Obyek Wisata Geo Heritage Baru di Jogja

Akhir bulan Mei kemaren Bapak Gubernur mengunjungi sekaligus meresmikan dua obyek wisata baru di Jogja. Tak sekedar wisata biasa karena kedua tempat ini ditetapkan oleh Kepala Badan Geologi Indonesia sebagai situs geo heritage, terbentuk dari aktivitas gunung api purba berjuta tahun yang lalu.

Mau tahu obyek wisata apa aja, yuk cussss:

1.  Taman Breksi  


Gbr. Komunitas Drone Multirotor Jogja

Secara geologis merupakan formasi batuan yang terbentuk oleh endapan vulkanik Gunung Api Purba. Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Geologi RI Nomor 1157.K/40/BGL/2014, termasuk dalam salah satu kawasan cagar alam geologi yang perlu untuk untuk dilestarikan. Pada saat ini, berlangsung proses penambangan yang dilakukan oleh masyarakat dan mengancam keberadaan warisan geologi tersebut. Proses penambangan batu breksi, sebutan untuk endapan vulkanik purba tersebut, telah berlangsung sejak 25 tahun silam, menyisakan tanah lapang (Lapangan Selorejo) dan perbukitan dengan tebing yang terjal.

Dengan ketinggian 310 m dpl, keberadaan Taman Tebing Breksi mempunyai keunggulan visual dengan panorama pegunungan dan lembah di sekitarnya. Daya tarik kawasan ini terutama pada saat sore hari ketika matahari tenggelam (sunset). Dari aspek lokasi, Taman Tebing Breksi sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi pariwisata baru dan bumi perkemahan Pramuka. Bekas penambangan batu yang dilakukan menyisakan tebing yang terjal dan kontur lahan yang sesuai untuk pengembangan minat khusus komunitas adventure antara lain: turun tebing (rapelling), motor trail dan mobil off-road. Keunggulan ini semakin melengkapi pengembangan Taman Tebing Breksi sebagai bumi perkemahan Pramuka yang didukung pengembangan minat khusus komunitas adventure dalam sebuah paket pengembangan destinasi wisata baru berbasis komunitas.
 
 
Yang hobi ngetrail ataupun offroad pasti hepi banget berpetualangan disini, topografi yang menantang pasti  menggoda para biker untuk memacu adrenalin mereka.
 
 
Di area bekas area penambangan batu Breksi menyisakan pahatan tebing yang menjadi panorama cukup indah. Amphiteater berdiri megah di tengahnya, dengan background pahatan tebing yang cantik. Rencananya pertunjukkan seni akan diadakan di Taman Breksi, sehingga menambah daya tarik wisatawan.
2. Lava Bantal di Berbah Sleman
 
Bicara tentang bantal membuat saya pengen tidur, hooaam, hehehe. Kali ini bukan bantal biasa, tapi endapan batu vulkanik yang berbentuk bantal tampak tersusun apik di pinggiran kali Opak.  Batu tersebut awalnya merupakan lava cair bersuhu tinggi hasil erupsi gunung api yang membeku cepat karena air, hingga membentuk gumpalan menyerupai bantal. Lava bantal (pillow lava) yang tersingkap oleh gerusan aliran Sungai Opak merupakan fenomena alam yang menarik dan penting. Sebagai bukti yang menunjukkan proses awal pembentukan gunung api purba pertama di Jawa.
 
Gbr. Tribun
Bapak Gubernur berharap warga setempat bisa mengembangkan obyek wisata ini dan menjadi potensi guna pengembangan ekonomi warga sekitar. Keindahan dan keunikan lava bantal Berbah yang telah ditetapkan oleh Badan Geologi Kementerian ESDM sebagai warisan geologi, memang luar biasa. Bongkahan-bongkahan batu besar berbentuk bulat, sedikit menyerupai bantal, menyembul tidak hanya di pinggir kali, tapi terkadang di tengah riak Kali Opak yang mengalir dengan debit yang cukup di tengah kemarau panjang, 
 
 
Tempat ini bisa dikembangkan sebagai obyek wisata susur sungai, selain itu juga menambah pengetahuan dengan belajar sejarah dan batu-batuan dari jaman purba. Pihak penyelenggara diharapkan mendukung dan mengembangkan  wisata jenis ini, perlu ahli yang mendampingi agar waktu yang dimanfaatkan wisatawan tidak sia-sia. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam, sekaligus mendapat tambahan ilmu pengetahuan dari orang yang berkompeten.
 
 
Hai Temans , yuk jalan-jalan kesini, jangan ke mall mulu. Seger lho nyemplung ke sungai,tapi jangan sampai saltum alias salah kostum sebaiknya mengenakan pakaian yang nyaman, sepatu lapangan/ kets kasual, dan menyiapkan kebutuhan pribadi. Seperti topi, payung atau ponco (untuk jaga-jaga apabila hujan turun), tabir surya, dan lainnya.
Temans, bagaimana apakah berminat berwisata geo heritage dikawasan ini?
***********************
Alamat :
Dusun Sumber Kidul, Desa Kalitirto dan Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto
Rute :
  • Dari perempatan Blok O Ringroad  ke arah timur. Pertigaan dan tugu Berbah masih terus saja ke timur, ada perempatan ke kanan,  setelah pemakaman Sumber yang terletak di bukit di sisi kiri jalan, lokasi lava bantal berada di kanan jalan dekat jembatan. Plang bengkel motor dan mobil milik Pak Agus yang ada di kanan adalah tandanya. Kita bisa berbelok ke situ untuk sekalian parkir kendaraan.

Komentar

  1. Aku udah lewat2 tapi belum mudeng harus ngapain di tempat ini selain foto2 hihihiii

    BalasHapus
  2. Info breksi seperti emas yang kecer dan ku pungut mak. Makasih infonya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai kawan, terimakasih sudah mampir ya. Pembaca yang cantik dan ganteng boleh lho berkomentar, saya senang sekali jika anda berkenan meninggalkan jejak. Salam Prima :)