Tuesday, 20 October 2015

Desa Wijirejo, Sentra Kerajinan Batik Bantul

Batik Wijirejo Pandak Bantul
Batik sudah menjadi busana khas yang wajib dikenakan berbagai kalangan, dari PNS, karyawan swasta, pegawai bank bahkan menjadi seragam anak sekolah. Banyak corak dan motif kain batik, tiap motifpun memiliki makna yang berbeda-beda.

Kain Batik menjadi salahsatu produk budaya yang berasal dari tanah Jawa yakni Yogyakarta dan akhirnya menyebar keseluruh daerah Jawa Tengah seperti Pekalongan, Magelang, Solo dan daerah lainnya. Tak kalah dengan daerah lain, Bantul juga punya sentra batik di Imogiri dan Wijirejo Pandak.



Sebagai orang Bantul, tempat saya mencari nafkah sudah seharusnya saya ikut mengenalkan sentra batik ini ke khalayak luas. Ada banyak toko yang menjual dan memproduksi batik sendiri. Harga batik tulispun disini tidak terlalu mahal, sekitar 150 ribu.


Terdapat puluhan rumah produksi batik di tempat ini. Salah satu yang terkenal adalah Batik Dirjo Sugito, yang dikenal luas dengan nama Batik Dirjo. Selain itu terdapat pula beragam brand lainnya seperti Batik Tugiran, Batik Bu Menik, Batik Nining, Batik Topo dan puluhan merek lainnya.



Puluhan pengrajin batik di Wijirejo sendiri tersebar di beberapa pedukuhan yaitu  Pijenan Kauman, Pedak, Ngeblak , serta Bergan. Salah satu toko yang jadi langganan saya  yaitu Batik Ida Lestari, banyak pilihan kain dan baju batik yang sudah jadi. Harganya lebih murah karena saudara temen kantor saya, hehehe.



Kebanyakan pembatik sudah berusia lanjut, mereka merupakan generasi lama. Jarang generasi muda yang mau menggeluti bidang batik, walaupun sekarang sudah ada kurikulum membatik di sekolah. Tapi itu hanya formalitas dan belum ada perkembangan berarti. Biasanya anak pemilik toko yang "terpaksa" meneruskan bisnis keluarga.


Saat ini Wijirejo menjadi salah satu sentra batik dan banyak wisatawan yang mencari batik berkualitas disini.
Bahkan beberapa hasil karya pengrajin Wijirejoada yang diekspor ke luar negeri.Batik Wijirejo ada yang prosesnya ditulis atau disebut batik tulis dan batik cap yang lebih mudah pembuatannya. Sekarang juga ada batik kombinasi yang dilukis diatas bahan mori biasa, doby, shantung dan sutera. Selain menawarkan beragam jenis kain batik, Desa Wijirejo juga menyediakan beragam produk kerajinan batik seperti kemeja, atasan wanita dan gamis.

Sahabat Aprint, kalau sedang traveling ke Jogja jangan lupa berkeliling di Sentra Batik Wijirejo dan temukan batik pilihan kamu disini.

4 comments:

  1. aku pingin banget cari yg sarimbitan

    ReplyDelete
  2. motif batiknya khas ya mba, beda dengan yang lain...cakep-cakeep, aku paling suka deh wisata beginian...

    ReplyDelete
  3. Aku suka sekali dengan batik, Batik is my fav! Kalau lagi ke Bantul kemungkinan saya akan mampir kesini. :D

    ReplyDelete
  4. Waaah malah barutau. Harus kesini kapan2 ya. Thanks infonya.

    ReplyDelete

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)

Popular Posts