3 Bisnis Sampingan Pilihan untuk Ibu Rumah Tangga




Hai gaes, apakabar kalian? Semoga selalu sehat ya. Postingan kali ini cocok buat kalian para mahmud alias mamah muda yang lagi sibuk nyari pekerjaan tambahan. Selain mengurusi keluarga atau memiliki pekerjaan tetap, sebagai perempuan kita bisa mencari tambahan pendapatan lho.

Menjadi artis terkaya di Indonesia dan memanfaatkan kesuksesan dan ketenaran yang dimiliki untuk merintis sebuah usaha rasanya tidak akan sesulit seperti orang biasa yang merintis sebuah usaha. Para selebriti tanah air yang akhirnya memutuskan untuk merintis sebuah bisnis, tentunya telah memiliki modal yang cukup mulai dari pendanaan, ide, tim yang loyal, dan semua yang dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha. Lalu bagaimana dengan orang biasa seperti kita, khususnya ibu rumah tangga?

Meski modal yang kita miliki tak akan sebanyak yang dimiliki oleh para selebriti, tenang saja sebab ibu rumah tangga memiliki cukup banyak waktu luang ketimbang yang dimiliki oleh selebriti maupun wanita karier pada umumnya. Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kita tak mampu menghasilkan apa-apa dan menunggu uang bulanan dari suami yang bekerja.

Uang belanja yang biasanya diberikan suami setiap bulan selalu bisa diputar untuk tujuan yang lebih produktif, loh. Banyak bidang usaha yang bisa dijalani oleh ibu rumah tangga untuk menambah pundi-pundi uang bagi sakunya untuk membeli kebutuhan keluarga ataupun menabung untuk kebutuhan di masa mendatang. Berikut usaha-usaha sampingan yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga, simak ya!

1.      Webpreneur
Jika Anda merupakan salah satu ibu rumah tangga yang melek teknologi, mengapa tidak memanfaatkan hal tersebut untuk menghasilkan uang tambahan untuk keluarga Anda? Anda bisa memulai sebuah blog dan menulis apapun yang menarik di situ. Semisal Anda memilih niche sebagai ibu rumah tangga, Anda dapat membagikan resep makanan pilihan keluarga Anda, memberikan tips-tips untuk merawat rumah hingga trik membesarkan anak yang baik dan benar. Semakin menarik tulisan yang dibuat, akan semakin banyak orang yang mengunjungi blog Anda. Setelah itu, kalian dapat mengkomersilkan blog tersebut dengan membuat slot iklan, menjadi buzzer produk tertentu dengan menuliskan review tentang beberapa produk tersebut. Mudah bukan? Bahkan menjadi blogger tak akan menghabiskan banyak waktu Anda. Anda masih bisa mengurus anak-anak dan suami tercinta di rumah. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan blog tersebut untuk berjualan secara online sebagai bisnis sampingan yang cukup prospektif. Tanpa menghabiskan banyak waktu, rekening Anda bisa terisi setiap harinya.

2.      Bisnis Kuliner
Selain menjadi blogger/webpreneur jika Anda sangat menyukai kegiatan memasak dan makanan yang Anda buat sudah terbukti kelezatannya oleh orang-orang yang pernah mencobanya, Anda dapat mencoba untuk merintis bisnis kuliner. Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang selalu dibutuhkan semua orang. Target pasar bisnis kuliner selalu jelas, selama makanan masih dapat membuat seseorang hidup maka selama itu juga bisnis kuliner selalu dicari orang-orang. Anda bisa membuka warung makanan sederhana dengan harga yang terjangkau, atau bahkan camilan yang unik dan akan disukai semua orang. Selalu berinovasi agar produk makanan yang Anda jual memiliki keunikan yang berbeda dari yang lainnya.

3.      Ilustrasi Digital
Bagi Anda ibu rumah tangga yang senang menggambar, dengan kecanggihan teknologi yang bisa didapatkan di mana-mana mengapa tak mencoba untuk menjual jasa ilustrasi digital. Improvisasi kemampuan menggambar manual Anda ke tahap yang lebih mudah yaitu digital. Kini sudah banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat ilustrasi secara digital. Aplikasi yang bisa digunakan di laptop atau komputer bahkan juga ada beberapa aplikasi ilustrasi dari foto-foto yang bisa digunakan di smartphone hanya melalui genggaman Anda. Dengan menciptakan ilustrasi digital ini, Anda dapat menjual softcopy nya sebagai hadiah ulang tahun. Agar nilai jualnya lebih tinggi lagi, Anda dapat mencetaknya dan memberinya bingkai yang sesuai dengan tema ilustrasi tersebut agar banyak orang yang lebih tertarik untuk membeli ilustrasi digitalmu.

Komentar

  1. sekarang banyak pilihan pekerjaan untuk ibu ya bisa dikerjakan dari rumah juga, asik :)

    BalasHapus
  2. pekerjaan bagi ibu rumah tangga memang perlu, untuk mengurangi kepenatan dan pastinya ibu-ibu ingin ada tambahan dana hehe

    BalasHapus
  3. membuat kerajinan tangan pun bisa kayaknya, asal masih di rumah

    BalasHapus
  4. ide kadang emank udah ada n modal udah siap, tapi yang bikin kita galau itu, takut gagal, hemm ada solusi?

    BalasHapus
  5. izin menambahkan.. :D
    bisnis jual beli online juga lumayan lo..hehe jual beli pakain atau mungkin kosmetik :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)