Pantai Baru Bantul

Bantul mendapat julukan daerah "polda" dalam bahasa Jawa kepanjangannya Pol Daratan atau ujung daratan. Secara geografis Bantul berada di pesisir selatan pulau Jawa, tak heran Bantul punya banyak pantai. Ada Pantai Gua Cemara, Pantai Parangtritis, Pantai Pandansimo dan Kwaru. Selain pantai kita juga bisa mengetes kekuatan kaki, *lho apa hubungannya* menaiki ratusan anak tangga di Menara Mercusuar Pantai Pandansari.


Ini adalah Pantai Baru yang berada persis di timur Pantai Pandansimo. Karena "citra" Pantai Pandansimo yang agak memburuk, dibukalah pantai ini. Karena memang baru dibuka, lantas diberi nama Pantai Baru. Seperti pantai Bantul lainnya, Pantai Baru berpasir hitam dengan ombak yang besar. Ratusan pohon cemara udang berjajar di pinggir pantai, membuat suasana begitu sejuk dan menangkal terjadinya abrasi yang mengganas.
 
Puluhan kapan nelayan tampak bersandar di pinggir pantai, setelah semalam berlayar mengantar sang empunya kapal menangkap ikan di tengah laut. Salah satu pemandangan yang mendebarkan disini adalah saat perahu yang datang dari tengah laut dan mencoba melewati ombak untuk bisa berlabuh. Pantai selatan terkenal dengan ombak besarnya, butuh perjuangan keras dari nelayan untuk bisa  sedikit "terbang" melompati ombak dan landing di pantai dengan selamat. Butuh strategi dan teknik khusus, salut untuk para nelayang, sayang perekonomian mereka tak seluas lautan disini. Semoga hati mereka seluas samudra.


Kita bisa bersantai di bawah pohon cemara, menikmati aneka seafood yang masih fresh karena baru saja di bawa oleh para nelayan dari laut. Harga makanan di Pantai Baru tidak terlalu mahal, standart lah. Kalo masalah rasa gue lebih senang makan di TPI pantai Depok. Pilihan rumah makan lebih banyak. Dan sudah ada langganan di sana.

Mau keliling pantai tanpa capai? Tenang saja di Pantai Baru banyak ATV yang bisa kita sewa, kalau ga salah harganya sekitar 35 ribu perjamnya. Silakan ngetrail sepuasanya, diantara pohon pohon , tapi awas jangan nabrak orang-orang yang lagi makan yaa, hahaha.

Gimana temans, asyik kan jalan-jalan di Pantai Baru Bantul Yogyakarta. Lokasinya gampang koq, dari arah Jogja lewat Jalan Bantul, lurus saja nyebrang Ringroad, masuk wilayah Dongkelan, lurus saja mengikuti jalan utama dan sampai di daerah Sanden, kita tinggal menyusuri jalan pinggir pantai, dari timur saya urutkan ada Pantai Gua Cemara, Kwaru dan Pantai Baru.
Nah, temans, kalau ke Jogja kira- kira tertarik mampir-mampir ke sini nggak?

Komentar

  1. tertarik banget....mudah2an bisa jalan2 ke Yogya lagi lebih lama lain kali

    BalasHapus
  2. wah ane belum pernah kesana nih, paling yang pernah ke pantai parangtritis dan pantai depok :D

    BalasHapus
  3. Yeiii kalau ini aku udah pernah, ke tambak udangnya & lihat2 kincir juga nggak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)