphone dilengkapi fasilitas video, tapi kualitas yang dihasilkan berbeda-beda. Kamera ASUS ZenFone 2 dapat merekam video berkualitas HD (1280 x 720p). Untuk menyempurnakan video, pengaturan White balance, Exposure value, dan Video stabilization disediakan. Video preference pun bisa dipilih. Apakah pengguna akan fokus pada performa video atau akan fokus pada kualitas (dengan frame-rate yang diturunkan).
  •  

Selain hardware yang mumpuni, sebuah gadget akan menjadi smartphone jika mempunyai perangkat aplikasi yang memberikan kemudahan dalam operasional ataupun berbagai aplikasi yang membantu pengguna dalam melakukan segala aktivitasnya. 



Lini produk ZenFone menggunakan antarmuka yang dikenal dengan ZenUI. ASUS telah melakukan lebih dari 1000 modifikasi dibandingkan dengan antarmuka standar sistem operasi Android.

Pada ZenFone 2, antarmuka ASUS ZenUI dibuat lebih sederhana dan mudah digunakan. Beberapa fitur baru yang dihadirkan misalnya adalah ZenMotion, SnapView, ZenUI Instant Updates dan pengamanan dari TrendMicro Security.

Nah, ASUS tak pernah berhenti berinovasi, segala kemudahan dan kenyamanan bagi user menjadi prioritas ASUS. Berikut beberapa aplikasi dari Zenfone 2 ZE550ML :



1.  Design Antar Muka Baru



2.  Mengubah tema dengan mudah 





3. Zen Motion

4.  Tap-tap Untuk Beralih ke Mode One Hand

 

5. Perangkat DO It Later

 6.  Trend Micro

 

7. Snap View

8. Zenlink - saling berbagi dengan apapun


Fitur ZenLink milik ZenFone 2 menghubungkan semua perangkat, data, teman dan kerabat Anda menggunakan aplikasi PC Link, Share Link, Remote Link dan Party Link. Dengan ZenLink, Anda bisa menghubungkan ZenFone 2 Anda dengan perangkat lain untuk konektivitas tanpa batas.


 

Nah, ini dia aplikasi yang sangat orang tua butuhkan. Apalagi macam emak-emak kayak saya. Yaitu aplikasi mode bagi anak-anak. Karena sering banget kedua anak lanang memakai smarphone saya walaupun sudah saya beri tablet khusus bagi anak-anak, tapi tetep saat saya mulai utak-atik HP dia akan merayu untuk meminjam HP.



Saya nggak mau kecolongan disaat tiba-tiba mereka tanpa sengaja mengupload gambar ke sosial media. Atau bahkan kepencet tombol memanggil dan saya bakal kehabisan pulsa. Tekor donk. Tapi sebagai Ibu, saya harus cerdas donk, masak kalah ama anak kecil. Bukannya rebutan smartphone tapi diakali dengan adanya aplikasi pelindung seperti di Zenfone 2 ZE550ML ini.




Yang menarik pada ZenFone 2 adalah Kids Mode. Di sini, pengguna yang punya anak atau keponakan yang mulai doyan mencoba-coba smartphone bisa mengunci aplikasi pada ZenFone 2 sehingga tidak digunakan oleh anak. Pengguna juga bisa memblokir agar smartphone tidak bisa menerima panggilan saat berada di Kids Mode, kecuali sang anak mengetahui PIN-nya.


Rasanya tak habis-habis ngomongin smartphone berspesifikasi gahar tapi ramah anak ini. Bahkan ke-smart-annya   banyak di butuhkan orang. Banyak orang tak lagi membutuhkan sekedar smartphone, tapi sebuah notebook di genggaman, multi fungsi tapi bisa mobile dengan mudah.

Jujur, semakin mengenal Zenfone 2 ZE550ML ini membuat saya makin tertarik dan merasa "harus" memiliki. Karena, bukan sekedar gaya-gayaan tapi semua kebutuhan saya sebagai pelayan masyarakat, blogger,  staf IT dan sebagai Ibu tercukupi dengan smartphone dari ASUS ini. Harga ASUS Zenfone 2 ZE550ML saat ini dibanderol sekitar Rp, 2.599.000,- jauh dibawah harga smartphone merk lain dengan spesifikasi serupa.

Ohya, tips nih sebelum kamu membeli sebuah smartphone, yaitu sesuaikan dengain anggaran dan spesifikasi yang kamu butuhkan. Jangan sampai karena gengsi kamu membeli smartphone dengan harga sangat mahal, tapi berakhir dengan kekecewaan karena tak sesuai keinginan hati.










15 comments:

  1. Asus memang salah satu merk smartphone yang patut diperhitungkan juga, karena performa yang bagus dengan harga yang biasanya tak terlalu menguras kantong. Pengen mbak saya hapenya, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibanding merek lain memang lebih murah mbak, harganya juga lumayan banget.

      Delete
  2. Infografisnya kcce, mbak hehehe gagal fokus. Aku pake zenfone 5 dan so far ga ada masalah,kecuali hasil fotonya yang kurang cerah. Liat yang cassing merah itu kece, ya. Suka!

    ReplyDelete
  3. Keren sudah main grafis :D sukses ya

    ReplyDelete
  4. infografisnya keren, semoga skses ya Mbak lombanya.

    ReplyDelete
  5. Performa Asus memang luar biasa ya. Grafisnya keren :)

    ReplyDelete
  6. Hasil fotonya bagus banget, mba, Graphisnya juga bagus, mba. Penejlasannya pun buat kita jadi ingin memilih :)

    ReplyDelete
  7. Wah teknologi kameranya bikin mupeng, nih

    ReplyDelete
  8. asus zenfone 2 memang keren mbak, semoga zenfone 3 kelak jauh lebih sakti :)

    ReplyDelete
  9. Suka kalo HP ultra tipis, tidak memberatkan dibawa-bawa

    ReplyDelete
  10. Oya, Kids Mode-nya itu menarik ya Mbak.

    ReplyDelete
  11. asus memang oke pke bgd dah ah, ulasan dikau jg oke punya mbk prim, cakeepp

    ReplyDelete
  12. Selamat yaa Mbak Prima, menang nih.. ;)

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts