Wednesday, 6 January 2016

Yuk, Kembalikan Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

Tanpa kita sadari pola makan dan gaya hidup yang kita jalani selama ini berpengaruh terhadap kesehatan. Kemaren siang saya iseng ikut-ikutan temen yang sedang tes kesehatan dari K-Link dengan alat Hand Accupunture. Di kantor saya memang sering ada sales kesehatan atau frelance yang menawarkan jasa tes kesehatan, dari tensi, gula darah, kolesterol, asam urat dll.

Saya beberapa kali ngecek tensi hanya dengan ongkos Rp. 2000, terkadang sekalian tes gula darah dan asam urat. Puji Tuhan hasil tes darah bagus, tapi tensi pasti tidak lebih dari 100/80. Sejak kecil saya memang bakat punya tensi rendah. Sudah terbiasa sehingga tidak merasa pusing, bahkan saat tensi saya cuma 80.

Banyak orang takut untuk melakukan cek kesehatan ataupun melakukan check up rutin ke dokter, seperti saya juga. Karena nggak mau menerima kenyataan jika setelah tes kesehatan hasilnya banyak penyakit menetap ditubuh. Ampun daaah. 

Kemaren saya memberanikan diri untuk cek, walaupun bukan check up resmi di rumah sakit. Setidaknya bisa buat pegangan dan pengen tahu sebenarnya tubuh saya ini sehat atau tidak.


Alat pendeteksinya bernama Hand Accupunture Diagnosis / deteksi dini penyakit sistem manual. Berbentuk kotak kecil dengan dua kabel yang ujungnya saya genggam di tangan kanan, sedang satunya dengan ujung logam ditempelkan di titik -titik syaraf oleh si Mas petugas K-LINK. Saat logam disentuhkan pada titik syaraf akan ada tanda pada detektor, jika berwarna kuning tandanya organ masih sehat jika merah dan berbunyi "tiiit" ada penyakit pada organ tersebut.


Daaan, tibalah saat saya harus dites, ada 53 titik syaraf  yang di deteksi. Titik-titik syaraf itu menggambarkan organ tubuh dan saluran antar organ. Setiap ada bunyi tiiiit, bikin deg-degan juga. Si Mas dengan ramah menjelaskan organ tubuh yang bermasalah atau hanya salurannya. 

Organ tubuh yang bermasalah 

Sedihnya, ternyata ada beberapa penyakit yang mulai nempel di tubuh saya, padahal masih unyu-unyu gini ya, belum genap 17 tahun #preet. Berikut daftar nya yaa:
  1. Ginjal kurang air
  2. Aliran darah paru-paru
  3. Kolesterol (HDL/LDL)
  4. Aliran darah ke jantung kurang lancar sehingga sering deg-degan
  5. Asam lambung sensitif
  6. Gangguan tidur/ kualitas tidur kurang
  7. Pankreas karena pola makan dimalam hari
  8. Usus besar karena kurang serat
  9. Sendi 
Dari setiap organ yang bermasalah, si Mas memberikan penjelasan  dengan lengkap. Dari kurangnya asupan air putih. Ternyata saya tidak hanya membutuhkan 2 liter air setiap harinya tetapi 2,5 liter. Minum air yang benar dengan cara duduk. Selama ini saya minum dengan berdiri, ambil gelas, tuang air putih langsung glek. Ternyata kebiasaan tersebut salah, kebiasan minum dengan posisi berdiri berakibat buruk pada fungsi organ ginjal. Tubuh kita mempunya jaringan penyaring atau sfringer , jaringan berotot yang berfungsi menutup dan membuka. Ginjal juga mempunyai filter yang akan membuka saat kita duduk dan tertutup saat berdiri. Rupanya saya harus membuang kebiasaan minum sambil berdiri dan menyempatkan duduk sejenak untuk minum.

Kolesterol di dalam darah cukup bagus tapi kolesterol diluar pembuluh yang rendah sehingga saya mudah capai dan lemas. Memang bener sih, saya tuh mudah capek dan lelah. Terutama lelah hati kalau lagi tanggal tua. #weeks.

Gangguan lain yang terdeteksi  kurang lancarnya aliran darah ke jantung, yang disebabkan kurang oleh raga. Yes bingit, saya sudah lama tidak ikut senam. Satu-satunya oleh raga yang bisa saya lakukan, itupun seminggu sekali. Di rumah saya tidak sempat olahraga, paling jalan-jalan di mall ampe kaki gempor. Satu lagi PR buat saya, harus rutin olah raga setidaknya seminggu sekali.

Sejak kecil perut saya sensitif jika makan pedas atau saos, bisa dijamin keesokan harinya bakal mules-mules jika makan sambel. Sampai sekarangpun masih, tapi semenjak kuliah ketularan temen suka sambel dan sekarang kepengaruh suami yang doyan makanan pedes. Usus besar terdeteksi sedikit bermasalah karena saya kurang serat. Konsumsi buah dan sayur kurang karena keseringan jajan di luar dan makan garingan. Pola makan yang sama sekali tidak sehat padahal saya sering baca literatur kesehatan, tapi prakteknya susah coy.

Organ tubuh lain yang terganggu adalah pankreas. Walaupun saya tidak merasakan sakit atau gula darah normal, alat itu bisa mendeteksi gangguan di pankreas, yang disebabkan karena habis makan malam langsung tidur. Yes, kebiasaaan buruk banget. Padahal saat kita tidur seharusnya pankreas juga istirahat, jika kita makan malam hari dan langsung tidur pankreas harus bekerja keras dan lambat laun bisa menyebabkan diabetes.

Satu lagi kebiasaan tidak baik yang menyebabkan sendi-sendi ngilu atau gangguan sendi adalah  mandi di malam hari, menggunakan kipas langsung atau tanpa dipantulkan dan tidur dilantai. Kebiasaan itu saya jalani sudah 4 tahun, anak-anak juga tidur di lantai. Karena takut jatuh saat masih bayi beberapa waktu yang lalu dan keterusan hingga sekarang.

Dari beberapa gangguan di organ tubuh yang jika dibiarkan bisa mendatangkan penyakit, petugas dari KLINK tersebut memberikan beberapa tips hidup sehat :
  1. Mengurangi makan/minum manis
  2. Mengurangi karbohidrat/ mengkonsumsi nasi panas
  3. Mengurangi garam
  4. Tidak makan malam atau diberi jeda 3 jam sebelum tidur
  5. Rutin olah raga
  6. Mengkonsumsi banyak sayur dan buah
  7. Istirahat teratur dengan kualitas baik, pada jam 11 - 02 dini hari tubuh optimal meregenerasi sel saat kita beristirahat
  8. Minum air putih lebih dari 8 gelas sehari.
Hanya cukup membayar Rp. 10.000 saya bisa mengetahui organ tubuh yang bermasalah dan solusinya. Banyak kebiasaan buruk yang harus saya hilangkan, memang berat tapi demi kesehatan dan masa depan saya. Banyak orang tua yang sakit-sakitan merupakan raport pola makan dan gaya hidup semasa muda. Saya tidak mau saat anak-anak membutuhkan saya nanti saya sudah lemas dan sakit-sakitan. OH NO. Yuk, budayakan hidup sehat demi masa depan bahagia.
tubuh manusia terdapat jaringan penyaring atau filter yang disebut sfringer, yakni struktur maskuler (berotot) yang berfungsi membuka dan menutup. "Air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan di ginjal. Filter penyaring ini terbuka disaat kita duduk dan tertutup disaat berdiri," ujar dokter yang praktik di Rumah Saki

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/ghofar/makan-dan-minum-sambil-berdiri-itu-bahaya_54f826bea33311f2608b4cee
tubuh manusia terdapat jaringan penyaring atau filter yang disebut sfringer, yakni struktur maskuler (berotot) yang berfungsi membuka dan menutup. "Air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan di ginjal. Filter penyaring ini terbuka disaat kita duduk dan tertutup disaat berdiri," ujar dokter yang praktik di Rumah Saki

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/ghofar/makan-dan-minum-sambil-berdiri-itu-bahaya_54f826bea33311f2608b4cee

2 comments:

  1. Wah murah bingiit itu biaya tes kesehatannya. Makasih sharingnya Mbak, saya jadi tahu klo minum itu kudu duduk. Saya juga pengin tes kesehatan menyeluruh neh sebab saya sering masuk angin, apalagi sekarang punya istri empat kudu kuat staminanya :D *eh

    ReplyDelete
  2. Waaah...inponya bermanpaat mbaa...aku juga mau ditest..murh bingit...banyakin sayur dan buah mbak...atau fc aja sekalian...hihihi

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts